Re: [belajar-excel] RPDM

Pagi mbak Tiny,

Di Excel 2007 fitur autofilter ada filter by color fill disertai sedikit
akal-akalan supaya baris header total dan nama-nama hari gak ikut terfilter.
Jika dengan xl2003, pakai kolom bantu sebagai kolom yang difilter. Kolom
bantu ini berisi formula cek pantas atau tidaknya untuk difilter.

Regards.
Kid.

2011/4/25 <[hidden email]>

> Semangat pagi...
> Mau minta tolong dong, adakah rumus excel or macro yg bisa memindahkan
> kalimat antar sheet dan menyembunyikan row yg tidak diinginkan?
> Mohon bantuannya ya....
> Salam
> Tiny
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * [hidden email]
> *Date: *Mon, 25 Apr 2011 08:28:13 +0700
> *To: *<[hidden email]>
> *Subject: *

re-RPDM.xls (166K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] RPDM

hartini dewi
Makasih mr kid, jd untuk memindahkan kalimat dr sheet 1 ke sheet 2 tetap hrs ditulis manual kah? Or ada cara lainnya?

2011/4/25 <[hidden email]>

> [...]
> Mau minta tolong dong, adakah rumus excel or macro yg bisa memindahkan
> kalimat antar sheet dan menyembunyikan row yg tidak diinginkan?

Re: [belajar-excel] RPDM

ezzar dinnovan
Mba Tini ini sekedar contoh... mudah2an sesuai... hehe.....

Pada 25 April 2011 03:58, <[hidden email]> menulis:

> [...]
> Jika dengan xl2003, pakai kolom bantu sebagai kolom yang difilter. Kolom
> bantu ini berisi formula cek pantas atau tidaknya untuk difilter.

RPDM.zip (79K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] RPDM

siti Vi
Administrator
*"RPDM"* itu apakah artinya kira-kira *"cara memfilter records" atau sejenis
itu* ya??
kok dipakai sbg topik / subject pada diskusi excel

2011/4/25 ezzar dinnovan <[hidden email]>

> [...]
> akal-akalan supaya baris header total dan nama-nama hari gak ikut terfilter.
> bantu ini berisi formula cek pantas atau tidaknya untuk difilter.

~siti

Re: [belajar-excel] RPDM

hartini dewi
Abis bingung mba mau ksh nama apa, antar memfilter, memindahkan dan menghilangkan row yg tidak perlu, ada beberapa bantuan dr moderator ttp msh belum mewakili (rumus yg hrs digunakan masih kebanyakan plus saya kurang paham rumus hehehe) ini lagi belajar utak atik rumus.
Atau mba siti mau bantu dgn rumus macronya hehehhe, Peace mba siti ^_^
> [...]

> akal-akalan supaya baris header total dan nama-nama hari gak ikut terfilter.
> bantu ini berisi formula cek pantas atau tidaknya untuk difilter.

Re: [belajar-excel] RPDM

siti Vi
Administrator
kalau dikirim  "CONTOH HASIL YG DIINGINKAN" .. sedikiiiittt saja...
mungkin akan mempermudah para calon penanggap untuk mendekati
keinginan hati Ibu Tin ..
kadang.. secuil gambar atau contoh = lebih  berarti daripada ribuan kata
penjelasan

siti mau ikut menanggapi tapi terus terang belum tahu maksud Ibu Tin..
sudah baca dua texbox dlm sheet "1.Form Detail..." tapi belum ngeh juga
nih...
apa lagi struktur dua sheet itu gag sama (eh ada hubungannya gag yaa..?)

btw
soal subject 'rpdm' tidak 'dosa' banget sih, members lain sepertinya juga
gak merasa..

kemarin siang di milis lain juga ada orang; saking bingungnya membuat
subject;
(yg oleh "milis rules" setempat juga diatur agar mencerminkan inti masalah)
akhirnya dia tulis toik/subjectnya =  *"kutulis email ini..." *
(mungkin alasannya: pokok masalah yg dihadapi dan ingin didiskusikan dgn
members lain adalah "mengenai dia nulis email itu", entah apapun masalah -
sampingannya...:)
lha untungnya dia itu menulis  di milis sejenis srimulat... :D

2011/4/25 <[hidden email]>

> [...]
> sejenis itu* ya??
> kok dipakai sbg topik / subject pada diskusi excel

~siti

Re: [belajar-excel] RPDM

hartini dewi
Sami mawon nek ngono mba, saya jg bingung mau diapakan itu laporan, maksudx mau dibuat lebih simple tp kok saya jadi pusing, bos HO mintax yg macam2, dituruti trs bisa beruban sebelum waktux neh, intix semua data yg ada di sheet data dr sap itu harus tercover semua di sheet sebelahx dlm bentuk laporan itu (yg table warna warni itu loh mba) begitu ceritax mba siti,atau mungkin mba siti bisa bantu untuk membuat laporanx itu lebih bagus lagi mba, sekalian buat nambah ilmu saya mengenai rumus excel dan vb (kalo bisa saja mba, asal jgn merepotkan hehehe ^_^)
Btw makasih yo td dah dikasih info mr kid untuk ngakali autofilter,

2011/4/25 <[hidden email]>

> [...]
> sejenis itu* ya??
> kok dipakai sbg topik / subject pada diskusi excel

contoh hasil itu bukan harus dibuat dengan formula atau otomatisasi apa pun;
bisa ditulis manual, dan hanya beberapa data saja, jadi bukan "sami mawon"
dong...
( tapi kalo "sami mawon"nya untuk siti yg tidak bisa menjawab, memang benar
sih he he )

contohnya
probem: punya 65 ribu data
dicontohkan  3 data saja
adi
adi
ani

contoh hasil yg diinginkan
adi
ani

nah untuk mengotomatiskan itu terhadap 65ribu data; adalah menjadi pekerjaan
"yg ditanya"
tetapi yg ditanya kan* sudah tahu* maksudnya dengan melihat contoh tsb
kalau belum tahu maksudnya... mosok bisa menjawab...
begitu lho maksud saya... / dan ini kan sudah standar kita berdiskusi soal
data & sheets.

SO...jika Ibu Tin sendiri tidak mau (kesulitan) untuk "menggambarkan sepotng
contoh hasil"
dapatkah disimpulkan bahwa tujuan (hasil yg diinginkan) pun ibu tin belum
tahu ??

2011/4/25 <[hidden email]>

> [...]
> nih...
> apa lagi struktur dua sheet itu gag sama (eh ada hubungannya gag yaa..?)

~siti

Re: [belajar-excel] RPDM

hartini dewi
Contoh hasil yg diinginkan ya seperti data di sheet "format yg hrs dikirim" data yg saya punya hanya di sheet "data yg dr sap" itu aja mba, td sudah dijawab ama pak ezza dan mr kid, sudah mewakili mba, hanya saja saya ttp harus kerja 2 kali untuk memberi "code" di table "data dr sap" begitu mba... "Code" itu saya yg buat untuk memudahkan countif nominal, dan pak ezza gunakan untuk memindahkan kalimat.

2011/4/25 <[hidden email]>

> [...]
> nih...
> apa lagi struktur dua sheet itu gag sama (eh ada hubungannya gag yaa..?)

Mba Tini yg penting semangat, nanti pasti bs... hehe... kan tinggal utak
atik dikit aja dr contoh tdi... hehe...

Pada 25 April 2011 07:19, <[hidden email]> menulis:

> [...]
> sepotng contoh hasil"
> dapatkah disimpulkan bahwa tujuan (hasil yg diinginkan) pun ibu tin belum

Iya neh pak, lagi mindah2in mana aja yg perlu dikasih rumus, thanks pak atas supportx
> [...]

> sepotng contoh hasil"
> dapatkah disimpulkan bahwa tujuan (hasil yg diinginkan) pun ibu tin belum

mbax sampeyan pasang code-nya berdasar wangsit darimanax ?
ikix asterix pa yax

Kid.

2011/4/25 <[hidden email]>

> [...]
> *ReplyTo: * [hidden email]
> *Subject: *Re: [belajar-excel] RPDM
>

> Mba Tini yg penting semangat, nanti pasti bs... hehe... kan tinggal utak

Hahhahaha
Berdasarkan apa ya pak, bingung jg, kayakx td asal aja seh, supaya gampang sumif aja nominalx?

2011/4/25 <[hidden email]>

> [...]
> *ReplyTo: * [hidden email]
> *Subject: *Re: [belajar-excel] RPDM
>

> Mba Tini yg penting semangat, nanti pasti bs... hehe... kan tinggal utak

wkwkwkwkwk...
gimana kalo sampeyan bikin tabel isinya kata-kata pokok yang bikin si text
masuk code A apa B apa C dsb (SAP punya mapping data ini).
Tabelnya :
code     rekening       kata pokok
A          payroll          entu
B          Catering, Laundry & Gardening              catering
B          Catering, Laundry & Gardening              Laundry
B          Catering, Laundry & Gardening              Garden
B          Catering, Laundry & Gardening              House keep
B          Catering, Laundry & Gardening              Office boy
B          Catering, Laundry & Gardening              Makan siang
B          Catering, Laundry & Gardening              Jasa boga
B          Catering, Laundry & Gardening              Air minum
dst

Kalau mau gampang, minta peta referensi payroll, dsb vs referensi di
SAP-nya. Paling keluar cuma 2000 baris dan bisa dipake lebih mudah.

Kid.

2011/4/25 <[hidden email]>

> Hahhahaha
> Berdasarkan apa ya pak, bingung jg, kayakx td asal aja seh, supaya gampang
> sumif aja nominalx?
>
> Salam
> Tiny
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®
> ------------------------------
> *From: * "Mr. Kid" <[hidden email]>
> *Sender: * [hidden email]
> *Date: *Mon, 25 Apr 2011 16:00:42 +0700
> *To: *<[hidden email]>
> *ReplyTo: * [hidden email]
> *Subject: *Re: [belajar-excel] RPDM
>

> mbax sampeyan pasang code-nya berdasar wangsit darimanax ?
> [...]
>>> adi

Re: [belajar-excel] RPDM

Untuk bagian bawah (mulai payroll), disusun pakai pivot table saja.
Syaratnya minimal mbax tiny selalu udah dapet wangsit dulu untuk masang
code, atau nanti kalo tablex map yang tadi udah jadi, baru bisa lebih mudah.

Yang bagian atas dapatnya darimana ?
Kid.

2011/4/25 Mr. Kid <[hidden email]>

> [...]
>
> Kalau mau gampang, minta peta referensi payroll, dsb vs referensi di
> SAP-nya. Paling keluar cuma 2000 baris dan bisa dipake lebih mudah.

Re: [belajar-excel] RPDM

hartini dewi
Aksesx cuma dikasih itu aja pak, diandai2kan saja ndak papa pak, seng penting laporan yg diminta seperti itu, kalo sy lihat seh, code yg sy pakai td sama dgn code yg HO pakai untuk mengelompokan transaksi pak.

2011/4/25 <[hidden email]>

> [...]
> *ReplyTo: * [hidden email]
> *Subject: *Re: [belajar-excel] RPDM
>

> mbax sampeyan pasang code-nya berdasar wangsit darimanax ?

>>> adi

Re: [belajar-excel] RPDM

hartini dewi
Yg bagian atas itu dr laporan harian pak, itu diisi manual biasax.

2011/4/25 Mr. Kid <[hidden email]>

> [...]
>
> Kalau mau gampang, minta peta referensi payroll, dsb vs referensi di
> SAP-nya. Paling keluar cuma 2000 baris dan bisa dipake lebih mudah.

Re: [belajar-excel] RPDM

Mungkin dengan formula akan terasa berat ketika datanya banyak.
Oh iya, waspada dengan semua helper cell yang tersebar gak karuan

Kid.

2011/4/25 <[hidden email]>

> [...]
> code, atau nanti kalo tablex map yang tadi udah jadi, baru bisa lebih mudah.

re-RPDM.xls (290K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] RPDM

hartini dewi
Terima kasih pak atas info dan bantuannya.