[belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

[belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

Heru Safrudin
Dear Master,

Saya ingin memberi tampilan pada form dengan tombol Next dan Previous
Nah sekarang bagaimana command untuk menampilkan current record tersebut ?

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Heru Safrudin

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: [hidden email]

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  [hidden email]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

Miss Jan Raisin
Wa'alaikumsalam wr. wb.,

Asumsi: tombol Next dan Previous menggunakan Spin Button, dan Current
Record ditampilkan di Label

maka untuk menampilkan posisi record bisa memanfaatkan event change milik
spin button tersebut

spinbutton1.value = ambil_posisi_recordnya
label1.caption = spinbutton1.value

secara default nilai minimal spin button adalah nol dan nilai maksimal
adalah 100, tetapi nilai ini bisa diubah.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 7 Februari 2013 14.54, Heru Safrudin <[hidden email]> menulis:

> [...]
> Groups Links

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

Yth, Miss Jan, terima kasih infonya

Maksud saya posisi record di database, bukan nilai suatu kontrol
Misal kita klik tombol Next, tombol Next mengerjakan rs.movenext....
nah perintah next tadi pindah ke posisi record ke berapa ?
baru ditampilkan di label1.caption

Begitu

Pada tanggal 07/02/13, Jan Raisin <[hidden email]> menulis:

> [...]

<*> To change settings via email:

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

Coba langkah berikut :
1. deklarasikan variabel nomor record (misal lRec) pada level modul (bukan
dalam prosedur) dengan scope public
2. deklarasikan juga koneksi db dan recordset db pada level modul dengan
scope public
3. susun prosedur untuk tutup db yang isinya menutup recordset dan buang
object recordset, tutup koneksi dan buang object koneksi
4. buat prosedur untuk buka koneksi dan susun recordset. Awali dengan
memanggil prosedur menutup db (nomor 3) sebelum membuat koneksi dan susun
recordset. Kemudian set lrec adalah 1 dan lakukan movefirst pada recordset
5. susun prosedur untuk lompat ke record pertama yang isinya movefirst
dengan syarat jika lrec lebih dari 1. Set nilai lrec menjadi 1 setelah
melakukan movefirst pada record set
6. susun prosedur untuk lompat ke record terakhir (movelast) ketika lrec
belum mencapai jumlah record dan set lrec menjadi jumlah record setelah
movelast
7. susun prosedur untuk lompat ke record berikut (movenext) ketika lrec
belum mencapai jumlah record dan set lrec bertambah 1 setelah movenext
8. susub prosedur untuk lompat ke record sebelum (moveprevious) ketika lrec
lebih dari 1 dan set lrec berkurang 1 setelah moveprevious
9. susun prosedur untuk baca record dan menulis ke object penampilan data
10. ubah seluruh prosedur yang bertugas untuk meng-query ulang agar selalu
memanggil prosedur nomor 4.
11. susun prosedur menuju record tertentu yang berisi proses buka db
(panggil nomor 4) dilanjutkan loop berisi movenext sampai lrec bernilai
sama dengan yang diinginkan.

2013/2/8 Heru Safrudin <[hidden email]>

> [...]
> Groups Links

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

Ok. lalu bagaimana kalo kita mau loncat ke record tertentu, misal dari
posisi 1 loncat ke record 20, bagaimana syntax perintahnya ?

Pada tanggal 08/02/13, Mr. Kid <[hidden email]> menulis:

> [...]

<*> To change settings via email:

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

Yang nomor 11 kan...

asumsi
1. sudah ada variabel lrec,recordset (misal rs), dan koneksi (misal con)
2. sudah ada prosedur buka db dan susun recordset, serta set lrec=1 dengan
rs diletakkan pada record pertama (movefirst) bernama BukaDB
3. sudah ada prosedur pasang nilai record ke object tampilan (range,
control, dsb) bernama Tampilkan

prosedur ke lokasi tertentu
public sub GotoRecord( lTujuan as long )
     dim lLoop as long
     bukadb
     do while lrec<ltujuan
            lrec=lrec+1
            rs.movenext
     loop
end sub

pada event milik interface untuk menuju record tertentu diisi :
GotoRecord 20 'jika akan menuju record 20 [ganti nilai sesuai kebutuhan]
Tampilkan

> [...]

> Groups Links

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

Cara lain pakai methods Move milik record set
public sub GotoRecord( lTujuan as long )
     rs.move ltujuan-lrec
end sub

sekarang tinggal pilih.

2013/2/8 Mr. Kid <[hidden email]>

> [...]
> Tampilkan

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

Ternyata...................

Public Sub GotoRecord(lTujuan As Long)
    rs.MoveFirst
    rs.Move lTujuan - 1
End Sub

gitu aja cukup ya.....
Alhamdulillaah...  Thanks Mr.

> [...]

> sekarang tinggal pilih.

>>> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :

وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Heru Safrudin

Re: [belajar-excel] Bagaimana cara menampilkan posisi record sekarang

hehehe...
begitulah kira-kiranya.

Prosedur untuk menuju record tertentu bisa dengan :
Public Sub GotoRecord(lTujuan As Long)
rs.MoveFirst
rs.Move lTujuan - 1
End Sub