Quantcast

[belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

12

[belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Teti Zhe
Dear master Excel,,
Saya punya data responden pada sheet yang berbeda (terlampir).

Sheet 1 (dbase_Children) memiliki relasi dengan sheet 2 (dbase_Parents) yakni pada kolom 'Nama orang tua' .

Apakah memungkinkan jika di sheet 1 (dbase_Children) dibuat link dengan sheet 2 (dbase_Parents) dimana masing-masing data anak terhubung dengan data orang tuanya masing2.. sehingga ketika meng-klik data 'Nama orang tua' di sheet 1 (dbase_Children) akan bisa mengakses data orang tua dimaksud pada sheet 2 (dbase_Parents).

Jika memungkinkan, bagaimana caranya ?

Atau ada ide lain sehingga data masing-masing orang tua tersebut tetap bisa langsung diakses dari sheet 1 (dbase_Children) sesuai dengan nama dari orang tua si anak masing-masing?

Terimakasih banyak sebelumnya ...

Salam,
Teti.

DataResponden.xlsx (18K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Hai Teti,

Pada sheet parents :
Coba pada kolom i record pertama diberi array formula berikut : (tulis
formula dan jangan tekan Enter, tetapi tekan CTRL   SHIFT   ENTER bersamaan)
=IFERROR(INDEX(Table3[Name],SMALL(IF((Table3[Nama Orang
Tua]=$D4)*(Table3[Village]=$C4),Table3[No]),COLUMN()-COLUMN(dbase_Parents!$H$3))),"")
kemudian copy ke kolom lain.

Lakukan juga untuk sheet children dengan fungsi vlookup (kecuali jika orang
tua bisa lebih dari 1, maka gunakan array formula di atas dengan
menyesuaikan rujukan range-nya).

2012/8/9 Teti Zhe <[hidden email]>

> [...]
> Teti.

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Hi Mr. Kid,
Thanks untuk pencerahannya,
Saya masih pemula benar dengan excel,, tadi maksudnya penulisan formulanya di kolom mana? saya coba menuliskan formula tersebut pada dbase_Parents di kolom 'Name' record pertama
tapi koq setelah tekan CTRL   SHIFT   ENTER, muncul pesan 'Multi-cel array formulas are not allowed in tables' ?

Mohon maaf jk merepotkan,, tapi saya pengen banget belajar ini.. makasih banyak sebelumnya...

Salam,
Teti.

________________________________
> [...]

>Teti.

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Klik cell I4 (hanya cell ini saja)
tulis formulanya dan *jangan *tekan ENTER
tapi tekan tombol-tombol ini bersamaan :
CTRL       SHIFT        ENTER

> [...]

> formulas are not allowed in tables' ?
>
> Mohon maaf jk merepotkan,, tapi saya pengen banget belajar ini.. makasih

Dear Mr. Kid,
Thanks untuk balasannya,, uda berhasil..
Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??
Makasih banyak sebelumnya ...

Salam,
Teti.

________________________________
> [...]

>Mohon maaf jk merepotkan,, tapi saya pengen banget belajar ini.. makasih banyak sebelumnya...

Oh begitu ya...
Mungkin butuh VBA kali ya...
Tapi,
pada kondisi data yang banyak kolom dan banyak baris tidak berurutan,
maksud dari kata '*akses*' dalam kalimat ini bagaimana :
bisa meng*akses* data orang tua dimaksud pada sheet 2 (dbase_Parents) ."
sesuai dengan nama dari orang tua si anak masing-masing?"

Coba sertakan contoh kerja manualnya yang runut ceritanya, misal

2012/8/11 Teti Zhe <[hidden email]>

> [...]
> kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya
> pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu

Maksud saya dengan kata 'akses' nya : display / menampilkan / menunjukkan record (baris) dimana data ortu itu ada pada dbase Parents ketika 'nama orang tua' pada dbase Children nya di klik gitu.. jadi (dalam pikiran saya) kalo di klik 'nama orang tua' pada db Children, sheet dbase parentsnya kebuka dan langsung tertuju pada data orang tua yang dimaksud..

kira2 itu memungkinkan gak ya? Makasih sebelumnya banyak2 Mr. Kid...

Salam,
Teti.

________________________________
> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

hendrik karnadi
Coba ikutan jawab belum terlambat kan ?

Mungkin yang anda maksud seperti ini (memanfaatkan Worksheet_BeforeDoubleClick Event)

Coba double-click di salah satu nama orang tua pada dbase_Children maka akan ditampilkan record (baris) dimana data ortu itu ada pada dbase_Parents.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

DataResponden.xlsm (29K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Yayat Ply
Salam kenal dan slamat idul fitri ukt milis belajar excel.
Sy trtarik dgn topik yg sdang dibahas ini. Mohon bantuanx dijelaskan cara membuatx gmana. Dmikian trima kasih sebelumnya.
Powered by Telkomsel BlackBerry®

> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

Cara membuat dan penejelasannya adalah sbb:
1, Buat Macro pada VBAProject module1 untuk mencari record (baris) tertentu pada dbase_Parents. Maconya adalah sbb:

    Sub Cari()
        Dim a As String
        a = ActiveCell.Value
        Sheets("dbase_parents").Select
        On Error GoTo PESAN:
        Cells.Find(What:=a, After:=Range("D3"), LookIn:=xlValues, _
            LookAt:=xlWhole, SearchOrder:=xlByRows, SearchDirection:=xlNext, _
            MatchCase:=False, SearchFormat:=False).Activate
        Selection.EntireRow.Select
    Exit Sub
    PESAN:
        MsgBox "DATA TIDAK ADA"
    End Sub

Macro ini akan menyimpan nilai yang kita tunjuk ke dalam variabel a (lihat code a = ActiveCell.Value).
Kemudian kita men select Sheet dbase_Parents (lihat code Sheets("dbase_parents").Select) untuk mencari nilai a tsb
(lihat code Cell.Find(What:=a,........Activate; code ini adalah hasil rekaman dari Ctrl Find yang telah dimodifikasi).
Jika ditemukan maka baris yang berisi nama tsb akan diselect( lihat code Selection.EntireRow.Select).
Jika tidak ditemukan (lihat code On Error GoTo PESAN:) maka tampilkan PESAN (lihat code PESAN:
"MsgBox "DATA TIDAK ADA").

2. Buat Macro pada VBAProject Sheet1(dbase_children) untuk memanggil macro pada point1.Macronya adalah sbb:
    Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As Boolean)
        If Target.Column = 6 Then
            If Target.Count = 1 Then
                Call Cari

        JIka kita mengklik dua kali (double-click) pada kolom 6 (lihat code If Target.Column = 6 Then)pada suatu sel tertentu (liha code If Target.Count = 1 Then)
        maka jalankan macro Cari (lihat code Call Cari)

Semoga penjelasan ini cukup jelas.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

From:  hendrik karnadi <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Tue, 21 Aug 2012 11:08:21 -0700 (PDT)
To: [hidden email]<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

Terima kasih pak Hendrik Karndi.
Nanti saya akan pelajari.

From:  hendrik karnadi <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Tue, 21 Aug 2012 11:08:21 -0700 (PDT)
To: [hidden email]<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

Dear Mr. Hendrik,,
Iya , itu maksud saya,, :) trims untuk klarifikasinya,, tapi omong-omong boleh share dunk cara nya heheh
mkasih bnyak sebelumnya.

Salam,
Teti.

________________________________

From:  hendrik karnadi <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Tue, 21 Aug 2012 11:08:21 -0700 (PDT)
To: [hidden email]<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

Makasihhh... semoga bisa ntar kalo saya buat..

Salam,
Teti.

________________________________

From:  hendrik karnadi <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Tue, 21 Aug 2012 11:08:21 -0700 (PDT)
To: [hidden email]<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

Sama2.
Kebetulan, kemarin ada yang menanyakan mengenai cara "membuat"nya dan telah saya jawab melalui milis ini juga.

Coba dipelajari, kalau ada yang belum jelas boleh ditanyakan lagi.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

From:  hendrik karnadi <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Tue, 21 Aug 2012 11:08:21 -0700 (PDT)
To: [hidden email]<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

Halo Mas,,
Saya uda coba ikutin langkahnya dan saya masih belum berhasil,, ada error nya (printscreen nya terlampir)
di bagian mana nya saya salah?
Trims,,

Salam,
Teti.

________________________________

From:  hendrik karnadi <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Tue, 21 Aug 2012 11:08:21 -0700 (PDT)
To: [hidden email]<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

Dear Teti,
Lampirannya koq ga ada ?

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

From:  hendrik karnadi <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Tue, 21 Aug 2012 11:08:21 -0700 (PDT)
To: [hidden email]<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>Namun, link yang dalam pikiran saya itu sebenarnya pengennya fungsinya seperti hyperlink, jadi ketika di klik nama orang tua di dbase children, data (record) ttg orang tua di dbase parents akan terbuka.. karena tiap record orang tua itu memuat banyak info yang belum sempat saya isi di kolom2 excel nya, nanti ada sekitar 43 kolom per record, makanya saya pengen fungsi link itu seperti fungsi hyperlink,, kira2 apakah itu memungkinkan ya??

eh iyaa,, maaf kelupaan ng-upload :D
ini dia (terlampir)
Mkasih bnyk sblmnya yaaa

Salam,
Teti.

________________________________

view1.png (324K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

hendrik karnadi
Coba cek Macro pada Module1, apakah sama dengan di bawah ini:

[...]

catatan: saya lampirkan lagi filenya yang ada macro tsb di atas

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Teti Zhe
Makasih Mas atas pencerahannya dan juga untuk kiriman kembali file+macro nya ,,
btw, mohon maaf sebelumnya saya masih pemula di excel,, boleh kah minta tolong penjelasan fungsi macro itu berguna untuk apa saja? dan langkah membuatnya (khususnya macro di file ini)? waktu aktifin VBA projectnya mesti select sheet yang akan dibuat macronya atau gimana? maaf jika merepotkan terus.. hanya ingin belajar lebih banyak ttg excel :) makasih....

Salam,
Teti.

________________________________

Re: [belajar-excel] Sekilas mengenai macro

hendrik karnadi
Dear Teti,

Untuk memperdalam ilmu permacroan tentunya harus banyak baca buku, search di internet dan uji coba.
Macro, seperti program pada umumnya, bertujuan mengotomatisasi pekerjaan yag berulang, melakukan pekerjaan tertentu seperti mencari, mengcopy, menjumlahkan dan lain2 secara otomatis.

Untuk membuat macro bisa dengan cara merekam atau menulis sendiri programnya pada tempat yang disediakan (dengan menekan tombol Alt F11), bisa ditulis pada "Object" Sheet, Workbook atau Module dan dapat bersifat khusus (Private Sub), Umum (Public Sub atau Sub saja) dan Function (sering disingkat UDF atau User Defined Function); Function ditulis pada Module dan tidak bisa dibuat dengan cara merekam.

Untuk mengatifkan atau "menjalankan" Macro a.l. bisa pake tombol, melalui menu View Macros (Excel 2007 ke atas), dengan menekan tombol Alt F8, dengan melakukan perubahan atau memindahkan sel pada Worksheet, dengan double klik pada Worksheet.

Untuk lebih jelasnya silakan baca buku berjudul "Tingkatkan Kinerja Ecxcel 2007-2010 Anda dengan VBA Excel".
Selain pengertian, tujuan dan cara membuat macro, di dalam buku ini juga diberikan contoh2 aplikasi yang berasal dari milis ini (tentunya sdh minta ijin sama para pakar yang memberikan jawaban).

Buku ini hanya suatu permulaan, dengan harapan para pakar dapat melanjutkannya.

Salam,
Hendrik Karnadi