Quantcast

[belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

[belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

thomas-2
yang terhormat master excel...
saya mau minta tolong bagaimana cara membuat jadwal proyek secara otomatis, maksudnya merubah dari tanggal periode pelaksanaan per item pekerjaan (sheet 1) menjadi tabel jadwal pekerjaan (sheet 2)?

yang saya inginkan ketika menambahkan item pekerjaan misalnya PEKERJAAN F dengan periode pekerjaan, maka di sheet 2 langsung muncul warna periode pekerjaan sesuai dengan minggu pelaksanaan pekerjaan.

butuh banget nih....

trims

Ingin lebih dekat dengan saya, ketik aja :www.the-massto.co.cc

contoh jadwal project.xlsx (12K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

Kusnadi DS
Mas Thomas

maaf ini agak OOT sedikit, sebenarnya untuk jadwal project seperti yang dimaksud ada software khusus untuk itu.
pernah mencoba (dengar) microsoft project ?

any way untuk di excel kita nantikan saja jawaban para pakar group ini.....

..::kusnadi::..
www.cepak05.blogspot.com
www.kopkarlamina.blogspot.com
www.facebook.com/kusnadi.dians

________________________________

Ingin lebih dekat dengan saya, ketik aja :www.the-massto.co.cc

RE: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Yang pernah aku lakukan adalah dengan menggunakan conditional formatting.
Contoh lengkap dan tahapannya silahkan dilihat di
http://cadex.wordpress.com/2010/07/18/xls-pmg-01-schedule-proyek-dengan-exce
l/

Selamat belajar dan mencoba.
-zainul-

XLS-PMG-01.xls (65K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

Franciscus SOG
Dear thomas,

Terlampir menggunakan jurus Conditional Formatting.

Formula Conditional Formatting :
=OR(NOT(ISNA(VLOOKUP(C$11&"."&C$1&"."&RIGHT($B12);key_1;1;0)));NOT(ISNA(VLOOKUP(C$11&"."&C$1&"."&RIGHT($B12);key_2;1;0))))

key_1 & key_2 » define names dari kolom helper

Perbedaan hasil karena definisi awal untuk minggu pertama, pada case
ini memakai hari Sabtu, sesuai dengan kalender.

=WEEKNUM(arg1;16)

Dibantu dengan kolom & row helper. Semoga membantu. CMIIW

Blessings,

Fran'z

fran'z_Conditional Formatting with 1 week more.xlsx (18K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

Franciscus SOG
Dear thomas,

Terlampir workbook dengan cara yang lebih ringkas. Hanya menggunakan
baris bantu. Tidak lagi menggunakan define names, kolom bantu, bisa
mensupport tgl awal s/d tgl selesai (dalam kurung lebih dari 1 bulan)
dan tidak tergantung penamaan dari pekerjaan.

Formula Conditional Formatting
=(C$1>=WEEKNUM(Sheet1!$C4;16))*(C$1<=WEEKNUM(Sheet1!$D4;16))

CMIIW.

Blessings,

Fran'z

On 6/24/11, Franciscus SOG <[hidden email]> wrote:

> [...]
> ini memakai hari Sabtu, sesuai dengan kalender.
>
> =WEEKNUM(arg1;16)
>
> Dibantu dengan kolom & row helper. Semoga membantu. CMIIW

fran'z_Conditional Formatting with 1 week more.xlsx (23K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

thomas-2
om..contoh filenya dong...

Dari: Franciscus SOG <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Jumat, 24 Juni 2011 12:57
Judul: Re: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

> [...]

> Blessings,
>
> Fran'z

Re: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

siti Vi
Administrator
pak Zain dlm tanggapannya  S U D A H mengirim 1 FILE
pak Franz dlm tanggapannya S U D A H mengirim file 2 (DUA) FILE
sekarang pak thomas  bilang *" om contoh filenya dong .."*

maksudnya apa ya..?  mohon diperjelas

kami sarankan pak thomas membaca footer email dari milis, di situ ada
penjelasan
alamat tempat mendownload file attachment bila ternyata *anda tidak menerima
email*
ex pak Zain maupun ex pak Franz

Membership pak thomas di milis ini berstatus "Individual mail",  artinya
semua posting dikirim
ke email address anda berikut attachments-nya bila ada.

2011/6/27 thomas <[hidden email]>

> [...]
> >
> =OR(NOT(ISNA(VLOOKUP(C$11&"."&C$1&"."&RIGHT($B12);key_1;1;0)));NOT(ISNA(VLOOKUP(C$11&"."&C$1&"."&RIGHT($B12);key_2;1;0))))

~siti

Re: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

duccio_inocenti
pak kok jika kita ubah tgl pelaksanaanny key nya kok jadi #num! ya ..saya perlu sekali tabel jadwal ini..
Terima kasi ditunggu balasannya

Re: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

Mungkin seperti file terlampir.

Kid.

re-contoh jadwal project.xlsx (41K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

duccio_inocenti
Pak Kid kalau permasalahanny tahun 2011 (pengerjaanny) sampai tahun depan (2012) dan berupa start pekerjaan sampai finishnya gimana ya?seandainya boleh untuk tampilan yg menggunakan color bar yang berbeda gimana pak ? Terima Kasih

regards

Andi

> [...]

> Terima kasi ditunggu balasannya
>
> --

re-contoh jadwal project.xlsx (41K) Download Attachment

http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Cara-buat-jadwal-proyek-otomatis-tp4519858p4782043.html
To unsubscribe from [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis, click here.

tabel warna rncn proyek.xlsx (18K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara buat jadwal proyek otomatis

Cukup dikembangkan sesuai kebutuhan.
1. Susun tabel dengan lebih normal. Sebuah pekerjaan bisa dilaksanakan dalam
beberapa tahap. Setiap tahap ada waktu mulai dan berakhir (target misalnya).
Jadi kolom data yang pokok adalah :
YYYY-MM-DD yang bersifat universal untuk berbagai locale setting)
YYYY-MM-DD yang bersifat universal untuk berbagai locale setting)

2. Setiap warna diatur dengan Conditional formatting. Ketika ada kriteria
tambahan, susun conditional formatting menggunakan Use Formula blahblah...
Jika akan menggunakan 7 warna, maka susun 7 conditional formatting.

Yang perlu diperhatikan, file terlampir adalah time schedule untuk rencana.
Jika report akan digabungkan dengan data realisasi, maka perlu tabel data
yang memuat 1 kolom tambahan bernama Type yang berisi Rencana atau
Realisasi.

Regards.
> [...]

> boleh untuk tampilan yg menggunakan color bar yang berbeda gimana pak ?Terima Kasih

re-contoh jadwal project_r1.xlsx (70K) Download Attachment