Quantcast

[belajar-excel] Aplikasi perhitungan Gaji Bulanan dengan MACRO EXCEL

[belajar-excel] Aplikasi perhitungan Gaji Bulanan dengan MACRO EXCEL

Darmoka Purba
Yang terhormat,
Kepada Para Guru/master excel

Mohon bantuannya atas kebingungan
saya dalam membuat aplikasi menggunakan macro excel.

Berikut penjelasan singkat :
SheetA (input)              berisi, :: rate Komisi, rate Bonus, rate lain-lain,
rate insentif dan rate potongan pensiun (rate nya dalam persentase). Ada juga
Tabel Gaji per lama kerja.

SheetB
(perhitungan)    berisi, ::
                                                *
Basic Information :  Nomor Id, Nama, Usia, Mulai kerja dan Lama
kerja
                                                * Perhitungan   :  Gaji
bruto, Insentif dan potongan pensiun
                                                * Gaji Bulanan

                Formula
:      1. Lama kerja = Year(Now()) –
year(mulai kerja)
                                    2.
Gaji Pokok = Vlookup(lama kerja, tbl gaji,2,false)
                                    3.
Insentif = Input!rateinsentif * Gaji Pokok
                                    4.
Potongan pensiun =input!ratepotonganpensiun * Gaji pokok

                                    5.
Komisi dari gaji pokok = input!ratekomisi * gaji pokok
                                    6.
Bonus dari gaji pokok = input!ratebonus * gaji pokok
                                    7.
lain-lain dari gaji pokok = input!ratelain-lain * gaji pokok
8. Total untuk gaji pokok = Gaji pokok + komisi dari gaji pokok
+ bonus dari gaji pokok +     lain-lain dari
gaji pokok
Total untuk Insentif =Insentif +
komisi dari insentif + bonus dari insentif + lain-lain dari insentif
Total untuk potongan pensiun = Potongan pensiun + komisi dari insentif
+ bonus dari insentif + lain-lain dari insentif
9. Gaji
bulanan = total untuk gaji pokok + total untuk insentif + total untuk potongan
pensiun

SheetC
(database)          berisi , :: Portopolio :  Nomor Id, Nama, Usia, Mulai kerja, Lama kerja
dan GAJI BULANAN

Catatan :
1.       SheetB (perhitungan) berhubungan dengan SheetA (input)
2.       Nilai pada Input dapat berubah setiap bulan
3.       Nilai atau isi di SheetC(database) adalah data
hasil paste yang dicopy dari Access, kecuali Gaji Bulanan

Pertanyaan :

Bagaimana code macro agar ketika
data di paste ke SheetC(database) dari acces langsung secara terprogram
mendapat hasil hitungan GAJI BULANAN ?

Untuk lebih jelasnya, berikut saya lampirkan file Excelnya.

Atas bantuannya, sbelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

Regards,
Moka

Aplikasi perhitungan Gaji Bulanan.xlsx (16K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Aplikasi perhitungan Gaji Bulanan dengan MACRO EXCEL

File terlampir tidak menggunakan VBA.
Copas data dari MS Access ke sheet database di kolom A mulai baris ke-5.
Bila perlu, data mulai baris ke-5 sampai yang terakhir yang ada di
sheetdatabase bisa dihapus lebih dulu (blok,
klik kanan, delete, entire row).

Tentang cara hitung komisi intensif yang tetap mengacu (berdasar) nilai
Gaji Pokok yang 100% bisa disesuaikan pada formula di G4 sheet database dan
di-copy ke seluruh record yang ada disana.

2012/10/16 Darmoka Purba <[hidden email]>

> [...]
> =D&gt; tepuk tangan][image: O:-) malaikat], sbelumnya saya ucapkan banyak

re-Aplikasi perhitungan Gaji Bulanan.xlsx (24K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Aplikasi perhitungan Gaji Bulanan dengan MACRO EXCEL

Darmoka Purba
Sebelumnya terima kasih atas tanggapannya pak Kid,
Pada kenyataan yg saya hadapi, data di sheet input lebih dari 20 buah dengan tabel referensi ada 6 tabel. Sheet Perhitungan juga menggunakan perhitungan yg sangat panjang, lagipula field yg di copas dari acces ke sheet database ada 45 field dengan total record mencapai 300.000.
file lampiran saya ini hanya contoh saja pak kid, selanjutnya saya akan kembangkan sendiri.
Apakah formula saya harus ganti dgn code vba nya?

Basic informastion yg ada di sheet perhitungan hanya mewakili saja, karena spt itulah bentuk field data yg akan di copas dari acces ke sheet database.

Tujuan saya adalah, ketika saya copas data dari acces ke baris yg dimulai dari baris B5:F5 sampai sebanyak data di acces maka secara otomatis atau dengan membuat tombol, macro akan berjalan membaca sebanyak data portopolio dan menghasilkan nilai GAJI BULANANAN.

Singkatnya begini :
Pada sheet perhitungan terintegrasi dengan sheet input.
Pada proses perhitungannya di sheet perhitungan, akan membaca data portopolio yg ada di sheet database lalu masuk ke basic information di sheet perhitungan (disni akan dihitung dan mendapat Gaji bulanan), GAJI BULANAN itu akan otomatis tampil ke sheet database. Jadi proses perhitungan terus berlanjut sepanjang banyak data yg di copas dari acces.

klu kata temen sih semacam looping data, tp saya kurang paham.

Terima kasih atas bantuannya.

________________________________
 Dari: Mr. Kid <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Selasa, 16 Oktober 2012 1:25
Judul: Re: [belajar-excel] Aplikasi perhitungan Gaji Bulanan dengan MACRO EXCEL

> [...]

rate insentif dan rate potongan pensiun (rate nya dalam persentase). Ada juga

(perhitungan)    berisi, ::
>                                                *
Basic Information :  Nomor Id, Nama, Usia, Mulai kerja dan Lama
> [...]

:      1. Lama kerja = Year(Now()) –
year(mulai kerja)
> [...]

>Regards,
>Moka

Re: [belajar-excel] Aplikasi perhitungan Gaji Bulanan dengan MACRO EXCEL

Andai saja detil proses perhitungan bisa di-share dengan beberapa baris
data buatan, tentu bisa menjadi bahan belajar untuk seluruh BeExceller.
Setidaknya bisa menjadi bahan untuk belajar menyusun formula.
Apa boleh buat, mungkin hal itu dirahasiakan.

btw,
File terlampir menggunakan VBA.
Cek lagi hasilnya, terutama ketika workbook telah berisi banyak formula
atau nama range. Karena proses kalkulasi oleh Excel yang agak lamban, bisa
ada kemungkinan bahwa hasil nilai yang disalin ke sheet data tidak tepat.

> [...]

> =D&gt; tepuk tangan][image: O:-) malaikat], sbelumnya saya ucapkan banyak

re-Aplikasi perhitungan Gaji Bulanan_vba.xlsm (40K) Download Attachment