Quantcast

[belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

[belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

Teti Zhe
Dear Master Excel,

Saya mempunyai data penelitian (berbentuk tabel)
dalam sheet yang berbeda (file terlampir).
Tabel1 (Sheet : Responden_Awal) adalah data
responden yang diteliti pada awal penelitian berjalan.

Selang beberapa waktu , penelitian (kedua) kembali
saya lakukan ‘mesti’ pada orang yang sama namanya seperti yang tertera di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal).

Data penelitian kedua tersebut saya buat dalam tabel2
(Sheet : Responden_Akhir).

Nah, saya ingin mengetahui data responden mana
saja yang uda diteliti pada penelitian kedua yang namanya juga sudah ada di
tabel1 (Sheet : Responden_Awal), dan data responden mana yang belum diteliti sehingga
memudahkan untuk mengetahui/me-list siapa-siapa saja yang belum diteliti untuk
kedua kalinya.

Yang ada dalam pikiran saya, yang saya butuhkan :
1.      Sebuah daftar responden yang uda selesai
diteliti sebanyak dua kali.
2.      Sebuah daftar responden yang masih belum
diteliti untuk kedua kalinya.
3.      Sebuah daftar responden akhir yang namanya tidak
ada di tabel responden awal.

Kira-kira hal tersebut bisa kah dilakukan dalam excel?
Trims,,,

Salam,
Teti.

db_Responden_28082012.xlsm (34K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

hendrik karnadi
Bisa!

File terlampir menggunakan Event Worksheet_Before DoubleClick

Cara kerjanya:
- Copy Nama yang ada pada Responden Awal ke kolom A (mulai dari A2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon
- Copy Nama yang ada pada Responden Akhir ke kolom B (mulai dari B2, tidak termasuk judul) Sheet Rekon

- DoubleClick pada Sheet Rekon.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

db_Responden_28082012.xlsm (50K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

Teti Zhe
Mkasih Pak,
uda pas banget ... tapi boleh nanya, koq jumlah responden di kolom 1x (Awal) ga sama dengan kolom Responden Awal? bukankah sebenarnya data yang ada di kolom 1x(Awal) itu sama dengan data di kolom Responden Awal?

Makasih..

Salam,
Teti.

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

hendrik karnadi
Sama2.

Matematikanya begini:
Data Responden Awal = 75, terdiri dari "1x"  = 65 dan "2x" = 10
Data Responden Akhir = 56, terdiri dari "1x" = 46 dan "2x" = 10

Cukup jelas kan ?

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

File terlampir tidak menggunakan VBA.
Jika ingin proses otomasi, cukup dibutuhkan proses penggabungan data
(silakan cari dimilis). Jika ingin lebih, sekaligus otomasi pemasangan
formula di tabel myData.

Fitur pivot table memiliki banyak manfaat. Jika digabung dengan fitur
AutoFilter (yang bukan di pivot table), bisa digunakan untuk membantu
proses verifikasi. Syaratnya, membutuhkan data gabungan seperti table
myData, proses refresh pivot table setiap kali ada pengubahan data di table
myData, dan proses reapply autofilter jika ada pengubahan data di tabel
myData.

ngobrolin tentang data, (wis... mulai ndongeng lagi...)

mumpung datanya belum telanjur banyak (setidaknya sekarang kan masih
sekitar 300 ribu record), coba gumaman-gumaman berikut ini (sambil sepintas
lalu saja)..

1. Makna dari tabel responden awal dan responden akhir adalah tetap data
responden. Jadi, dimanapun data responden berada, maka tabel data responden
sebaiknya memiliki struktur yang sama. Jadi, tabelnya adalah tabel data
responden. Ada dataset berupa responden awal, dan ada juga dataset berupa
responden akhir. Mungkin nanti ada dataset lainnya juga.
Pada data responden awal, jumlah kolom tidak sama dengan data responden
akhir. Akan memudahkan proses jika jumlah kolomnya sama dan bersesuaian
antara awal dan akhir.

2. Tabel yang baik, setiap kolomnya hanya berisi 1 tipe data. Contoh, Q1
pada sheet responden awal berisi data bertipe numerik. Pada responden akhir
berisi data bertipe String (Text). Maka sebaiknya salah satunya harus
menjadi kolom yang baru. Misal Q7 untuk data String Q1 responden akhir.

3. Tabel yang baik berisi data-data pokok. Jadi, jika ada record yang tidak
memiliki data pokok (misal hanya berisi nomor urut data saja), maka
sebaiknya dihilangkan.

4. Data bertipe string (Text) harus tertulis secara konsisten. Jadi, sebuab
Nama harus ditulis persis sama untuk Nama tersebut di dataset lainnya.

5. Berikan ID atau kode tertentu untuk kolom-kolom utamanya, dan pastikan
memiliki sebuah tabel yang berisi kode beserta nama itemnya yang bersifat
unik. Misal, memiliki tabel Nama beserta ID nya yang bersifat unik disuatu
sheet. Contoh lain, nama Village beserta kodenya di suatu sheet tertentu.

6. Pastikan isi data sesuai native si data tersebut. Contoh, data usia
biasanya berupa data angka. Mestinya data ini bertipe numerik. Maka
pastikan kolom usia berisi data-data angka saja dan tidak perlu satuan
apapun. Bila perlu tampilan satuannya, buatlah dikolom baru jika satuannya
berbeda-beda atau gunakan format cell number custom jika satuannya adalah
sama untuk seluruh record. Contoh lain, data tempat tanggal lahir.
Sebaiknya dipisah menjadi kolom Tempat Lahir (isinya teks dan bertipe
String) dan kolom Tanggal Lahir (isinya tanggal dan bertipe datetime).

7. Khusus untuk inputan data berupa tanggal (tipe datetime) pada kolom
tanggal lahir (tanpa tempat lahir dikolom itu), inputlah dengan format
YYYY-MM-DD agar tidak bermasalah dengan regional setting komputer lokasi
penginputan data. Contoh : tanggal 17 Agustus 1945 diinput dengan menulis :
1945-08-17

8. Pecahlah suatu data yang bisa memberi informasi lebih banyak kedalam
beberapa kolom. Contoh status tingkat edukasi. Dari data ini, sebenarnya
bisa didapat informasi tentang jumlah responden yang berpendidikan SD. Juga
bisa didapatkan kebanyakan sampai kelas berapa SD. Bahkan, bisa diketahui
jumlah yang DO di SD. Artinya, dari data ini bisa didapat 3 informasi,
yaitu : tingkat pendidikan terakhir, kelas atau tingkat terkahir yang
dicapai, status DO atau tidak.
Dengan dibuat menjadi 3 kolom tersebut (tingkat pendidikan, kelas terakhir,
status DO), maka data akan mudah diolah dan lebih banyak memberi informasi.
Mungkin status tinggal dengan siapa, juga bisa dipecah demikian.
Hal ini akan tampak bahwa tabel menjadi lebih besar, tetapi informasi yang
bisa digali juga jauh berlipat lebih banyak lagi.

9. Pisahkan multi item yang disimpan dalam sebuah data dengan karakter yang
tidak pernah digunakan oleh nilai data, jika tidak ingin dipisah menjadi
banyak kolom. Contoh seperti data parents yang lalu yang sudah bagus
penyusunan data nama-nama anak yang menggunakan karakter | sebagai pemisah
antar nama anak (nama anak adalah item).

ops... tampaknya mentari sudah mengintip di horison, saatnya untuk kembali
memenuhi kewajiban hari ini..

Mohon maaf jika ada yang kurang pas.

re-db_Responden_28082012.xlsx (72K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

Teti Zhe
Makasih Pak,,

Sudah cukup jelas bagi saya,

Jika boleh bertanya lagi bagaimana solusi nya jika masalah nya seperti ini :

Untuk entry data bukan hanya dikerjakan satu orang. setiap 2 hari data akan digabungin ke tabel utama.

masalah : terkadang 1 responden memiliki 2 record data begitu... kesalahan awal ketika melakukan wawancara penelitian sehingga sering responden yang uda diteliti, diteliti ulang oleh yang lain, sehingga datanya jadi dobel dehh...

pertanyaan : apakah ada cara untuk mengetahui record data yang dobel / responden yang dobel datanya dengan lebih mudah tanpa harus ngecek per-record?
Trimakasih sebelumnya,

Salam,
Teti.

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

Teti Zhe
Dear Mr. Kid,
Trimakasih untuk penjelasannya,, saya sedang mencoba mempelajari nya dan mengembangkan dbase nya biar lebih baik lagi.. Trimakasih untuk saran dan masukannya..

Bila masih ada informasi lain terkait pembuatan database dan analisis /pengolahannya, kiranya boleh dibagi pada saya ..
Thanks,

Salam,
Teti.

________________________________
> [...]

ada di tabel responden awal.

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

Dear Teti,

Kalau mau tahu jumlah data yang Double (asumsi ID nya sama) maka cukup pakai fungsi CountIf pada kolom ID Tabel Utama.
Kalau mau cek detail recordnya maka Tabel Utama dicopy ke suatu Sheet lalu disort berdasarkan No ID.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

File terlampir memberi syarat bahwa seluruh data responden harus memiliki
no urut yang selalu menaik (sorted ascending) dan unique. Jadi bila
responden_awal adalah hasil penggabungan data yang didapat oleh tim1 dan
tim2, maka pastikan hasil penggabungannya memiliki nomor yang unique dan
terurut menaik. Namanya tidak perlu terurut. Jadi, nomor urut bisa dibuat
langsung mulai dari nomor 1 sampai sekian tanpa mempedulikan urutan data
nama ataupun yang lainnya.

Setelah itu, baru di copy paste ke sheet myData untuk menjadi data akhir
yang sudah fix. Ketika pivot table di-refresh, maka bisa dilihat status
data yang terduplikasi.
Jika ingin tahu lebih detil, silakan drag fields ke bagian row. Misal ingin
tahu didesa mana data itu, maka drag kolom village ke bagian row.

Cara seperti yang diutarakan Pak Hendrik juga sebaiknya ditambahkan pada
sheet myData. Bisa di-insert kolom antara A dan B, kemudian gunakan fungsi
CountIFs( pada xl 2007 ke atas) atau SumProduct( pada semua versi Excel)
untuk hitung cacah berdasar 2 pokok kriteria, yaitu berdasar kolom
Penelitian (1 kolom saja) dan kolom key bawaan data (bisa jadi terdiri dari
banyak kolom)

re-db_Responden_28082012_2.xlsx (77K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

Teti Zhe
trimakasih Pak,

Salam,
Teti.

Re: [belajar-excel] Bagaimana mencocokkan/verifikasi record data di tabel yang berbeda?

Teti Zhe
Makasih pak untuk saran dan juga penjelasannya, sangat membantu..

Salam,
Teti.