Re: [belajar-excel] Mengulang nilai baris dalam satu kolom dengan conditional dan crosstab query di Power Query [1 Attachment]

Re: [belajar-excel] Mengulang nilai baris dalam satu kolom dengan conditional dan crosstab query di Power Query [1 Attachment]

mas Zain,

Di PowerQuery ada fitur Fill, bisa fill down maupun fill up. Jadi tidak
perlu repot-repot mengisi cells kosong dengan formula. Biarkan power query
yang mengisinya.
Di PowerQuery ada fitur Pivot Column, bisa dipilih fungsi agregat yang
dibutuhkan dan kolom apa yang akan diagregat
Output (proses LoadTo) bisa langsung ke Excel PivotTable, selain ke Excel
Table.
Tapi, bisa jadi LoadTo ke Data Model (PowerPivot) bisa memancing imajinasi
lebih jauh untuk membentuk berbagai layout output dari data yang sama.

Terlampir file contoh untuk proses yang di-LoadTo ke Excel Table, Excel
PivotTable, maupun ke Data Model (PowerPivot) sebelum dikirim ke Excel
PivotTable.
Catatan : Tabel dimensi sebaiknya tidak disusun dengan query, karena
umumnya sudah tersedia dan supaya lebih luwes bagi user untuk
menyesuaikannya dengan kebutuhan setempat.
Mungkin dimensi waktu bisa disusun dengan query, jika dikehendaki supaya
lebih dinamis mengikuti rentang waktu yang dipilih user. Tapi kasus ini
tidak memiliki dimensi waktu.

Met bersenang-senang dengan PowerQuery dan PowerPivot

On Mon, Sep 30, 2019 at 10:47 PM Zainul Ulum [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
>    [AOE]. Nilai pada kolom [PMT], [SVY], [CDT], [PRG], [GIS], dan [CEN] dibuat
>    dengan menggunakan tool “Add Conditional Column” kemudian dijumlahkan
>    dengan Group by kolom [tGrp]. Metode ini saya rasa cukup merepotkan. Karena
>    apabila ada variasi nilai [AOE]  yang baru, maka saya harus membuat “Add
>    Conditional Colum” lagi. Kalo dalam pivot table biasanya hal ini bias
>    dilakukan dengan menge-set kolom [AOE] di kolom header atau jika
>    menggunakan Microsoft access menggunakan tool crosstab query.
>

> Apakah ada metode untuk membuat crosstab query (seperti di ms.acces) di

re-TanyaPowerQuery.xlsx (376K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Mengulang nilai baris dalam satu kolom denganconditional dan crosstab query di Power Query

Zainul Ulum
Mas Kid,
Terimakasih sharing ilmunya…
Terkait dengan file yang disertakan pada email sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu saya tanyakan:
1. Mengapa proses fill>>down tidak tampil dalam applied steps?
2. Saya coba membuat table input baru kemudian dari table tersebut saya gunakan fill>>down di kolom [Grp] dan [Duration] kenapa hanya kolom [Duration] yang bias terisi barisnya, sedangkan kolom [Grp] tidak terisi?

Info: saya menggunakan Office 365. Mohon penjelasannya,
Terimakasih,
-zainul

Sent from Mail for Windows 10

[...]

2. Pada sheet [hasil] terdapat table hasil Power Query yang merupakan rangkuman dari table t_input. Yang dikelompokkan berdasarkan [tGrp] dan [AOE]. Nilai pada kolom [PMT], [SVY], [CDT], [PRG], [GIS], dan [CEN] dibuat dengan menggunakan tool “Add Conditional Column” kemudian dijumlahkan dengan Group by kolom [tGrp]. Metode ini saya rasa cukup merepotkan. Karena apabila ada variasi nilai [AOE]  yang baru, maka saya harus membuat “Add Conditional Colum” lagi. Kalo dalam pivot table biasanya hal ini bias dilakukan dengan menge-set kolom [AOE] di kolom header atau jika menggunakan Microsoft access menggunakan tool crosstab query.

Apakah ada metode untuk membuat crosstab query (seperti di ms.acces) di Power Query?

Terimakasih,
-zainul

Sent from Mail for Windows 10

F167D8A0DEA14404A0617653052E2E60.png (14K) Download Attachment
BA163C44960E4EF9A773051F8B36EF78.png (194 bytes) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mengulang nilai baris dalam satu kolom denganconditional dan crosstab query di Power Query

oh...
Fill digunakan untuk mengisi penuh fields dalam kolom yang sama yang kosong
(null).
Pada kolom Grp tersebut, di sumber data tidak null. Mungkin berisi
nullstring, sehingga fill tidak bekerja padanya.
Coba replace values kosong (kosongkan) dengan null (diisian penggantinya)
lebih dulu.

On Tue, Oct 1, 2019 at 9:29 AM Zainul Ulum [hidden email]