Re: [belajar-excel] Terjemah Angka ke Huruf

Re: [belajar-excel] Terjemah Angka ke Huruf

John Steinberg
komentar ya dikit,
misal : 23,45 = "*Dua puluh tiga koma empat lima*"
bukan "*Dua Puluh Tiga koma Empat Puluh Lima*", sebab empat *bukan puluhan*.
Contoh lagi, 7,10 = "Tujuh koma satu nol"
Apa lagi kalau ini akan digunakan pada raport.

STBerg, Be-Excel, Be-Smart. Regards.....

Pada 22 April 2011 10:40, STDEV(i) <[hidden email]> menulis:

> [...]
>    If Utuh = 0 Then strUtuh = "Nol " Else strUtuh = Translator(Utuh)
>    Select Case Pecah
>       Case 0: strPecah = "Nol Nol"
>       Case Is < 10: strPecah = "Nol " & Translator(Pecah)
>       Case Else: strPecah = Translator(Pecah)
>    End Select
>    Terbilang = WorksheetFunction.Proper(strUtuh & " Koma " & strPecah)
> End Function
>
> file unduhan di url ini, juga sudah di update
> http://www.box.net/shared/43dkx9ai46
>
> *~belajar excel ?  'gak akan 'nyesel  !*

Re: [belajar-excel] Terjemah Angka ke Huruf

siti Vi
Administrator
terma kasih masukannya

ada 3 tiga versi yang saya buat

1. mengikuti kehendak peminta (itulah yg sedang anda baca)
   (berupa UDF)

2. mengikuti kehendak saya sendiri (dlm bentuk FORMULA 999_99)
   mungkin anda belum baca, di posed dimili sjusteru sebelum no.1

3 dalam bentuk UDF tetapi mengikuti kehendak saya sendiri
   ini sudah lama dibuat tetapi baru di lepas & di umumkan tadi pagi)
   (mungkin juga belum anda baca)

ketiganya masih dapat diunduh di
http://www.box.net/shared/43dkx9ai46    (dua file)
http://www.box.net/shared/1vsgpfbsbm    (1 file)

saya kutipkan email saya 19 april 2011 pukul 05:05 AM  (satu thread dengan
mail
yg pak stein baca, tetapi pak stein hanya baca satu itu saja ya..)

" Hasil yg diinginkan pak muza, dari rentang 00 sampai 99 diucapkan
secara *"diluar
bahasa indonesia baku"*
ketika nilainya masih dibawah 0,10  diuapkannya dengan
KOMA NOL SATU,   KOMA NOL DUA,  KOMA NOL SEMBILAN  (harus ada kata NOL
didepannya)
Karena jika 0,01 diucapkan  KOMA SATU bisa bertabrakan dengan  0,10 yg juga
bisa dicuapkan
dengan 0,1 karena punya VALUE yg sama...

Mudah mudahan hal seperti ini juga menjadi pertimbangan pak guru yg ingin
mengajarkan bahasa
indonesia dengan agak baek dan agak beiber eh salah, agak bener.."

~siti

Re: [belajar-excel] Terjemah Angka ke Huruf

John Steinberg
Setelah saya baca dan saya pelajari, memang dasyat rumus yg 999_99.
saya mau tanya, fungsi dari -- untuk apa ya Mba?

Regards, Be-Excel.

Pada 25 April 2011 20:16, STDEV(i) <[hidden email]> menulis:

> [...]
> indonesia dengan agak baek dan agak beiber eh salah, agak bener.."

Re: [belajar-excel] Terjemah Angka ke Huruf

-- (dobel minus) tugasnya untuk mengkonversi string berisi 'karakter
angka' agar menjadi BILANGAN.

--
http://www.box.net/shared/snrijdacsi
http://www.box.net/shared/svi1e6c6x7
~siti

Re: [belajar-excel] Terjemah Angka ke Huruf

Hilman
fungsi -- gunanya untuk mengubah nilai TRUE menjadi 1 atau FALSE menjadi 0

misalnya:
cell A1 nilainya adalah TRUE

Formula pada Cell A2 >>> =A1  >>>>> hasilnya adalah TRUE
Formula pada Cell A3 >>> =--A1  >>>>> hasilnya adalah 1

fungsi -- juga sama dengan True/False yg dikalikan dengan 1, misalanya
Formula pada Cell A4 >>> =A1*1  >>>>> hasilnya adalah 1

________________________________
> [...]

siti Vi
-- (dobel minus) tugasnya untuk mengkonversi string berisi 'karakter angka'

konversi spt ini dapat pula dikerjakan dengan fungsi VALUE, ataupun dengan
mengalikan 1   / membagi 1 / menambah 0 / mengurangi 0 dsb.

Sebagaimana diketahui, kita sering menjumpai DATA SEPERTI BILANGAN tetapi
ternyara TEXT
sehingga data (yg tidak punya nilai bilangan) tsb tidak dapat di
aritmatik-kan

Semua Bilangan yg diolah dengan fungsi pengolah text (RIGHT, LEFT, MID,
SUBSTITUTE dsb)
akan selalu menghasilkan data TEXT walaupun berisi karakter angka

Contoh
bilangan 4123 di-olah dengan  * =LEFT(4123,2*)  menghasilkan "23"  bukan
23, maka untuk
mengembalikan menjadi 23 kita perlu   *=VALUE(LEFT(4123,2)  atau
 =--LEFT(4123,2)*

On 4/25/11, Stein Berg <[hidden email]> wrote:
> Setelah saya baca dan saya pelajari, memang dasyat rumus yg 999_99.
> saya mau tanya, fungsi dari -- untuk apa ya Mba?
> Regards, Be-Excel.

~siti

RE: [belajar-excel] Terjemah Angka ke Huruf

SASIANG Fritz
Saya sudah mencoba tanpa dobel minus , hanya bisa jika dijumlah antara
cell dan cell , tetapi jika pakai fungsi sum, tidak bisa karena dianggap
text ???

Tetapi dgn bantuan dobel minus , ini oke punya, bisa dipakai baik cell +
cell ataupun dgn fungsi sum.

Terima kasih atas pencerahannya.

[...]

Double Minus.xls (19K) Download Attachment