Quantcast

[belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

12

Re: [belajar-excel] Sekilas mengenai macro

Kamirin Faqoth
Dear Para Master,

Mohon bantuannya untuk mengajarkan sy mengenai Fungsi macro ini. Rumus logika, vlookup, pivot sy sudah faham, hanya saja kurang lengkap jika belum menguasai fungsi makro, mohon di share ke email saya langkah awal membuat makro, berikut contoh & penjelasannya, karna sy ingin mengolah data saya agar lebih simple & otomatis dengan fungsi macro tsb.

Salam kenal,
Jaka
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Teti Zhe
Dear Mas Hendrik,
Thanks untuk pencerahannya,,

Boleh nanya, di line 6 itu   :

     Cells.Find(What:=a, After:=Range("D3"), LookIn:=xlValues, _

apakah maksud dari After:=Range("D3") ? apakahitumenandakan kolom D pada baris ke 4 pada sheet dbase_Parents?

Oya, jika macro nya saya modifikasi sesuai kebutuhan tapi koq malah error gitu seperti printscreen ini (terlampir , 'invalid outside procedure')..kira2 agar sukses saat run nya perlu diubah dimana ya Mas?

Makasih sebelumnya ,,,

Salam,
Teti.

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

hendrik karnadi
Jawaban atas pertanyaan 1 ; Ya

'invalid outside procedure' karena ada "Module1" nyasar ke bagian Code.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Teti Zhe
trus gimana cara perbaikinya?
Mkasih,,,...

Salam,
Teti.

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

hendrik karnadi
ya, hapus saja kata "Module1" pada bagian programnya.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Teti Zhe
:D hehehe,, was so easy.... finally berhasil jugaaa.....
Mkasih bnyk2 Mas uda banyak membantu bangetttt...

Salam,
Teti.

________________________________

Re: [belajar-excel] Sekilas mengenai macro

Dear Pak Jaka,
Saya yakin banyak rekan Be-excel yang mau membantu untuk memenuhi keinginan Bapak. Masalahnya macro begitu luasnya sehingga tidak mungkin dapat dishare melalui email walaupun hanya langkah awalnya.

Untuk itu saya coba berbagi sedikit pengalaman mengenai bagaimana saya belajar macro karena sampai saat inipun saya masih belajar.

Langkah2nya adalah sbb:
- Awalnya ada suatu kebutuhan atau tujuan mengapa saya harus belajar macro (Niat).
  mis. untuk mencetak PPh 1721A1 sebanyak 1800 lembar dalam waktu 1 minggu tanpa salah, memecahkan masalah selisih stock yang selalu terjadi setiap bulan, membuat laporan keuangan secara cepat dan akurat dalam 1 minggu, dll.
- Niat tsb membawa saya ke toko buku untuk mencari topik2 mengenai macro.
- Saya baca buku2 tsb kemudian mencobanya, salah, coba lagi, tanya sana sini, coba lagi dstnya termasuk searching dari internet (Semangat).
- Saya coba aktif di milis Be-Excel dan milis tetangga. Setiap milis yang masuk saya akan lihat, analisa dan simpan topik2 yang mungkin akan diperlukan pada saatnya nanti. Saya juga coba menjawab semampu saya, karena untuk menjawab satu kasus kadang saya harus buka2 lagi file2 lama dan butuh beberapa hari untuk menjawab masalah yang ditanyakan (Kerja keras). Dari sini saya dapat tambahan pengetahuan.

Ketiga huruf tebal tsb adalah tips yang diberikan oleh Pak Ciputra dalam suatu talk show.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

From:  hendrik karnadi <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Mon, 27 Aug 2012 21:37:52 -0700 (PDT)
To: [hidden email]<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

[...]

Dear Pa Hendrik,

Terima kasih atas masukannya,
Sy pemula yang ingin belajar macro, sy tidak tau dasar2 awal pembuatannya, tp sy sering mendapat email laporan yang sudah jadi yang menggunakan fungsi macro, maka dari situlah sy bertekad ingin menguasai fungsi macro, jika ada rekan2 master  yang mempunyai contoh dasar atau contoh sederhana dalam bentuk file berikut penjelasannya, mohon di share ke email sy, sbg bekal awal sy belajar macro.

semoga bermanfaat bagi sy & rekan2 pemula lainnya.

Thanks,
Jaka
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

--- Mods ---
Coba jalan-jalan ke milis site (butuh YahooID), ke folder files :

Silakan unduh file yang diinginkan.
Salah satu file tentang VBA :
ctv_VBA Excel At a Glance.zip

Beberapa link tutorial VBA dirangkum dalam file :
Daftar links tutorial Excel-VBA (v2).xls

Mampir-mampirlah ke website milis (butuh YahooID)

-------------

Re: [belajar-excel] Sekilas mengenai macro

hendrik karnadi
Kebetulan saya masih nyimpan warisan dari Mbak Siti
File terlampir.

Salam,

Hendrik Karnadi

________________________________

VBA EXCEL at a Glance.htm (131K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Sekilas mengenai macro

Teti Zhe
Trimakasih bnyak Mas,,
ini juga sangat membantu...

Salam,
Teti.

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Teti Zhe
Dear Pak Hendrik,,
Mohon maaf nanya lagi ini... Apakah makro ini bisa digunakan untuk workbook yang berbeda? Misalnya dbase_Parents pada workbook1 dan dbase_Children berada pada workbook2 ? apakah ada yang harus diubah statement makro nya? Boleh kah minta tolong penjelasannya?
Trimakasih banyak sebelumnya ..

Salam,
Teti.

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Coba file terlampir.
Bisa dimulai dari Parents mencari Children ataupun sebaliknya.

re-DataResponden.zip (54K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Dear Teti,

Maaf, terlambat menjawab.

File terlampir diekstrak dulu ke salah satu Folder (mis D:). agar file (workbook) dbase_Parents dan dbase_Children berada dalam satu Folder.
Macronya akan menjadi seperti ini:
Sub Cari()
    Dim a As String
    a = ActiveCell.Value
   Path = ThisWorkbook.Path & "\"
    Workbooks.Open Filename:=Path & "DataResponden_P"
[...]

Catatan: Jawaban Mr. Kid atas masalah ini jauh lebih sempurna karena bisa PP (anak ortu, ortu anak)

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Teti Zhe
Makasih Pak...

Salam,
Teti.

Re: [belajar-excel] Bagaimana membuat link/relasi antar record dengan sheet yang berbeda?

Teti Zhe
Makasih Mr. Kid...

Salam,
Teti.

> [...]

>Mohon maaf nanya lagi ini... Apakah makro ini bisa digunakan untuk workbook yang berbeda? Misalnya dbase_Parents pada workbook1 dan dbase_Children berada pada workbook2 ? apakah ada yang harus diubah statement makro nya? Boleh kah minta tolong penjelasannya?

12