Quantcast

[belajar-excel] Aplikasi absen

odhyz83_assasaky

Dear Master,
Saya mempunyai khayalan, kira-kira bisa gak dengan excel untuk membuat aplikasi
Absensi seperti finger print, jd misalx kita msukkan ID dan kita tekan sebuah tombol di keyboard maka akan langsung di simpan tanggal dan jam saat itu,.
Sekiranya bisa mohon pencerahannya.

Salam

Odhy.

Terkirim dari tablet Samsung

Re: [belajar-excel] Aplikasi absen

Pak Odhy,

Biasanya hal ini dilakukan dengan VBA pada event change milik worksheet
lokasi peng-inputan.
Bunyi script-nya, secara umum adalah :
with target
    if .count=1 then   'cuma 1 cell yang berubah isi
         if .column=1 then     'jika inputan di kolom A (kolom ke-1) dan
yang berubah memang kolom tersebut
            if .row>1 then      'jika inputan mulai baris 2 karena header
di baris 1 dan yang berubah memang bukan baris header
                 .offset(0,1).value =date       'cell yang berubah lompat 1
ke kanan (ke kolom B oleh offset 0 baris 1 kolom) diisi dengan tanggal
(date)
                 .offset(0,2).value=now - date      'kolom C nya diisi
dengan datetime (now -> ada tanggal dan waktu) dikurangi nilai tanggal
            endif
         endif
    endif
end with

Simpan workbook dengan tipe file berekstensi .xls atau .xlsm atau .xlsb

2012/12/14 odhyz83_assasaky <[hidden email]>

> [...]
> sebuah tombol di keyboard maka akan langsung di simpan tanggal dan jam saat

Silakan kembangkan jawaban milis warisan dari si Mbah.
Di sini yang dimasukkan bisa nama bisa ID.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

Copy of c__DINI_Input Absen.xlsm (42K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Aplikasi absen

Heru Safrudin
File terlampir.

Heru Safrudin

--- Mods ---
mbok yao ada sepatah dua patah kata.
selain itu, di milis Belajar-Excel umumnya body email diletakkan di atas quoted mail.
------------

Pada 14 Desember 2012 20:10, odhyz83_assasaky
<[hidden email]>menulis:

> [...]
> sebuah tombol di keyboard maka akan langsung di simpan tanggal dan jam saat

PRESENSI KEHADIRAN TK 2012.xlsm (68K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Aplikasi absen

Miss Jan Raisin
pak Heru,

Password VBA yang ini apa  ya?

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 17 Desember 2012 14:16, Heru Safrudin <[hidden email]> menulis:

> [...]
>
> --- Mods ---
> mbok yao ada sepatah dua patah kata.
> selain itu, di milis Belajar-Excel umumnya body email diletakkan di atas

Maaf masih ada passwordnya, tanpa password terlampir

to Moderator : Maaf baru pake email di web, jadi belum tahu layoutnya gimana

Pada 17 Desember 2012 14:37, Jan Raisin <[hidden email]> menulis:

> **
>

> pak Heru,
>
> Password VBA yang ini apa  ya?
>
> Best Regard,
>
> -Ms. Jan Raisin-

Heru Safrudin

PRESENSI.xls (129K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Aplikasi absen

odhyz83_assasaky
Ɓε̲̣̣̣̥τ̩̩̥υ̲̣̥Ɩ⌣Ɓε̲̣̣̣̥τ̩̩̥υ̲̣̥Ɩ⌣Ɓε̲̣̣̣̥τ̩̩̥υ̲̣̥Ɩ

From: Jan Raisin <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Mon, 17 Dec 2012 14:37:59
To: <[hidden email]>
Subject: Re: [belajar-excel] Aplikasi absen

> [...]

> --- Mods ---
> mbok yao ada sepatah dua patah kata.
> selain itu, di milis Belajar-Excel umumnya body email diletakkan di atas

Mas Odhy,

Sekarang mimpi telah "sedikit" menjadi kenyataan.
Mainan Mbak Siti saya coba utak atik sedikit (mungkin bisa lebih disempurnakan oleh para pakar).

Skenarionya begini:
- Karyawan harus didaftar terlebih dahulu (daftar dibuat tersendiri dan digroup, bisa dibuka dan diedit dengan mengklik tanda "+" jika sheet diunprotect - sementara tanpa password)

- Setiap karyawan terdaftar  yang menginput "HADIR" lebih dari 1x akan tampak dalam daftar absensi (Sheet absen dihide namun bisa dibuka, jika diinginkan bisa diprotect dengan xlsheetveryhidden). Dengan cara ini maka jam masuk yang "sah" adalah jam yang pertama diinput.

- Setiap karyawan terdaftar yang menginput "PULANG" lebih dari 1x juga akan tampak dalam daftar absensi sepanjang ybs telah menginput "Hadir". Dengan cara ini maka jam pulang yang "sah" adalah jam yang terakhir diinput.

Selamat mencoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

Copy of c__DINI_Input Absen (R).xlsm (45K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Aplikasi absen

har1st
Sebelumnya saya ucapkan salam kenal. saya ingin bertanya kalau absen tersebut di tambahkan jam istrahat gmana ya ?. jadi ada tambahan 2 tombol jam istrahat, yakni jam keluar istrhat dan selesai istrahat. terima kasih..