Quantcast

[belajar-excel] Bisakah membuat form database di excel dengan kebutuhan spt terlampir?

[belajar-excel] Bisakah membuat form database di excel dengan kebutuhan spt terlampir?

Teti Zhe
Dear Master Excel,
Saat ini saya sedang mengembangkan sebuah database untuk anak-anak yang saya dampingi. Selama ini buat nya di word ajaa dengan format kebutuhan seperti terlampir. Namun, merepotkan karena jadinya banyak banget file .doc nya.. Saya mendambakan sebuah database yang mempunyai sebuah form menu awal yang memiliki fitur untuk bisa membuka setiap file anak-anak dimaksud (jika memungkinkan) . Mungkin membukanya ketika mengetikkan sebuah id dari seorang data anak.

Kemudian (pengennya) ada juga form untuk update data anak atau entry data baru...

Apakah memungkinkan dan bisakah dengan menggunakan excel?
Mohon pencerahannya,
Makasih...

Salam,
Teti.

FORM_awal.docx (37K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bisakah membuat form database di excel dengan kebutuhan spt terlampir?

the_x_mikey
Hi bu Tety,

Semoga panggilan "ibu" nya benar.

Saya melampirkan sebuah template yg berfungsi untuk input data plus foto didalam excel yang saya buat beberapa tahun lalu pada saat saya masih newbie. Padahal sekarang tetep aja nubi -.-! tapi bedanya sekarang saya sudah sok pinter ‎​"̮ ƗƗ�ƗƗ�ƗƗ� "̮

Mohon maaf kalo tampilan, cara kerja macro nya serta tidak adanya waktu untuk edit2 spy hasilnya tidak seperti yg diinginkan tapi menurut saya yg ibu butuhkan sudah tercakup di file ini, tinggal disesuaikan saja

=?utf-8?B?SW5wdXQgTmV3IEhpcmUgKGV4YW1wbGUpLnppcA==?= (427K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bisakah membuat form database di excel dengan kebutuhan spt terlampir?

Mbak Teti,

Awal yang bagus untuk memulai sebuah aplikasi sederhana. Semoga banyak
BeExceller yang membantu mewujudkannya, walaupun memulai dari satu part ke
part lain.

Mungkin ini bisa jadi titik awalnya.
1. Buat sebuah folder misal namanya AppKu. Isinya nanti adalah seluruh file
maupun folder tentang aplikasi yang dibuat
2. Dalam folder itu, buat 1 folder bernama images
3. mbak Teti mencoba membuat formnya dalam sebuah sheet. Simpan filenya
dalam folder appku
4. Dalam file excel itu, buat 2 sheet awal. Sebuah sheet yang berisi data,
dan sebuah sheet berisi form yang diinginkan. Isi datanya sekalian, mungkin
beberapa puluh baris. Jangan lupa untuk membuat ID anak yang unik.
5. mbak Teti menyiapkan daftar pertanyaan yang merupakan step per stepnya.
Misal,
    tahap 1 ingin supaya jika bisa memilih nama beserta id anak, langsung
tampil seluruh datanya (minimal sekarang data nama dsb dulu)
    tahap 2 nanti urusannya dengan file images nya (butuh VBA), dan akan
seru ketika ada proses update gambar aktivitas kelak.
    tahap 3 dst biasanya akan muncul ide nya dengan sendirinya.
6. zip foldernya dan kirim ke milis sebagai sebuah thread baru untuk
tahapan yang mana. Beri penjelasan yang memadai.
    BeExceller yang akan berusaha membantu akan selalu terupdate dengan
seluruh file yang di dalamnya. Ingat, batas maksimal ukuran file attachment
250KB. Jika tidak memungkinkan, simpanlah disebuah net folder dan sediakan
link-nya untuk bisa mengunduh file tersebut

2012/9/19 Teti Zhe <[hidden email]>

> [...]
> Teti.

Re: [belajar-excel] Bisakah membuat form database di excel dengan kebutuhan spt terlampir?

Dear pak Mikey, <semoga  ga salah nama>
Trims sudah membantu... akan saya pelajari selanjutnya..

Salam,
Teti.

Note : dipanggil 'ibu' ketuaan banget wkwkwk,, anyway trims.. :)

________________________________
Saya melampirkan sebuah template yg berfungsi untuk input data plus foto didalam excel yang saya buat beberapa tahun lalu pada saat saya masih newbie. Padahal sekarang tetep aja nubi -.-! tapi bedanya sekarang saya sudah sok pinter ‎​"̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮

From:  Teti Zhe <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Wed, 19 Sep 2012 16:36:35 +0800 (SGT)
To: [hidden email]<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

[...]

Hi Mr. Kid,
makasih saran nya,,
saya coba kembangkan dulu yaa..
makasih mau membantu

Salam,
Teti.

________________________________
> [...]

>Teti.

Re: [belajar-excel] Bisakah membuat form database di excel dengan kebutuhan spt terlampir?

Terkait dengan pertanyaan saya sebelumnya tentang membangun
sebuah aplikasi di excel, dan juga berkat bantuan teman-teman dari milis ini,
Berikut saya ingin share sekalian bertanya <lagi> pada
master semua :
Saya uda mencoba-coba buat form nya <terlampir> (mohon
izin copi dan utak atik karya Pak Mikey yaa.. :) )
Dan yang ingin saya mohon bantuan pencerahannya yakni :
1.     Menurut teman2 apakah form / aplikasi ini sudah
benar gitu? Tidak ada object yang mubazir dan malah akan membuat bingung? Heheh
<koq malah nanya ini ya?>
2.     Bagaimana caranya agar form input dan form view
bisa berada di tengah2 layar monitor <menyesuaikan dengan layar monitor
pengguna> ? memungkinkan kah jika scroll bar nya diaktifkan kalau ternyata
form nya terlalu besar?
3.     Bagaimana fungsi atau coding untuk masing2 tombol
browse (pada form input)?
4.     Bagaimana fungsi atau coding untuk tombol save
(pada form input)? Sehingga data yang baru di input akan dimasukkan ke sheet 2
(sheet DATA)
5.     Bagaimana fungsi atau coding untuk tombol Cancel
(form Input)  ?
6.     Bagaimana fungsi atau coding pada tombol Update
dan Save (pada form View)?
7.     Untuk form View pada Combobox ID, pengennya itu
bisa sekalian difungsikan untuk Search...

Hadeeuhh.. maaf beribu maaf yaaa.. pertanyaan ku buanyak sekalii...abis
uda ga sabar nih cepat2 kelarin heheh...dan terimakasih beribu banyak
terimakasih untuk bantuannya...

Salam,
Teti.

________________________________
> [...]

>Kemudian (pengennya) ada juga form untuk update data anak atau entry data baru...
>

>Apakah memungkinkan dan bisakah dengan menggunakan excel?

App_Profiling.rar (37K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bisakah membuat form database di excel dengan kebutuhan spt terlampir?

hendrik karnadi
Untuk menghormati almarhum "SITI VI" yang sudah bersusah payah membuat contoh input data, coba pelajari file terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________

ctv_Contoh_Entry_Data.zip (271K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Bisakah membuat form database di excel dengan kebutuhan spt terlampir?

Teti Zhe
Mksih Pak Hendrik,
Saya pelajari dulu...
Thanks,

Salam,
Teti.

________________________________

> [...]

>Teti.

Re: [belajar-excel] Bisakah membuat form database di excel dengan kebutuhan spt terlampir?

nubie masta
alternatif lain, pake ms access
data xls di link sj

--
masta (http://masta.rumahterjemah.com)
!YM: mas.tjogja

> Balasan ntk [hidden email]
> Poweredby: e.rumahterjemah.com :

> Mksih Pak Hendrik,
> Saya pelajari dulu...
> Thanks,
>

> Salam,
> Teti.

josbramasto
bisakah saya juga mendapatkan email ttg excell yg bisa dipakai sebagai data base ? karena kesulitan saya bagaimana cara memasukkan foto dari siswa yg datanya akan saya lihat , dan bagaimana cara / teknis entry datanya ? jika memakai vba .. saya juga masih bingung untuk caranya. terimakasih sebelumnya atas bantuannya.