Fw: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table

Fw: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table

Andrie -
Hi Mr. Kid,

Terlampir contohnya yang saya maksud Pak...
setelah saya  summarize by Max juga tidak bisa pak..mohon dibantu..tq

Re: Fw: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table

Hai Andrie,

Coba perhatikan data source pivot (tabel kolom A sampai C).
1. Kolom key hanyalah kolom A (Kode) dan tidak unique.
2. Pivot table calculated field mengkalkulasi hasil agregat terhadap key.
           -> kolom Qty yang dibaca oleh calculated field adalah total QTY
milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 6 = 3 + 3
           -> kolom Kemasan yang dibaca oleh calculated view adalah total
Kemasan milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 10 = 5 + 5
        Qty * Kemasan = 6 * 10 = 60
3. Ketika membuat Calculated field, jangan melihat posisi record pada tabel
data source, tetapi lihat nilai Sum yang terpasang di pivot table.
(bukan apa yang dilihat di data source)

Ketika data source akan mengkalkulasi pada level record didalam data source
(tabel asal pivot table, yaitu kolom A:C), maka lakukanlah pada sisi tabel
data source dengan menambah sebuah kolom berformula. Misal pada kolom D
diberi nama Berat yang isinya adalah formula (pada D2) =B2 * C2
Kemudian arahkan rujukan data source pivot table untuk memasukkan kolom D.

Pivot table bekerja pada level agregat kolom-kolom yang diletakkan di sisi
rows dan columns. Calculated field maupun calculated item akan berdasar
nilai (values) hasil agregasi tersebut.