Quantcast

[belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

[belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

Aliif Akbar
Selamat pagi BeExcel,
Mau tanya, PC yang sy gunakan di kantor, setiap kali saya menulis 1000 mengapa langsung berubah jadi 1 yah? Sy kurang thu kenpa seperti ini, masaalah ini sudah disharing jg di BBM Belajar Excel, tapi lum ada yang bisa jawab,
Mohon pencerahan kepada para suhu.
Terimakasih.

Rgds,

===========================
Modes NOTE:
Tidak terpikir: melihat Number Formattingnya ??
be Excel... be Tricky...

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: [hidden email]

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  [hidden email]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

o' Seno
tampilan suatu bilangan itu sangat gampang diubah ubah dengan
CUSTOM NUMBER FORMATTING
misal
#,##0,;(#,##0,);0;@
penampakan seperti dibagi 1000, tetapi VALUEnya tetap sama

formatting spt itu akan lebih baik spt dibawah ini agar tidak membuat
salah kalkulasi
#,##0, "Ribu";(#,##0,) "Ribu";0;@

perhatikan ada KOMA nya di bagian positip / negatip
masih bisa dimodifikasi sesuai keinginan
misalnya formatting : *0,,  *Bilangan 1 juta akan tampil seperti 1.
[image: Inline image 1]
Lihat lampiran

kemarin di milis ini sudah diberikan link untuk mengunduh contoh2
Custom NumberFormatting di milis FILES

*o'Seno*

*

custom num formatting div 1000.PNG (33K) Download Attachment
Asror_Asror CustomNumberFormatting).xls (56K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

Aliif Akbar
Dear pak o'Seno,
Kalau yang seperti itu saya pernah membaca lampiran dimilis, tapi, sekarang itu, saya tidak bisa menulis angka 1000 di excel saya, ketika saya menulis 1000 setelah di enter angkanya berubah menjadi 1 baik di cellnya ataupun di formula bar-nya,...
Ketika saya menulis angka 1000 pada lampiran excel yang pak o'Seno kirim sama saja, hasilnya 1000 menjadi 1, ini berlaku pada new workbook ataupun file excel yang lain,
Demikian dari saya, mohon pencerahannya,

From: "o' Seno" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 20 Mar 2012 11:24:07
To: <[hidden email]>
Subject: Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

> [...]

> be Excel... be Tricky...
> ============================*

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

apa yg saya ajukan adalah *salah satu kemungkinan *karena apa yg asror
beritakanpan
kan juga tidak lengkap 100 persen dan tanpa lampiran (ada apanya workbook
tsb)

kemungkinan lain : workbook tsb ada makronya
(asror sendiri tidak bilang ada/ tidak ada makronya)

makro yg memanfaatkan EVENT worksheet change bisa dissisipkan perintah
untuk membagi
value yg masuk dengan 1000 (semua yg diketikkan dibagi 1000)

sub blablabla <<-- worksheet change event)
if blekblekblek then
Target.Value = Target/1000
end if
end sub

khusus untuk saya, kasus ditutup kecuali pertanyaan lanjutan disertai
lampiran workbook
yg dipertanyakan..

*o'Seno*

*
*
> [...]

> file excel yang lain,
> Demikian dari saya, mohon pencerahannya,

[belajar-excel] Re: BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

summonery
Sudah dicuba tengok personal macro workbooknya? personal.xls(b) tengok siapa tahu ada si ipin,,

--- In [hidden email], "Aliif Akbar" <aliif.akbar@...> wrote:

> [...]
>
> Regards,
>
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Selamat siang,

Dear BeExcel,
Berikut contoh file yang saya tidak bisa menulis angka seribu (1000),
Mohon pencerahannya,
Terimakasih,

From: "o' Seno" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 20 Mar 2012 12:06:55
To: <[hidden email]>

> [...]

> file excel yang lain,
> Demikian dari saya, mohon pencerahannya,

=?utf-8?B?Qm9vazEueGxzbQ==?= (12K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

hendrik karnadi
Masalahnya ada di format. Kalau tanda "." mau diketik harus ganti formatnya menjadi "Text" (tidak bisa dijumlah).
Kalau mau rata kanan tinggal klik icon rata kanan.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

From:  "o' Seno" <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Tue, 20 Mar 2012 12:06:55 +0700
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>Demikian dari saya, mohon pencerahannya,
>
>Regards,

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

Dear pak hendrik,
Terimakasih responsenya, saya ketika mengetik angka 1000 itu ketika di enter jadinya angkanya 1, bukan 1000, ataupun 1.000,
Saya sudah coba untuk merubah menjadi currency, ketika saya ngetik 1000, harusnya keluar Rp. 1.000,-, tapi yang saya dapatkan Rp. 1,-
Mungkin temen2 beexcel ada yang pernah mengalami hal ini?

Mohon pencerahannya.
Terimakasih,

Mohon pencerahannya,
Terimakasih,

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

o' Seno
Ternyata penjelasan terakhir dari Nak Asror ini *BERUBAH dari masalah
semula.*

Kita kutipkan penjelasan pada eMail pertama, biar jelas, sbb:

*" Mau tanya, PC yang sy gunakan di kantor, *
*  setiap kali saya menulis 1000 mengapa langsung berubah jadi 1 yah? "*
di sini jelas dikatakan *"menulis 1000"*  bukan *"menulis 1.000"*

Penjelasan terakhir

*Penjelasan di eMail *masih tetap sama
yaitu (diketikkan  *1000  [satu nol nol nol)*  katanya menjadi 1 !!)
kami cek di workbook (walaupun berextensi XLSM ternyata tidak ada makronya
sedangkan ada atau tiadanya *makro di PERSONAL.XLS(B) *(adanya di komputer
Nak Asror,
workbook tersembunyi, tetapi module harusnya bisa dilihat)*  **tidak
dilaporkan oleh Asror.*
*
*
Berhubung tidak ada penjelasannya, Sementara: kita anggap *tidak ada makro
di *
*Perwonal Workook* yg ikut bertanggung jawab mengenai "kasus Asror" ini.

*Penjelasan di SHEET:  isinya lain lagi:*
BUKAN menulis *1000* tetapi * 1.000*  ulangi:  *1.000 *(*satu TITIK nol nol
nol*) menenjadi 1
tapi kalo mengetikkan  1000 katanya menjadi 1000

Untuk saat ini saya akan *MEMEGANG penjelasan seperti y**g di tulis di sheet
*, saya kutip sbb
      *dikutip dari workbook XLSM kiriman ASROR* **    (diketikkan,
tanpa "text "Nulis ") (Nilai /
Penampakan
di cell)     nulis 1 1     Nulis 10 10     Nulis 100 100     Nulis 1.000 1
  Nulis 10000 10000           *Dear Be Excel,* ** **  *penulisan format
disamping, bisa memperlihatkan saya yang*  *tidak bisa menulis angka 1.000*
** **  *Ketika menulis angka 1.000 langsung berubah menjadi angka "1"*  *mohon
bantuannya.* ** **  *terimakasih.*

Kalau begitu masalah telah selesai dengan sendirinya, & seharusnya tidak
perlu dijawab lagi;
karena kita menduga: bahwa saat ini Asror menggunakan PC / WINDOWS yg
*Regional Settingnya  sejenis "English(US)"*
Dlm Setting ini : formatting bilangan =
*   TANDA PEMISAH DESIMAL adalah  = TITIK *
*   TANDA PEMISAH /GROUPING RIBUAN = KOMA
*
Contoh  tampilan bilangan yg diformat bertanda grouping ribuan dengan 2
desimal
*123,456.89*

Mengenai *tanda pemisah DESIMAL* jika memang ada bagian pecahannya, maka :
diformat atau tidak_diformat tetap akan tampil:   *123456.89*

Dengan regional setting spt itu,  kalau kita menuliskan :
*1 *atau *1.0 *atau* 1.00 *atau* 1.000 *atau* 1.0000 *atau*1.0000000000000000000
*
tetap saja *NILAINYA memang 1 *
Hal ini sudah diajarkan di sekolah SD maupun di kelas Excel pada hari
pertama masuk.

Jadi *kalau mengetik 1.000 tampilnya 1* ya jangan ribut dong... karena*1.000
* itu
memang bentuk lain dari *1   *(jika ditulis di cell excel yg regional
settingnya: tanda pemisah desimal = TITIK.)

Mungkin sebelum ini, selama pakai Excel Nak Asror *selalu pakai regional
setting **"Indonesian" *
atau yg sepadan, yg *tanda pemisah desimal-nya = KOMA  *dan  *tanda
grouping Ribuan = TITIK*
*
*
Jika demikian;  menuliskan *1.000* yg masuk memang BILANGAN *1000* karena
Excel cukup cerdas
mendeteksi bahwa *"1.000"* adalah berntuk formatting * bilangan 1000 * yg
dikenal dlm setting indonesian

Tetapi jika anda bekerja di Windows yg *settingnya = Tanda Pemisah Desimal
= TITIK dan *
*Tanda Pemisah RIBUAN = KOMA*, maka menuliskan  1.000  yg masuk adalah
 bilangan 1 (bukan 1000)
Di mana mana juga begitu, tidak perlu dibuat heran.

[image: Inline image 2]

Learning:
(1)
Cara memasukkan data BILANGAN ke cell Excel sebaiknya *JANGAN MENYERTAKAN
FORMATTINGNYA*
misalnya ada tanda pemisah ribuan, ada tanda currency dsb.
memasukkan *konstanta bilangan* sebaiknya hanya berupa
*** SIGN (TANDA MINUS, TANDA PLUS TIDAK PERLU DIMASUKKAN)*
*** karakter angka  0123456789*
*** Tanda Pemisah Desimal, jika memang bilangan yg diinginkan ada bagian
pecahannya*

(2)
Penjelasan atas suatu kasus harus jelas dan teliti, jika tidak, diskusinya
akan "ngalor-ngidul"
seperti mencari benda ajaib yg sebenarnya "tidak ada"
Tetapi masih ada nilainya, yaitu ada kesempatan "belajar-menebak" dan
"belajar-menjawab".
Bagi pemilik kasus masih ada juga: "belajar-menambahkan-penjelasan", dengan
data / cerita
yg *lebih mendekati masalah yg dihadapi*.

*CMIIW, bila kurang lengkap atau ada yg keliru, mohon dikoreksi*
*atau pinjam istilah mbak siti :  Colek Me If I am wrong...*
*o'Seno*

Regional & Lang Setting.JPG (125K) Download Attachment
penjelasan ASROR di SHEET.PNG (19K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

Aliif Akbar
Dear pa o'Seno,
Terimakasih atas penjelasannya,
Saya coba buka region, tapi yang email sy kirim itu mengapa ada "." (Titik-nya) ya?
Yang "Nulis 1.000" padahal awalnya saya cuma ngetik "Nulis 1000",
Sepertinya saya kurang thu bagaimana cara menjelaskan ke milis ini,
Nanti saya baca2 lagi dulu pak,
Semoga ini menjadi pembelajaran bagi sy,
Sekali lagi,
Terimakasih mr.o'Seno

Asror

*atau pinjam istilah mbak siti :  Colek Me If I am wrong...*
*o'Seno*

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

Rr Wilis
hanya ingin mengkonfirmasi bahwa
file dari pak Asror yg saya terima juga ada TITIK nya  *(1.000)*
ditulis TIGA  KALI:  di cell d12  dan cell i10  dan  i11
Jika berubah karena formatting hampir tidak mungkin karena datanya
adalah TYPE TEXT (bukan Numbers)

Nantinya kalau kasus ini masih ada kelanjutannya, Agar lekas tuntas..
Rara titip pesanan "kuliner dari kota Kendal

# pak Asror memberikan kabar mengenai keberadaan Makro di Personal Workbook
  (boleh di copy  isi text code di modules nya saja)

# menjelaskan Regional Setting yg berlaku di komputer yg Pak Asror Pakai
   khususnya efek yg terjadi pada TANDA PEMISAH DESIMAL (Secimal Separator)

# jika masih ada waktu, sempatkan test-test mengenai memasukkan
* 1.00000000000000*
* 1,00000000000000*
* 10000*
* 1000000*
* 100000000*
    dan bilangan bilangan lain
   (sample yg terlalu sedikit bisa menyesatkan)

Terima kasih,
rr_Wilis.

*
*
*On Thu, Mar 22, 2012 at 10:43 AM, Aliif Akbar <[hidden email]>wrote:
*

> [...]
> *o'Seno*

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

HerrSoe
# pak Asror memberikan kabar mengenai keberadaan Makro di Personal Workbook
  (boleh di copy  isi text code di modules nya saja)
Llihat gambar:
[image: Inline image 1]

Hidden_PersonalWorkbook.PNG (45K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

Aliif Akbar
Selamat pagi,

Dear pa HerrSoe,
Excel saya yang bermasalah ini tidak berisi macro, karena untuk kasus penulisan 1000 menjadi angka 1 ini terjadi pada new workbook ataupun workbook lama,

Terimakasih.
ASROR

Mod Note:
Jadi bener-bener BELUM SEMPAT memberi info:
* Regional Settingnya dan
* ada/tidak adanya Personal-Workbook berisi makro.
?????

image001.png (45K) Download Attachment
vw

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

vw
mau ikutan ah..
1. jika memang ada titik ketika menulis 1000 ( satu titik nol nol nol ). berarti jari tangannya pak asror yang perlu di setting....hehehe....

2. jika pak asror benar2 membutuhkan solusi atas masalah ini;
a. mungkin bisa dijawab notes dari mod dibawah
b. cara mudah lainnya adalah
- backup data-data penting
- instal ulang windows .. instal office dll

maaf kalau tidak membantu

> [...]
> Jadi bener-bener BELUM SEMPAT memberi info:
> * Regional Settingnya dan
> * ada/tidak adanya Personal-Workbook berisi makro.

iHaps
anak-anak ini baru ditinggal masak sebentar kok sudah pada berisik
ada apa sih.. ??
apa kueh-kueh dari bu Hapsah sudah habis, nak.. ??

mbok ya gini saja.. dicoba dulu
buka *Excel Option > Tab Advance*
lihat di  Seksi *Editing Option*
lihat lebih teliti di *CheckBox  "Atomatically Insert 1 Decimal Point"*

Jangan jangan* ada Contrengannya dan diberi nilai, misal  3*
Ya jelas saja 1000 menjadi 1 lhawong  langsung dianggap 1.*000*
[image: Inline image 1]

Otomatis memang enak, tapi kalau salah setting (ndak tahu siapa yg
mengubah)
bisa-bisa bingun sendiri...

*- indri Haps -*

desimal point.PNG (76K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

Aliif Akbar
Pagi Mbak Indri,
Terimakasih informasinya, besok saya coba di kantor, karena sekarang lgi libur kantornya,
Btw, kuenya uda abis nee, :D

Asror

From: i Haps <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Sun, 25 Mar 2012 02:31:12
To: <[hidden email]>

> [...]

> Jadi bener-bener BELUM SEMPAT memberi info:
> * Regional Settingnya dan
> * ada/tidak adanya Personal-Workbook berisi makro.

Yan Novianto
Saya bukan Pakar Excel…tapi kalo saya boleh ikutan nimbrung ya

Kalo saya lihat mengapa mas Asror terpaksa menulis seperti di bawah ini

Sebenarnya mas Asror ingin menulis nya adalah 1000 karena di computer tidak diperkenankan untuk nulis 1 maka dengan terpaksa di tulis 1.000 (seribu) untuk menggantikan angka 1000 yang harus di tulis oleh mas Asror.

Mungkin bisa di coba cek di auto correction excelnya mas

Kalo di sini ada seperti ini maka untuk menulis angka 1000 pasti akan kesulitan, sedangkan kalo nulis angka 1 , 100, 10000, saya yakin tidak bermasalah coba di delete saja auto correction nya kalo memang di temukan di computer yang di pake

Karena saat saya praktek, nulis 1000 juga ngga bisa walaupun di outlook yang saya pake J

Setelah di hapus dan di buka ulang kelihatannya aman saja.
Semoga membantu

Salam
Yan Novianto

Terimakasih informasinya, besok saya coba di kantor, karena sekarang lgi libur kantornya,
Btw, kuenya uda abis nee, :D

Asror

image002.png (1K) Download Attachment
image008.jpg (27K) Download Attachment
image009.jpg (44K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

Yan Novianto
Maaf ya om MOMOD,

Saya sebenarnya sudah urun rembug lewat outlook, tp kok ngga masuk masuk ya?
Atau memang begitu harus nunggu lamaaaa baru masuk ya :) atau di cancel karena kurang benar :)

Langsung saja,
Kalo saya melihat mengapa mas Asror menuliskan di milis angka 1.000 pake tanda "." (Titik) tidak lain dan tidak bukan adalah karena memang di komputer itu sudah tidak di perbolehkan menuliskan angka 1000,
Sehingga untuk mensiasati menulis 1000 menjadi 1.000
Sedangkan kalo menuliskan angka
1
10
100
10000
Tidak bermaslah
(bener kan mas Asror ? *ASBAK alias asal tebak hehehe)

Coba di cek di Excel Option, Proofing, masuk di AutoCorrect Option
Coba di ketik dikotak bagian (replace) angka 1000 ada muncul ngga di bagian (with) angka 1 ?
Kalo memang ada...ya segelahlah mengambil langkah untuk men-delete auto correct tersebut agar masalahnya tidak berlarut larut hehehe

Ini sekedar salah satu kemungkinan saja jika memang ada auto correct yg demikian,
Kalo ngga ada, ya mungkin ada rekan be excel yg masih ada pendapat lain

Salam
Yanov

Terimakasih informasinya, besok saya coba di kantor, karena sekarang lgi libur kantornya,
Btw, kuenya uda abis nee, :D
Asror

Re: [belajar-excel] BBM group : Nulis 1000 jadi 1,

Dj4w1rt
Dear My bro alif,

itu terjadi di 1 sheet atau all sheet

kalo di all sheet, coba kamu cek add-ins excel, active application add-ins ada yang aktif ga

kalo ada coba kamu hilangkan, mungkin application tersebut yang membuat seperti itu

kalo cara diatas tidak bisa juga

coba kamu hilangkan cek list seperti gambar dibawah ini

ok selamat di coba ya

Best Regards

Djawirt