Quantcast

Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

ghozi alkatiri
kalau yang dicari hanya periode angsuran yang ke berapakah ? dari tanggal pencairan tertentu dihitung pada bulan review actual. seperti pada contoh manual yang dipaparkan pada attachment kita bisa simpulkan nilai periodenya angsurannya adalah selalu nilai bulan review dikurangi nilai bulan pencairan dikurangi 1.(dengan mengabaikan nilai tanggal actualnya).
kalau hanya ini yang diinginkan maka cukup dibuatkan formula
=MONTH($A$1)-MONTH(D4)-1
di mana pada cell A1 diisi nilai bulan review dan D4 tanggal pencairan.
silahkan dibandingkan  nilai yang diisikan secara manual dan hasil formula.

wassalam

Ghozi Alkatiri

Dari: harry budiman <[hidden email]>
Judul: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo
Kepada: "belajar-excel" <[hidden email]>
Tanggal: Rabu, 10 Agustus, 2011, 10:09 PM

      salam hormat para pakar,

saya ingin menanyakan mengenai rumus perhitungan periode jatuh tempo,

contohnya : bulan review saat ini adalah bulan agustus,

maka semua yang pencairan di bulan :

Januari adalah  jatuh tempo ke 6

Febuari adalah jatuh tempo ke 5

Maret  adalah jatuh tempo ke 4

April adalah jatuh tempo ke 3

Mei adalah jatuh tempo ke 2

Juni adalah jatuh tempo ke 1

dan seterusnya ketika Bulan SEPTEMBER,

maka pencairan di bulan

Februari adalah jatuh tempo ke 6

Maret adalah jatuh tempo ke 5

April adalah jatuh tempo ke 4

Mei adalah jatuh tempo ke 3

Juni adalah jatuh tempo ke 2

Juli adalah jatuh tempo ke 1

Untuk lebih jelas saya lampirkan contoh ilustrasi kasus ini,

terima kasih atas bantuannya,

salam hormat,

Harry B

ghozi 10082011 Perhitungan periode.xls (69K) Download Attachment

Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

harry budiman
Salam,
Terima kasih banyak pa Ghozi dan pak Kid atas bantuannya, semua sesuai keinginan. Memang saya mencari periode angsuran dan tiap bln akan terus berbeda sesuai ilustrasi. Sedangkan untuk tanggal saya menggunakan fungsi text utk mendapatkan tanggalnya saja,

Sekali lagi terima kasih

Wassalaam

Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

siti Vi
Administrator
IMHO,..
fungsi TEXT walaupun argument#1 nya berupa data DATE
akan menghasilkan *TEXT seperti Bilangan* atau mungkin *TEXT seperti
tanggal *
atau mungkin *Text Nam abulan (bukan tanggal)*

Hasil Fungsi TEXT bila tidak direkayasa lebih lanjut = *tidak punya nilai
untuk di evaluasi*
NILAI TANGGAL atau BILANGAN nya.

misal dari "januari" sampai "agustus" itu jaraknya berapa BULAN ?
tidak akan dapat dihitung, kecuali denan bantuan fungsi lain seperti contoh
(formula kepanjangan) yg barusaja kami ajukan
atau bisa juga dengan bantuan Tabel Bulan seperti usul dari Mr Kid.

Lain dengan data Tanggal [1 Februari 2011]  sampai data Tanggal [1 Agustus
2011]
dapat dievaluasi mengenai
- nilail bulan, nilai tanggal, nilai tahun, jarak kedua tanggal dlm tahun,
  jarak kedua tanggal dlm bulan, jarak kedua tangal dlm hari dst...

CMIIW

~siti

tanggalnya saja,*
~siti

Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

harry budiman
Makasih banyak atas pencerahannya mba dev..
Hr ini saya akan terapkan semua masukan dr para pakar :)

Selamat menjalankan puasa

> [...]

2011/8/11 harry budiman <[hidden email]>
> Sedangkan untuk tanggal *saya menggunakan fungsi text utk mendapatkan
tanggalnya saja,*

Re: Bls: [belajar-excel] rumus menentukan periode jatuh tempo

triyoso
pak,
kalau spt ini bisakah diterapkan pada kartu anggota?