Quantcast

[belajar-excel] Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

[belajar-excel] Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

ivan budiman
Selamat siang,
Mohon bantuannya bagaimana memisahkan nama dan angka seperti data di attachment.
misal data di attachment untuk baris pertama dari observasi sbb

daus 5 5 4 5 4 4 4 4 3 4 4 4

Nah nama dan angka2 di atas berada dalam 1 cell. Bagaimana caranya agar outputnya menjadi per nama n huruf masing2 per cell sbb :

Mohon bantuannya.
Terima kasih atas bantuannya

Regards,
M I B

- thankfulness -

[belajar-excel] Re: Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

ivan budiman
Maaf attachment tertinggal. Trus hasil prinscreen tidak nampak ya?
Hasil yang diinginkan juga saya masukan dalam attachment.
Bagaimana cara memisahkannya agar tidak dilakukan manual ya?

Terima kasih.

Regards,
M I B

- thankfulness -

________________________________

Data.xlsx (15K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

dChoosen1
Semangat pagi,

Mungkin bila karakter pemisahnya spasi
bisa menggunakan Text to column yang ada di tab Data

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Salam Excell-ent

On 14/07/2013 14:50, ivan budiman wrote:

> [...]
> M I B
>
> - thankfulness -

Re: [belajar-excel] Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

Maaf pak hendrik.. Agak kurang mengerti. Tadi saya tampilkan attachmentnya pak.
Hatur nuhun.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

> [...]

> Nah nama dan angka2 di atas berada dalam 1 cell. Bagaimana caranya
> agar outputnya menjadi per nama n huruf masing2 per cell sbb :

Re: [belajar-excel] Re: Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

Coba :
di H3 diberi formula : (ambil nama -> dari kiri sebanyak jumlah karakter
data tanpa karakter-karakter angka)
=LEFT(B3,LEN(B3)-24)

di i3 diberi formula : (ambil angka dibelakang data nama berdasar jumlah
kolom sejak nama)
=MID($B3,LEN($B3)-24+2*COLUMNS($H3:H3),2)*1
copy ke kanan (kolom angka lainnya) sampai T3.

kemudian copy formula h3:t3 ke baris dibawahnya

Jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, ganti seluruh
karakter koma dalam formula menjadi karakter titik dua.

2013/7/14 ivan budiman <[hidden email]>

> [...]
> Hasil yang diinginkan juga saya masukan dalam attachment.
> Bagaimana cara memisahkannya agar tidak dilakukan manual ya?

Terima ksh Mr. Kid.
Akan saya coba ya Mr.

> [...]

> Hasil yang diinginkan juga saya masukan dalam attachment.
> Bagaimana cara memisahkannya agar tidak dilakukan manual ya?

Trs: [belajar-excel] Re: Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

riki.tenardi2011
Mr.Kid

Bagaimana kalau datanya tidak konsisten -24
contoh

Daus 5 5 4 5 4 4 4 4 3 4 4 4

Riza 4 4 4 5 3 3 3 5 3 4 4 4

Riki 1 2 3 4 5 6 7 8 --> apakah di h3bisa juga pake formula ini ? =LEFT(B3,LEN(B3)-24)

soalnya saya dapat kasus yang penomorannya berbeda-beda

Terimakasih

Judul: Re: [belajar-excel] Re: Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

From:  "Mr. Kid" <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Sun, 14 Jul 2013 15:34:57 +0700
To: BeExcel<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>Hasil yang diinginkan juga saya masukan dalam attachment.
>Bagaimana cara memisahkannya agar tidak dilakukan manual ya?

Oh gitu,
coba
di H3 :
> array formula (akhiri menekan CTRL SHIFT ENTER)
=LEFT($B3,MATCH(1,1*ISNUMBER(1*MID($B3,ROW($1:$99),1)),0)-2)
> jika tidak ingin array formula, coba formula H3 :
=LEFT($B3,MATCH(1,*Index(*1*ISNUMBER(1*MID($B3,ROW($1:$99),1))*,0)*,0)-2)

di i3 : (bukan array formula)
=IFERROR(1*MID(SUBSTITUTE($B3,$H3,""),COLUMNS($H3:H3)*2,1),"")
lalu copy sampai T3

Kemudian copy H3:T3 ke record lainnya

Jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, ganti seluruh
karakter koma dengan karakter titik koma

2013/7/14 Riki Tenardi <[hidden email]>

> [...]
> =LEFT(B3,LEN(B3)-24)
>
> soalnya saya dapat kasus yang penomorannya berbeda-beda

Kalau pake bahasa manusianya gimana ya tuh Mr.Kid

sedikit perubahan aja bisa membuat formulanya makin banyak ya.

Terimakasih

> [...]

di i3 : (bukan array formula)

=IFERROR(1*MID(SUBSTITUTE($B3,$H3,""),COLUMNS($H3:H3)*2,1),"")

Jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, ganti seluruh karakter koma dengan karakter titik koma

> [...]

>Riki 1 2 3 4 5 6 7 8 --> apakah di h3bisa juga pake formula ini ? =LEFT(B3,LEN(B3)-24)
>

>soalnya saya dapat kasus yang penomorannya berbeda-beda

Bahasa manusianya ya...

*yang H3 :*
=LEFT($B3,MATCH(1,1*ISNUMBER(1*MID($B3,ROW($1:$99),1)),0)-2)
"cel, ambilkan potongan teks dari sisi kirinya [LEFT] si data di b3
sebanyak hasil ditemukannya angka pertama [Match] dikurangi 2 karakter
supaya dapet teks terakhir namanya"
Jadi, fungsi Left untuk ambil potongan teksnya
fungsi Match untuk menentukan posisi karakter yang berupa angka pertama
dikurangi 2 dari posisi angka pertama supaya bisa mendapatkan karakter
terakhir dari nama.

Kegiatan match-nya dilakukan dengan mencari angka 1 dari suatu larik data
(array) yang berupa angka 1 atau 0 dimana angka 0 berarti karakternya bukan
angka karena hasil midnya error value, sedangkan 1 berarti karakter
tersebut adalah angka.
Setiap karakter dicek atu per atu [bagian ,1 dalam fungsi Mid] oleh si
fungsi Mid, yaitu dari karakter ke-1 sampai ke-99 [bagian Row(1:99)].
Kalau karakter tersebut angka, maka bisa dikali 1 [bagian 1* persis didepan
Mid]
kalau karakter tersebut bukan angka, bakal error kalau dikali 1.
Hasil perkalian 1 ini di cek hasilnya oleh IsNumber. Kalau hasilnya error
akibat karakter bukan angka, maka hasil IsNumber adalah FALSE.
Kalau hasil kali karakter adalah angka, si IsNumber hasilnya TRUE.
Hasil IsNumber kalau di kali 1, maka akan mengkonversi TRUE menjadi 1 dan
FALSE menjadi 0.
Maka akan didapat larik (array) berisi 1 atau 0 sebanyak 99 elemen [akibat
bagian row(1:99)]

*yang i3 :*
=IFERROR(1*MID(SUBSTITUTE($B3,$H3,""),COLUMNS($H3:H3)*2,1),"")
"cel, hilangkan dong tulisan yang sama dengan isi h3 yang ada di B3, supaya
dapet teks isinya angka doang. Setelah itu, ambil teks hasilnya mulai dari
karakter yang nomornya sesuai dengan jumlah kolom dari h3 yang tetap sampai
h3 yang bisa bergerak yang dikali 2. Cuma ambil satu karakter saja ya.
terus dikonversi jadi angka. Kalau gak bisa, isi aja dengan nullstring"

Bagian :
Substitute digunakan untuk mendapatkan teks data yang tanpa nama lagi
Columns($h3:h3) untuk menghitung item angka yang akan diambil.
*2 supaya didapatkan posisi karakter angka yang akan diambil
,1 adalah jumlah karakter yang akan diambil
Mid yang bertugas mengambil teks hasil substitute dari hasil columns yang
dikali 2 sebanyak 1 karakter
1* bertugas untuk mengkonversi tipedata karakter angka agar menjadi bertipe
numerik
IFError sebagai antisipasi kalau ternyata si 1* gagal mengkonversi dan
malah timbul error value, akan diganti si error value menjadi nullstring ""

> [...]

> Kalau pake bahasa manusianya gimana ya tuh Mr.Kid
>
> sedikit perubahan aja bisa membuat formulanya makin banyak ya.

Dear Mr. Kid

Saya sudah coba untuk formula yang =LEFT($B3,MATCH(1,1*ISNUMBER(1*MID($B3,ROW($1:$99),1)),0)-2)
akan tetapi hasilnya #N/A.
Untuk formula yang =IFERROR(1*MID(SUBSTITUTE($B3,$H3,""),COLUMNS($H3:H3)*2,1),"") sudah saya coba berhasil, dengan catatan h3 nya harus terisi nama daus dulu (saya coba ketik namanya manual, krn formula untuk di H3 #N/A)

Terlampir hasilnya.
Apa saya ada yang salah ya dalam menggunakan formulanya?
Mohon bantuannya

M I B

- thankfulness -

________________________________
> [...]

>Kalau pake bahasa manusianya gimana ya tuh Mr.Kid
>

>sedikit perubahan aja bisa membuat formulanya makin banyak ya.

Data hasil.xlsx (16K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Re: Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

ghozi alkatiri
nimbrung dikit
saya coba tawarkan formula tunggal berlaku untuk seluruh kolom sejak awal kolom dengan formula biasa, (bukan array)
tulis formula pertama di H3
=IF(COLUMN(A$1)=1;LEFT($B3;FIND(" ";$B3));MID(SUBSTITUTE(SUBSTITUTE($B3;LEFT($B3;FIND(" ";$B3)););" ";);COLUMN(A$1)-1;1))

copy ke kanan dan ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________

> [...]

>Kalau pake bahasa manusianya gimana ya tuh Mr.Kid
>

>sedikit perubahan aja bisa membuat formulanya makin banyak ya.

ghozi 21072013 memisahkan nama dan nomer.xlsx (18K) Download Attachment

Re: Bls: [belajar-excel] Re: Bagaimana Memisahkan Nama dan Angka

lapendosol opik
Numpang ngoreksi mas Ghozi maaf,
Sepertinya rumus yang dipakai tidak berlaku untuk nama yang lebih dari 1 kata (dipisahkan spasi), saya coba kebawah ada beberapa nama ikutan kepisah jadi beberapa cell mas. Contoh data dari B13, B16,17,18 dll.
Hehehe. Saya coba ganti FIND " " dengan IsNumber tapi hasilnya #NAME? dan #VALUE!

________________________________

> [...]

>Kalau pake bahasa manusianya gimana ya tuh Mr.Kid
>

>sedikit perubahan aja bisa membuat formulanya makin banyak ya.

Pak Ivan,

di H3 :
> *array formula* (akhiri menekan *CTRL SHIFT ENTER*)   -> artinya, selesai
menulis formula, tekan *CTRL SHIFT ENTER*
*=LEFT($B3,MATCH(1,1*ISNUMBER(1*MID($B3,ROW($1:$99),1)),0)-2)*

> jika* tidak ingin **array formula*, coba formula H3 :                 ->
artinya, selesai menulis formula, tekan *ENTER*

2013/7/21 ivan budiman <[hidden email]>

> [...]
> ketik namanya manual, krn formula untuk di H3 #N/A)
>
> Terlampir hasilnya.
> Apa saya ada yang salah ya dalam menggunakan formulanya?

Yess, It Works !!!
Terima kasih Mr. Kid..
Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankan :)

Regards,
M I B

- thankfulness -

> [...]

=LEFT($B3,MATCH(1,Index(1*ISNUMBER(1*MID($B3,ROW($1:$99),1)),0),0)-2)

dii3 : (bukanarray formula)                                                         -> artinya, selesai menulis formula, tekan ENTER