[belajar-excel] Array Function

sudarsono-2

Apa ada Fungsi bersifat Array Function , sehingga dapat mengganti Array
Formula yang panjang ?

Apalagi kondisi yang kompleks , sering membuat kesalahan menjadi besar
dalam membuat Array Formula.

Sebenarnya kita dapat membuat fungsi yang menghasilkan keluaran (satusel
)  , lalu dicopy paste ke sel berikutnya ( horisontal atau vertikal ).
Dengan menentukan alamat yang mana absolut atau relatif.

Ada yang bersedia sharing . Silakan

Re: [belajar-excel] Array Function

siti Vi
Administrator
Mohon maaf mungkin tulisan berikut ini tidak dikehendaki,  berhubung saya
tidak dapat menangkap maksud posting ini: *Apakah sebuah kalimat berita *(hanya
untk didengar saja) *Ataukah sebuah pertanyaan* (kalau bisa
dijawab/ditanggapi).
Tetapi karena di situ (kalimat ke 4) ada dipersilakah sharing, ya kita
sharing lah sebisa kita, walaupun isinya salah. Maaf...

Fungsi
kalau dibatasi dlm pengertian Fungsi dlm worksheet Execl saya agak tahu
'dikitts.
Katanya, Fungsi = Rumus tunggal yg *sudah dibuat oleh excel *untuk mengolah
*data *(yg diberikan kepada fungsi tsb sebagai *argument-argument*) dengan
cara pengolahan yg khusus/tertentu; dan hasil pengolahannya dikembalikan
sebagai hasil fungsi.
Misalnya Fungsi Averange, menjumlahkan semua arguments yg diberikan, lalu
membaginya  dengan [banyaknya argument] yg nilainya bukan eNol.

(Bedakan dengan Rumus (Formula) yg bisa *dibuat sendiri oleh setiap pemakai
Excel.*
Bentuk rumus/formula paling sederhana sekedar =1+1
Kadang2 Formula, karena disesuaikan dgn keperluan dan hasil yg ingin
dicapai, dapat berbentuk panjang sekali (mega formula).
Formula, pada dasarnya adalah *kalimat matematika *yg tentunya berisi *
OPERANDs* (suku-suku yg akan diaperasikan) dan *OPERATORs*  ( - + * / ^ = >
>= < <=  <> dsb).  (yg juga harus ddidahului dengan tanda "="
Operand (di dalam formula) dapat berupa data *konstanta* yg berjenis
bilangan, string, logikal dsb), dapat pula berupa *FUNGSI maupun
RUMUS*lain, juga dapat berupa
*Rujukan ke sebuah cell atau Range*.
Range (=sekumpulan cells) dengan konfigurasi letak tertentu dapat dianggap
sebagai sebuah *ARRAY*.

Array / Larik
Sekumpulan data / seri data  (=sebagai lawan dari pengertian *data tunggal*),
tiap data disebut sebagai *elemen*, setiap elemen mempunyai *index*,
lazimnya sebuah array (satu dimensi) berisi elemen yg *bertype data SAMA*. (di
worksheet excel anda dapat melanggar aturan ini). Setiap elemen dapat
diakkses/dikenali dengan menyebutkan Index-nya

Array Formula
Formula yg melibatkan *Array* dlm kalkulasinya, dan menghasilkan ARRAY pula
(dapat dikatakan menghasilkan MULTI HASIL)
*Array Formula yg masih asli* (menghasilkan array / multi-hasil) harus
ditulis dalam beberapa cell sekaligus, *kalau* semua hasilnya ingin dilihat.
Bahwa kemudian ada *Array formula yg menghasikan HASIL TUNGGAL (dan cukup
ditulis di SATU CELL saja)* itu karena
Array Formula ASLI tadi, dibagian terakhirnya, telah diberi *fungsi
perangkum (agregat)* misal SUM, AVERAGE, AND, COUNT, MAX, MIN dsb

*={ArrayFormula} *

*={SUM(ArrayFormula)}*
-----------------------

Tetapi kalau : Array Function...  saya *tidak tahu **babar blass.. sama
sekali.. Apa ya ?*
Mohon dijelaskan maksud / uraian mengenai *Array Function *itu apa ??

Jika yg dimaksud oleh pak sudarsono jkssbma  adalah:
*"apakkah ada fungsi /formula  yg dapat menggantikan [ array formula hasil
tunggal ] *
*yg pendek saja, tidak perlu dienter dengan CTRL + SHIFT + ENTER, dan dapat
dicopy ke *
*cell lain sesuai aturan absolut/relatifnya rujukan. ??"*

Jawabannya : ada !  (terutama bila struktur dan type data yg dirujuk
memungkinkan)
yaitu *fungsi yg dibuat sendiri* (UDF) melalui VBA programming.

mungkin nanti (setelah USD berhasil ditulis di VBA-module) bentuk
penulisannya di worksheet
=FungsiKu(C11:C110)

Jika sebuah pekerjaan memerlukan kalkulasi yg sudah sangat* khas, prosesnya
panjang, dan akan sering dipakai*, maka memang sudah waktunya dibuat sebuah
UDF.

'=======================
penjelasan array formula yg cukup barus dan gampang difahami antara lain ada
di sini
http://www.cpearson.com/excel/ArrayFormulas.aspx
<http://www.cpearson.com/excel/ArrayFormulas.aspx>
http://www.ozgrid.com/Excel/arrays.htm
http://www.box.net/shared/cimq7tvispi3g53hyyvn

2011/6/15 sudarsono <[hidden email]>

> [...]
>  , lalu di*copy paste* ke sel berikutnya ( horisontal atau vertikal ).
> Dengan menentukan alamat yang mana absolut atau relatif.

~siti

Re: [belajar-excel] Array Function

HerrSoe
Kalimat ke empat dari pak sudar :

bagiku jelas, kalimat tsb = sebuah berita / pemberitahuan : bahwa pak sudar
mempunyai contoh atau
dapat membuat fungsi seperti yg dikatakan dlm kalimat tsb
Akan sangat berguna bagi kami para murid kelas pemula ini, jika bapak tidak
hanya memberitakan
tetapi mencontohkan.

Kami tunggu pak contoh kasus dan solusinya yg nyata dlm sebuah workbook.

hormat kami
HerrSoe

> [...]
 , lalu dicopy paste ke
> sel berikutnya ( horisontal atau vertikal ). Dengan menentukan alamat yang

si Nung
pada dasarnya bila nulis
rumus/script/storeporsedure yg panjang panjang
memang ada kecenderungan tambah rumit (debuggingnya)

tujuannya adalah membuat mudah user
(yg belum tentu mudah pengerjaannya bagi sang developer)

tapi itu ya resiko yg layak diambil :)

cmiiw

sinung

On 15 Jun 2011 at 12:20, sudarsono wrote:

> [...]
> menghasilkan keluaran (satusel )  , lalu dicopy
> paste ke sel berikutnya ( horisontal atau
> vertikal ). Dengan menentukan alamat yang mana

/*-sig-

"Wisdom and knowledge is everywhere,
        but so is stupidity."

Reivan

-sig-*/

Re: [belajar-excel] Array Function

siti Vi
Administrator
Betul kata si nung,

maka dari itu sebagian orang menganggap bahwa sekrip/  procedure /
storeprocedure
yang panjang lebih baik dipecah menjadi beberapa "potongan-potongan pendek".
(dan potongan itu dijadikan sebuah proscedur sendiri)
Nantinya ada sebuah prosedur khusus yg men-*dirigen*-i agar
potongan-potongan itu menjadi
satu kesatuan tempur yg hebat bin ampuh.

Potongan-potongan itu pun, pada saatnya akan dapat digunakan oleh prosedur
lain.
sehingga secara keseluruhan sebenarnya program *menjadi lebih pendek* (ada
sub yg
tidak perlu diTULIS berulang-ulang, cukup diPANGGIL saja juga berulang-ulang)
*dan *
*lebih efisien...*

Hal yg sama terjadi / dapat diberlakukan pula pada *penyusunan formula
diworksheet.*
Lihat beberapa contoh project TERBILANG TANPA MAKRO, di situ banyak sekalee
formula
(dan juga define name) yg kemudian di satukan oleh sebuah formula utama.
Dengan cara itu, Jika terjadi kesalahan, ndak terlalu repot men-debug-nya

2011/6/16 si Nung <[hidden email]>

> [...]
> memang ada kecenderungan tambah rumit (debuggingnya)
>
> tujuannya adalah membuat mudah user
> (yg belum tentu mudah pengerjaannya bagi sang developer)

~siti