Quantcast

[belajar-excel] Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel

[belajar-excel] Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel

Teuku Hakim
Dear All,

Saat ini saya sedang ingin membuat suatu form, dimana form tersebut akan tersimpan ke dalam sheet database. untuk itu form tersebut akan memiliki 2 tombol yaitu SAVE & CLEAR. Saya sudah coba melakukannya dengan record macro,namun hasilnya data di database masih belum bisa urut ke bawah.
Mohon bantuannya apabila ada teman-teman di forum ini yang mahir dalam macro excel. untuk lebih jelasnya saya lampirkan file template sederhana.

Terima Kasih.
Hakim

Form_database.xlsx (14K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel

Silakan dicoba :
1. ke VBE ( ALT F11 )
2. menu Insert -> Module
3. buat prosedur simpan :
Public Sub Simpan()
    Dim lRowsDB As Long

    If LenB(Range("d3").Value) <> 0 Then    'contoh validasi input
        lRowsDB = Sheet3.Range("a1").CurrentRegion.Rows.Count
        Range("d3:d8").Copy
        Sheet3.Range("a1").Offset(lRowsDB).PasteSpecial
xlPasteValuesAndNumberFormats, skipblanks:=True
        Bersihkan
        MsgBox "pesan", vbInformation

4. buat prosedur bersihkan
Public Sub Bersihkan()
    Range("d3:d8").ClearContents
End Sub

5. kembali ke worksheet ( ALT F11 )
6. klik kanan shape Save -> assign macro -> pilih Simpan -> OK
7. klik kanan shape Clear -> assign macro -> pilih Bersihkan -> OK
8. save as file excel
9. pilih ekstensi .xlsm atau .xlsb *(jangan .xlsx)* agar script tersimpan
(tidak hilang)
10. pencet save

2012/6/13 Teuku Hakim <[hidden email]>

> [...]
>
> Terima Kasih.
> Hakim

Re: [belajar-excel] Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel

Kok udah 3 hari belum ada yang mengoreksi ya :(
Dari :
Sheet3.Range("a1").Offset(lRowsDB).PasteSpecial
xlPasteValuesAndNumberFormats, skipblanks:=True

Menjadi :
Sheet3.Range("a1").Offset(lRowsDB).PasteSpecial
xlPasteValuesAndNumberFormats, skipblanks:=True, transpose:=True

2012/6/13 Kid Mr. <[hidden email]>

> [...]
> (tidak hilang)
> 10. pencet save

Re: [belajar-excel] Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel

aazkasep
dear Kid,

kebetulan saya sedang belajar membuat makro membuat database, saya coba filedari hakim dan skrip yang saya berdasarkan skrip dari agan Kid sbb  (saya pakai excel 2010) :

Public Sub Simpan()
    Dim lRowsDB As Long

    If LenB(Range("d3").Value) <> 0 Then    'contoh validasi input
        lRowsDB = Sheets("form").Range("a1").CurrentRegion.Rows.Count
        Range("d3:d8").Copy
        Sheets("database").Range("a1").Offset(lRowsDB).PasteSpecial Paste:=xlPasteValues, Operation:=xlNone, skipblanks _
        :=True, Transpose:=True

        Bersihkan
        MsgBox "telah dibersihkan", vbInformation
Public Sub Bersihkan()
    Range("d3:d8").ClearContents
End Sub

namun ada kendala, untuk pengisian data base yang pertama sudah pada tempatnya, namun untuk data berikutnya malah menindas data yang diisi sebelumnya

Re: [belajar-excel] Cara Membuat Database sederhana dengan macro excel

Alawi
Mungkin ini bisa membantu
Berikut syntx macro nya >>

Public Sub Simpan()
     Dim lRowsDB As Long

     If LenB(Range("d3").Value) <> 0 Then    'contoh validasi input
         lRowsDB = Sheets("database").Range("a1").CurrentRegion.Rows.Count