[belajar-excel] Axis Label Chart yang Dinamis

[belajar-excel] Axis Label Chart yang Dinamis

Rahagung Dananjoyo
Selamat sore, rekan rekan semua
Ada file yang ingin saya diskusikan disiniCase nya seperti ini :- Saya memantau pendapatan dan pengeluaran 3 unit toko.- Data dari setiap toko dibuatkan tabel, dianggap sebagai database- Data pendapatan dan pengeluaran dilaporkan setiap hari per tanggal- Ada tabel (tabel 1) lagi yang memuat data pendapatan dan pengeluaran berdasarkan toko nya- Ada beberapa tanggal yang datanya kosong bisa disebabkan karena toko tutup- Dari tabel 1 tersebut, ingin dibuat grafik (line chart)- Yang diharapkan dari grafik tersebut adalah Jika data dari tabel 1 ada yg tidak muncul angka/kosong, maka axis label di grafik tersebut juga tidak muncul.Misal, ketika menampilkan Toko A, tgl 1 Juni 2019 ada data nya, maka axis label nya jg muncul tgl 1 Juni 2019Jika menampilkan data Toko B, tgl 1-2 Juni 2019 data kososng, maka axis labelnya memunculkan data mulai 3 Juni 2019
Terima kasih sebelumnya untuk diskusi dan solusinya
File terlampir

GRAFIK_CONTOH.xlsx (38K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Axis Label Chart yang Dinamis

Pada line chart, nilai data berisi error value tidak akan diplot ke chart.

On Thu, Jul 4, 2019 at 6:14 PM Rahagung Dananjoyo [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
> labelnya memunculkan data mulai 3 Juni 2019
>
> Terima kasih sebelumnya untuk diskusi dan solusinya

re-GRAFIK_CONTOH.xlsx (38K) Download Attachment

[belajar-excel] Formula untuk menghitung prosentase pencapainnya

Andi K
Rekan2x, bisa sharing formula yang bisa digunakan untuk menghitung prosentase realisasi atas target yang sudah ditetapkan. (Formula untuk membandingkan data target dan realisasi)

Contohnya sebagai berikut:
Target:                   Sales 1    Sales 2    Dst...Produk AProduk BProduk CDst...
Realisasi:Pada awal bulan dihitung prosentase realisasi atas produk² tersebut.
Cukup sekian dan terima kasih untuk sharingnya.
Andi K

RE: [belajar-excel] Formula untuk menghitung prosentase pencapainnya

M.Ade Alfarid
Bikin contoh sederhana di file excel mas,

ade

image001.jpg (492 bytes) Download Attachment
image002.jpg (454 bytes) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Formula untuk menghitung prosentase pencapainnya

Andi K
Berikut saya lampirkan contohnya pak...
Selama ini saya hitung manual, menaruh angka target dan realisasi. Tapi mengingat datanya makin banyak diperlukan formula agar lebih efisien.

Andi K

Prosentase Realisasi.xlsx (14K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Formula untuk menghitung prosentase pencapainnya

M.Ade Alfarid
Bagaimana kalo disusun dengan tabel sederhana?

Memudahkan dan bisa di filter/diurutkan

ade

RE-Prosentase Realisasi.xlsx (18K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Formula untuk menghitung prosentase pencapainnya

Sebaiknya tabel data disusun menjadi tabel yang baik seperti saran Pak Ade.
File terlampir dengan tabel data yang ada menggunakan formula match dan
juga vlookup.

On Sat, Jul 6, 2019 at 8:58 AM Andi K [hidden email] [belajar-excel] <
[hidden email]> wrote:

> [...]
> [belajar-excel] <[hidden email]> wrote:
>
> Bikin contoh sederhana di file excel mas,

re-Prosentase Realisasi.xlsx (15K) Download Attachment