[belajar-excel] Calculating yg terlalu lama

[belajar-excel] Calculating yg terlalu lama

bernard Sulistyo
Dear All B-Exceler......
Temen2 tolong bantuan informasinya tentang calculating yg terlalu lamaaaaaaaa kali....
Mohon bantuannya lagi ya.. dan saya ucapkan banyak terima kasih kepada Mr. Kids, Mbak Siti, dan temen2 semuanya....

Wassalam,
Budi sulistyo

Calculating pada excel.xlsx (251K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Calculating yg terlalu lama

Hilman
untuk jumlah data yang sangat banyak, apalagi sangat banyak menggunakan formula array, sangat dianjurkan untuk men-set caculation mode ke manual.

(klik office button, excel option, pilih formula tab, pada calculation option, manual check box nya di centang).
eh..ngomong-ngomong banyaknya itu berapa ya persisnya? berapa ya..? kalo buat saya sih... kalo waktu calculation udah lebih dari satu detik aja, sudah pasti akan sangat mengganggu, jadi akan sy ubah ke manual.

Re: [belajar-excel] Calculating yg terlalu lama

bernard Sulistyo
Terima kasih pak hilman, banyak sekali pak ada 4000an baris dan 29 kolom 1 sheet,
sedangkan sheets yg seperti itu ada 2 Pak hilman...