[belajar-excel] Buka Dan save workbook secara bersamaan

[belajar-excel] Buka Dan save workbook secara bersamaan

Syahna Syah
Dear master,
salam kenal, saya newbie dalam excel,pertanyaan saya, apakah file Excel bisa dibuka secara bersamaan dan disave secara bersaamaan.
salamsyah

Re: [belajar-excel] Buka Dan save workbook secara bersamaan

iHaps
Jawabannya : BISA dan BISA,

*Membuka banyak file sekaligus *
Yg "sekaligus" itu perintahnya;  excelnya sendiri melaksanakannya tetap
satu persatu tetapi tentu lebih cepat )

*Buka DialogOpen*
Di excel 2003: Menu: File > Open..
Di Excel 2007: Office Button > Open..

Ini akan memunculkan Dialog Open
*Pilih para file excel (xls?) yg akan dibuka*, memilihnya secara MULTI
SELECT
(yaitu penunjukan file dengan mouse dibantu tombol Shfit (file berdekatan)
atau Ctrl (file terpencar)
Terserah mau PILIH berapa files, 2 atau 100, ingat kemampuan komputer (RAM
dan processor) anda.
Kemudian *tekan tombol OPEN* di pojok kanan bawah; dan ...
lihat apa yang terjadi..

*Menutup SEMUA workbook (file excel yg sedang terbuka) secara sekaligus.*

*Di Excel 2003*
Tekan *Tombol SHIFT + Menu FILE*
maka Sub Menu menjadi agak lain, di situ ada *Icon dengan perintah CLOSE
ALL !*
Barangkali tombol itulah yg selama ini anda cari-cari. Pencet saja, tidak
akan merusak komputer anda.

*Di Excel 2007*
Icon perintah *CLOSE ALL*, defaultnya* belum ditampakkan* di Ribbon pada
Excel 2007
Oleh sebab itu, anda (kalau akan sering menggukannya) sebaiknya memajang *Icon
CLOSE ALL* itu di *Q.A.T*. ( Quick Access ToolBar / Papan Piranti yg cepat
diakses); yg ada di atas Ribbon (atau bisa di atur menjadidi bawah Ribbon)

Ceritaknya di QAT pun belum ada tombol Close ALL; atetapi anda dapat
mengambilnya dari "Customize". (??)

*Lihat gambar di bawah saja deh..*
(1) memunculkan Excel Options > Customize
(2) memilih Ikon CLOSE ALL dari "Command Not in the Ribbon),kemudian di-Add
ke QAT
    kalau  perlu di atur letaknya (dgn tombol up / down)
[image: close all.PNG]

(3) Keadaan QAT setelah proses 1 dan 2 di atas (sekarang anda sudah punya
Icon Close All),
     letaknya disengaja berdekatan dengan Ikon OPEN

[image: QAT dan Close All.PNG]

*Cara lain masih ada: *
yiatu sekelompok file yg sering anda proses secara bersama, dapat anda
simpan (keterkelompokannya itu) sebagai *WORKSPACE*.
(Workspace bisa diberi nama)
Jadi Membuka workspace tsb sama dengan membuka semua file yg sudah anda
jadikan satu kelompok
Menutup Workspace sama dengan menutup SEMUA file yg sudah anda jadikan satu
kelompok
(Sebetulnya, workspace tidak hanya sesempit itu penggunaanya)

CMIIW...

iHaps.
(ibu Hapsah, penjual gado-gado gang sebelah)

2*012/2/10 Syahna Syah <[hidden email]>

QAT dan Close All.PNG (62K) Download Attachment
close all.PNG (93K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Buka Dan save workbook secara bersamaan

Syahna Syah
Dear Ibu Hapsah,

terimakasih untuk infonya,
terus terang saya belum mengerti apa yang Ibu hapsah terangkan, maklum baru belajar-excel

maksud pertanyaan saya, bisakah 1(satu) workbook dibuka dan disave oleh 7 orang admin dalam waktu yang bersamaan,
kalau bisa, mohon berikan contoh

salam
syah

Dari: i Haps <[hidden email]>
Tanggal: Jumat, 10 Februari, 2012, 10:48 AM

> [...]

> salam
> syah

Re: [belajar-excel] Buka Dan save workbook secara bersamaan

waduh saya juga tidak menduga bahwa maksudnya seperti itu

*>> pertanyaan saya, *
*>> apakah file Excel bisa dibuka secara bersamaan dan disave secara
bersaamaan*.

perumpamaannya begini (yg saya tangkap)
ada* 5 bungkus nasi padang* + ada *1 orang pemiliknya*
*
*
apakah bisa satu orang itu membuka semua bungkus nasi itu secara praktis
(sekali perintah)
lalu apakah bisa 1 orang itu memakan 5 bungkus nasi padang itu (sekali
perintah)
untuk urusan fle excel (bukan nasi padang) jawaban saya seperti yg kemarin..

Tetapi ternyata kalimat anda itu baru anda detailkan saat ini seperti
perumamaan dibawah ini
ada *1 bungkus* nasi padang + ada *5 orang lapar*

Untuk urusan file excel, intinya = BISA
karena sudah sejak lama excel (seperti banyak aplikasi lainnya) telah
dibuat untuk dipakai
secara *multi users*
Tapi biarlah kali ini dijawab rekan lain....

Mohon maaf telah salah tangkap. (mo nangkap maling ayam keliru tangkap
maling bebek, ha ha)

~ indrihapsari