Quantcast

[belajar-excel] Bgmana Cara Pembulatan Keatas di Excel...?

[belajar-excel] Bgmana Cara Pembulatan Keatas di Excel...?

dehen adam
Teman-teman excel mania. Bgmana cara pembulatan ketas angka sbb:
Rp.91.779.600 menjadi 91.800.000,-
Mohon bantuan teman-teman sekalian. Terima kasih...

Re: [belajar-excel] Bgmana Cara Pembulatan Keatas di Excel...?

uharyanto
Pake roundup gan,,,,

Sent from my BlackBerry® dapat pinjem

Teman-teman excel mania. Bgmana cara pembulatan ketas angka sbb:
Rp.91.779.600 menjadi 91.800.000,-
Mohon bantuan teman-teman sekalian. Terima kasih...

Re: [belajar-excel] Bgmana Cara Pembulatan Keatas di Excel...?

Aliif Akbar
Saya pernah pak,
Pake rumus

=round(91.800.000,-)
Misal nilai ada di A1, maka rumusnya =round(A1)

Cmiiw

Asr

From: dehen adam <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 13 Mar 2012 22:11:10
To: [hidden email]<[hidden email]>

Teman-teman excel mania. Bgmana cara pembulatan ketas angka sbb:
Rp.91.779.600 menjadi 91.800.000,-
Mohon bantuan teman-teman sekalian. Terima kasih...

Re: [belajar-excel] Bgmana Cara Pembulatan Keatas di Excel...?

o' Seno
Dear para Be Excellers...

Lhoh.. kita kok disebut "teman-teman Excel Mania" nih, wah gawat-darurat
 nih...

Sepertinya (maaf) pak Dehem ini perlu daftar fungsi serta contoh-2-nya
Bila berkenaaaaan, terlampir dikirimkan  7 kategori fungsi
kategori :
  TEXT;
  INFO,
  LOGIKA,
  LOOKUP & RUJUKAN,
  MATEMETIK & TRIGONOMETRI,
  DATABASE & MANAGEMENT TABEL, dan
  TANGGAL & JAM

Tiap fungsi diberikan contoh-contoh penggunaannya secara sederhana

Bila tidak berkenaaan.. tidak perlu komentar, langsung di DEL saja...

Kalau mau lebih lengkap, file-file tutorial (berbahasa indonesia) seperti
ini
dapat diunduh (gratis, gak pake nunggu iklan), di.. aduh saya lupa...

atau gini saja... bagi rakyat yg berminat kirimlah email ke "saya" untuk
mendapatkan Link/URLnya (dengan menyertakan email ini sbg footernya)
Ditunggu sampai hari Sabtu 10 menit sebelum qobliyah Dzuhur

*o'Seno*

*2012/3/14 dehen adam <[hidden email]>

Fungsi-Fungsi dlm Excel (Sebagian).rar (262K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bgmana Cara Pembulatan Keatas di Excel...?

uharyanto
Misal nilai di A1 = 91.779.600 maka rumus di A2 adalah =ROUNDUP(A1,-4)

Tks.

From: dehen adam <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 13 Mar 2012 22:11:10
To: [hidden email]<[hidden email]>

[...]

maaf, saya ikutan ngePost lagi, demi pak dehem agar tidak bingung...

Contoh yg diberikan oleh pak asror sepertinya belum dicoba di sheet tapi
sudah di siarkan ke milis.

Di excel 2003 maupun 2007, fungsi Round diisi *1 buah argument* saja
(seperti
contoh dari pak asror) akan menolak; karena fungsi round mempunyai *dua *
*argument*
*
*
=ROUND( *Expresi_Bilangan_Yg_akan_diBulatken*, *CacahDigit*)

CacahDigit adalah banyaknya digit pembulatan, bisa Positip bisa Negatip.
bila positip menghitung digitnya dimulai dari setelah Tanda-pemisah-Desimal
ke KANAN
   (yg dibulatkan bagian pecahannya)
bila negatip menghitung digitnya dimulai dari sebelum Tanda pemisah Desimal
ke kiri
  (yg dibulatkan bagian utuhnya, bnsa satuannya, puluhannya, ratusannya,
ribuannya dst)

Pembulatan dlm fungsi ROUND pun = pembulatan proporsional  misal pembulatan
di PULUHAN :
5 dianggap 10 ;    4,9999 dianggap 0

Contoh pun diisi dengan Bilangan yg ingin dihasilkan, padahal pak Dehem
ingin-nya
*   91.779.600* menjadi  *91.800.000*
tanpa mencontohkan   kalau  *91.729,100*  ingin menjadi berapa !
  91.800.000 kah  ?    (pembulatan ke atas dlm puluhan)
atau
  91.700.000 kah  ?    (pembulatan proporsional dlm puluhan ribu)

*o'Seno*

2012/3/14 Aliif Akbar <[hidden email]>

> [...]
> Mohon bantuan teman-teman sekalian. Terima kasih...

Re: [belajar-excel] Bgmana Cara Pembulatan Keatas di Excel...?

Mas Seno, saya ingin 91.779.600 menjadi  91.800.000 (pembulatan ke atas dlm puluhan).
Terima kasih...

[...]

hendrik karnadi
JIka angka 91.779.600 (number) ada di sel A1 maka formulanya menjadi:
=ROUNDUP(A1,-5), artinya dibulatkan ke atas 5 digit mundur.

Salam,
Hendrik Karnadi