[belajar-excel] Array isi folder ke list box

[belajar-excel] Array isi folder ke list box

Rahmat Sadikin
Salam be Exceler,
mohon pencerahannya untuk kode makro didalam listbox terdapat naam file yg akan dibuka.
apakah ada kode nya ?

data terlampir....

Array File.xls (75K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Array isi folder ke list box

iHaps
Nama File itu.... paling tidak 'kan dapat dibedakan Extention (type) nya; misal

*xxxxx.XLS*
   (file Workbook / spreadsheet dari MS Excel, bisa dibuka dgn MS Excel
/compatibelnya)
*xxxxx.doc*
   (file Document / hasil  dari MS WORDl, dibuka dgn MS Word /kompatibelnya)
*xxxxx.BMP*
   (file gambar / image dari berbagai pengolah grafis, bisa dibuka dgn
berbagai aplikasi/grafis )
*xxxxx.MDB; **xxxx.TXT,  xxxxxx,ASP, xxxxxxxx.ZIP, xxxxxxx.PDF *lan
liyo-liyane...
Setiap type punya CARA Membuka / program yg digunakan untuk membuka
 FILEnya.

( Maaf, lupa,  ada cara lain: mengklik file name pada windows-explorer,
atau meng-klik nama
file yg ditulis dengan diberi Hyperlink.)

Sayang sekali; Bapak *tidak memberi info *Type /Extension file-nya
Pada contoh isi Listbox pun item nya *tidak ada "extension"nya*) maka* *kita
terpaksa menganggapnya:
Yg Bapak maksud dengan NAMA FILE itu *PASTI FILE WORKBOOK/SPREADSHEET EXCEL
(*.XLS?)*
*
*
Alasan kami:
- Bapak mengajukan pertanyaan ini ke milis yg membicarakan Excel
- File yg memuat contoh juga = dimuat dlm XLS

Membuka fle XLS dengan diketahui NAMA PATH dan NAMA FILENYA (dengan tombol
yg sudah
Bapak sediakan
( Nama *Path* hanya diberitahukan per Email,  *Nama file* tertulis di
ListBox2

Private Sub CommandButton2_Click()
   Workbooks.Open Filename:=*"D:\Bab\"** ** &  **Listbox2.List(0)*
End Sub

Pada UserForm contoh yg kami lampirkan kembali; kami mengubah hal-hal sbb:

[image: Inline image 1]

   1. Pengisian ListBox1 bukan FIXED pasti ex   D:\BAB; * **tetapi terserah
   user*
   2. User diberi kebebasan memilih Nama Folder / Path (dari DialogBox
   Browse Folder yg mucnul bila suatu tombol di klik)
   3. Nama Path akan dituliskan di suatu object Label, agar pada saat file
   dibuka, Path-nya gampang diakses kembali.
   4. Pemindahan item (text nama file) dari Listbox1 ke *KOTAK lain* (dimana:
   fle yg tertulis disitu akan dibuka) *bukan *dengan tombol tetapi
   otomatis ketika di klik / diselect di Listbox1.
   5. KOTAK Lain itu tidak perlu dibuat dari object ListBox2 (karena toh
   hanya akan diisi 1 1tem), cukup dgn object /control TextBox atau Label yg
   lebih mudah diakses. Pada contoh kita pilih Label agar user tidak dapat
   mengubahnya kecuali dari Klik Listbox 1.
   6. (sebelulnya untuk mambuka nama file bisa langsung dengan mengklik
   item di listbox1 tsb)
   7. Membuka file yg *NAMAFILEnya sudah berada di Label3*, DAN *Nama
   Pathnya sudah tertulis di Lb_Path* nya, cukup dengan :

*Private Sub CommandButton2_Click()*
*   On Error Resume Next*
*   Workbooks.Open Filename:=Lb_Path & "\" & Label3*
*End Sub*

- i -

2012/2/18 Rahmat Sadikin <[hidden email]>

> [...]
> Salam be Exceler,
> mohon pencerahannya untuk kode makro didalam listbox terdapat naam file yg

UserForm List And Open.PNG (28K) Download Attachment
MembukaFile_Path_n_NamaFile_ada_di_Listbox (Array File) (makro - iHaps).xls (93K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Array isi folder ke list box

Group Keren
Terima Kasih banyak atas bantuannya....

kalau boleh tanya lagi, apakah bisa Lb_Path sudah ada di userform tanpa perlu browse lagi, dan di list box sudah ada  file-nya.
sorry merepotkan.

Tks

________________________________
> [...]

>apakah ada kode nya ?
>
>data terlampir....

Re: [belajar-excel] Array isi folder ke list box

LHO !!
Pertanyaan / keinginan tahu - ku  ("type FLIE yg akan Anda buka =  XLS kah?
atau Sembarang FILE")
tidak dijawab, malah tanya lagi , piye to iki ??
ya 'dah g p p....  :(
Oiya, mungkin mas Keren Group ini = BUKAN pak Rahmat Sadikin /pemilik
kasus..

(1)
PATH yg anda kehendaki ditulis langsung saja secara manual (in designmode)
di property CAPTION milik object Label bernama Lb_Path
[image: Inline image 1]

(2)
Module standar dibuang saja

(3)
Listing code ditulis di module userform (sekarang hanya 3 prosedur)

Private Sub UserForm_Initialize()
   Label3 = ""
   Dim FSO As Object, Fls As Object, F As Object
   On Error GoTo Akhir
   Set FSO = CreateObject("Scripting.FileSystemObject")
   Set Fls = FSO.GetFolder(Lb_Path).Files
   ListBox1.Clear
   For Each F In Fls
      ListBox1.AddItem F.Name
   Next
Akhir:
   CommandButton2.Enabled = False
End Sub

Private Sub CommandButton2_Click()
   On Error Resume Next
   Workbooks.Open Filename:=Lb_Path & "\" & Label3
End Sub

Private Sub ListBox1_Click()
   Dim i As Integer
   Label3 = ""
   CommandButton2.Enabled = False
   With ListBox1
      For i = 0 To .ListCount - 1
         If .Selected(i) = True Then
            Label3 = .List(i)
            Exit For
         End If
      Next i
   End With
   If Not Label3 = "" _
   Then CommandButton2.Enabled = True
End Sub

property caption dan PATH.PNG (29K) Download Attachment
FileListott_toListbox_nOpen (makro - iHaps - V2).xls (77K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Array isi folder ke list box

Group Keren
Bu, list box nya kok kosong ya ?

Maaf Bu, saya tidak kenal dengan pak Rahmat pemilik kasus.
Type File yg ingin saya buka adalah XLS dan XLSX.

________________________________

> kalau boleh tanya lagi, apakah bisa Lb_Path sudah ada di userform tanpa perlu browse lagi,
> dan di list box sudah ada file-nya.

Re: [belajar-excel] Array isi folder ke list box

o' Seno
Berhubung suster Hapsari sedang menjenguk sodara di Ngadirejo, Temanggung
.... ( he hehe..), saya ingin mencoba memberikan tanggapan sementara..

Dlm contoh userform itu; object Label yg bernama *Lb_Path* secara
'in-Design' telah
diberi Nilai = *"D:\BAB"  (pada Property CAPTION - nya) / *kehendak pemilik
kasus

File-File yg berada di *Path *inilah (jika Path tsb memang ada di PC yg
menjalankan
contoh tsb) yg akan di-List NAMA-NAMA FILES-nya (jika files nya pun ada)

Karena pak Keren tidak menginfokan hal yg berhubungan dengan ini, *kami
ingin *
*penegasan:*
*Apakah komputer yg pak Keren gunakan untuk menjalankan contoh tsb  *
*TERDAPAT path D:\BAB  **dan di dalamnya terdapat file-file ??*
*
*
Jika salah satu jawabannya = negatip, maka wajarlah jika Listbox1 tetap
kosong,
ketika userform dibuka.
Gantilah nilai property Caption pada Lb_Path dengan text yg menggambarkan
Path
yg memang ada di PC Bapak.

Jaka dua jawaban = positip, barulah file yg diterima (atau ada hal lain) yg
gak beres.

Yang jelas, Di komputer kami (o/s: Window XP SP2) , contoh tsb telah dicoba
berapa kali
dengan XL2003 maupun XL2007;  dengan hasil spt gambar di bawah ini

[image: Inline image 1]

Oh ternyata Pak Keren bukan Pak Rahmat ya ?
atas nama suster Haps kami mohonkan maaf atas kengawurannya
mungkin dia menghungkan /menduga pak rahmat = pak keren karena di email pak
keren
ada kalimat pembuka:  "terima kasih banyak atas bantuannya"

Mohon maaf jika jawaban jauh dari yg diharapkan...

*o'Seno*

*2012/2/19 Group Keren <[hidden email]>
*

> * *
>
> *Bu, list box nya kok kosong ya ?
> Maaf Bu, saya tidak kenal dengan pak Rahmat pemilik kasus.
> Type File yg ingin saya buka adalah XLS dan XLSX.*

Proove it.PNG (56K) Download Attachment