[belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan sebagian karakter

[belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan sebagian karakter

guru muda
Kepada segenap anggota milis excel.

Mohon bantuannya.

Saya ingin melakukan penjumlahan berdasarkan nilai sebagian karakter dari suatu cell. Jika saja menjumlah berdasarkan isi seluruh cell, maka bagi saya sudah bisa dilakukan. Lha ini yg bikin bingung pake sebagian isi cell.

Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.

Kepada Mbak I-Haps; terima kasih telah mengingatkan saya tempo hari.

Menjumlah Berdasarkan Sebagian Karakter dari Cell.xlsx (13K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan sebagian karakter

Udin Haeruddin
Coba Array formula:

=SUM((LEFT(B$3:B$10,FIND("/",B$3:B$10)-1)=RIGHT(C11,LEN(C11)-FIND(".",C11)-1))*1)

====== Haeruddin, S.Pd ======

Re: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan sebagian karakter

Pakai kolom bantu di kolom D (bisa disembunyikan).

Formula di sel E11 adalah sbb:
=COUNTIF(B3:B10,D11&"??") dimana D11 adalah angka Romawinya (kolom bantu) dan ?? adalah 2 karakter di belakang angka Romawi.
Kemudian Formula dicopy ke bawah sampai sel E14.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
[...]

Menjumlah Berdasarkan Sebagian Karakter dari Cell.xlsx (15K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan sebagian karakter

iHaps
Seperti biasanya pak guru dalam membuat data sambil *menciptakan sendiri: *
*kesulitan kesulitan* yg akan dihapadinya; padahal sebetulnya tidak perlu )

Misal dalam membuat kriteria *"Jumlah Gol. IV" *ditulis sebagai *SATU data
text *
malah ditulisnya di dua* cell yg dimerged *segala macam
Akan *tidak menyulitkan* diri sendiri jika:  KRITERIA dipisah:
*"Jumlah Gol." *dalam satu cell  DAN  *"IV"* dalam satu cell lain; di
sebelah kanannya !
Hal ini diingatkan di sini agar Kriterianya pun (IV) = tidak perlu harus
dibuat rumusnya

Jika Data kriteria berupa SATU data *"Jumlah Gol. IV"* maka untuk
mengatakan *"IV",*
maka pak guru harus membuat rumus :
*"Ambil karakter mulai ke N sampai terakhir (dengan N adalah posisi
ditemukannya *
*karakter TITIK + maju (kekanan) 2 lagi"*    =TRIM(MID(C13,FIND(".",C13)+1,*
10*))

Ringkas cerita, dengan kriteria ditulis sbg 1 data "Jumlah Gol.IV",  maka
rumus langsungnya
Array Formula
=SUM(IF(TRIM(LEFT($B$3:$B$10,FIND("/",$B$3:$B$10)-1))=TRIM(MID(C13,FIND(".",C13)+1,10)),1))

Itu hanya  salahsatucara, karena pasati ada slank lain....

Kalau berkenan melihat lampiran, di situ ada penjelaan tahap sebelum
menjadi formula langsung.

*2012/2/11 guru muda <[hidden email]>

> [...]
> Penjelasan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran.
> Kepada Mbak I-Haps; terima kasih telah mengingatkan saya tempo hari.

Menghitung Bersyarat (dgn syarat berupa SebagianKarakter dari Cell) (iHaps).xlsx (17K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan sebagian karakter

Undang Satrianie
Coba Array Formula :
=COUNT(IF(LEFT($B$3:$B$10;FIND("/";$B$3:$B$10;1)-1)=TRIM(MID(C14;FIND(".";C14;1)+1;100));1))

Dengan Syarat Cara Penulisan Musti Konsisten dengan Seperti yang Pak Guru Tanyakan Pada Lampiran ya...

________________________________
 Dari: guru muda <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Sabtu, 11 Februari 2012 11:13
Judul: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan sebagian karakter

[...]

Menjumlah Berdasarkan Sebagian Karakter dari Cell.xlsx (14K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan sebagian karakter

Coba :
=COUNTIF(B$3:B$10,TRIM(RIGHT(SUBSTITUTE(C11,".","  "),3))&"/*")

Kid.

> [...]

> Salam
>
> Terima kasih

Re: [belajar-excel] Bagaimana menjumlah berdasarkan sebagian karakter

summonery
Dear pak guru,

Dimana ada jalan maka ada banyak jalan, begitu gosipnya,

anda telah mendapatkan berbagai saran dan solusi formula dari teman yang lain,
sekarang mari mengembangkannya dengan sedikit berbeda,

sederhananya, misal kita ambil contoh array formula untuk menghitung jumlah golongan IV adalah :
=SUM(--(LEFT($B$3:$B$10,FIND("/",$B$3:$B$10)-1)="IV"))

Array formula di atas dijalankan dengan menekan tombol Ctl+Shift+Enter

nah, agar kita dapat menjalankannya tanpa menekan tombol CSE
sematkanlah suatu argumen yang menjadikannya sebagai CSE formula ke dalam fungsi INDEX,

sehingga formulanya menjadi:
=SUM(INDEX(--(LEFT($B$3:$B$10,FIND("/",$B$3:$B$10)-1)="IV"),0))

selamat berkreasi,

[...]

Terima kasih buat semuanya yg telah memberikan bantuan rumus dan atau saran yg bervariasi. Itu semua menjadi pelajaran bagi saya sebagai pemula yg sedang 'tergila-gila' sama excel. Akhirnya persoalan saya sudah terpecahkan.