[belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

[belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

ANTONIUS TEGUH
Dear All Master,

Mohon Bantuan,
saya mempunyai 2 sheet yaitu sheet Shift (jadwal Shift) dan Sheet Truck (jadwal Truck).
saya mencoba untuk membuat formula yang dapat mem-fill warna secara otomatis pada masing2 baris dalam sheet Truck berdasarkan data pada Sheet Shift.
Aturan pewarnaan nya

untuk row yang termasuk dalam regu A jadi warna orange
untuk row yang termasuk dalam regu B jadi warna kuning
untuk row yang termasuk dalam regu C jadi warna hijau

data yang bisa di bandingkan adalah Kolom Jam Kerja, tapi sampai detik ini masih "Gelap" belum nemu cara nya. selama ini saya kasih kolom Shift di Sheet Truck, lalu filter, baru beri warna manual, tapi cara ini cukup melelahkan dan memakan waktu :)

Mohon pencerahan para Master

Terima Kasih

Antonius Teguh Prasetya
Internal Audit
08880490893
081233773702

SHIFT.xlsx (22K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

Bagus
Dear Pak Anton;

Pakai conditional formatting:
cara:
1. Block range A2:N2
2. Buka conditional formatting, isilah seperti pada gambar dibawah
3. Tekan Ctr+C (copy)
4. Block range A3:N60
5. Pilih Edit => Paste special => Formats. Lalu OK
6. Selesai

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

ScreenHunter_19.jpg (66K) Download Attachment
re-shift.xls (166K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

ANTONIUS TEGUH
Terima Kasih Solusi nya Pak Bagus, sementara ini yang saya lakukan juga demikian karena sebelumnya saya mengisikan Kode Shift di kolom O tersebut dengan dasar Sheet Shift.
yang saya coba buat adalah bagaimana cara nya sheet Truck dapat ter-block warna sesuai keinginan namun tidak usah mengisi kode shift di kolom O.
Jadi acuan nya adalah data Tgl dan Jam pada kolom tgl jam di sheet truck di bandingkan dengan data pada sheet shift.

Mohon Pencerahan nya. :)

Antonius Teguh Prasetya
Internal Audit
08880490893
081233773702

> [...]
>Kepada: [hidden email]
>Dikirim: Selasa, 12 Februari 2013 10:32
>Judul: Re: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?
>

>Dear Pak Anton;

>Pakai conditional formatting:
>cara:
>1. Block range A2:N2
>2. Buka conditional
formatting, isilah seperti pada gambar dibawah
>3. Tekan Ctr+C (copy)
>4.
Block range A3:N60
>5. Pilih Edit => Paste special => Formats. Lalu

  para Master

ScreenHunter_19.jpg (66K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

ANTONIUS TEGUH
jadi yang pertama harus di cari adalah bagaimana formula untuk mendapatkan "A", "B", dan "C" pada kolom Shift, supaya tidak input manual :)

Terima Kasih

Antonius Teguh Prasetya
Internal Audit
08880490893
081233773702

> [...]

>08880490893
>081233773702

formatting, isilah seperti pada gambar dibawah

  para Master

ScreenHunter_19.jpg (66K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

Miss Jan Raisin
Untuk mewarnai gunakan cara dari pak Bagus,

untuk mendapatkan A, B, atau C gunakan formula berikut dengan menyusun
ulang tabel di sheet Shift

=INDEX(Shift!$C$3:$E$33;MATCH(INT(C2);Shift!$B$3:$B$33;0);MATCH('Data
Truck'!C2-INT('Data Truck'!C2);Shift!$C$2:$E$2;1))

atau

=VLOOKUP(INT(C2);Shift!$B$3:$E$33;MATCH('Data Truck'!C2-INT('Data
Truck'!C2);Shift!$C$2:$E$2;1)+1;TRUE)

Best Regard,

-Miss Jan Raisin-

Pada 12 Februari 2013 16.01, ANTONIUS TEGUH PRASETYA

re-SHIFT.xlsx (26K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

ANTONIUS TEGUH
Terima Kasih :D, solusi yang pas sekali di hati. tapi kalo boleh merepotkan lagi bisa tidak kalo tidak pake data shift, namun langsung dari Sheet Data Truck.
Aturan Shift bisa di lihat pada Sheet Shift yaitu :
1. ada 3 Group, A, B, C
2. Shift Ganti setiap 2 hari sekali.
3. Per-Shift bekerja 12 Jam, Shift I : Jam 07:00 s/d 19:00 dan Shift II : Jam 19:00 s/d 07:00
4. 1 Hari ada 2 Regu yang bekerja dan 1 regu Libur

Maksudnya biar gak perlu bikin jadwal shift lagi, jadi langsung aja dari data truck (kolom tgl Jam) :D.

tambah njelimet ini (@^@)'

ini sudah nyoba, dengan membuat 1 kolom bantu untuk isikan Regu yang pertama kali Shift, dan mulai pada Jam berapa. selanjutnya mengikuti Pola Shift yang sudah ada.
Tapi sekali lagi belum berhasil :D

Hormat buat semua Bel-Exceler

Antonius Teguh Prasetya
Internal Audit
08880490893
081233773702

> [...]
formatting, isilah seperti pada gambar dibawah

  para Master

ScreenHunter_19.jpg (66K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

the_x_mikey
Maaf, Out of topic sebentar.

Pak Jan,

Saya mempelajari rumus hebat yang Anda berikan dibawah tapi saya agak kebingungan dengan fungsi match. Saya bingung mengenai match type yang biasanya diisi 0 ataupun 1. Selama ini saya buat dengan menerka dan mengganti 0 ataupun 1 sehingga saya mendapatkan hasil yg sy mau.

INDEX(Shift!$C$3:$E$33;MATCH(INT(C2);Shift!$B$3:$B$33;0);MATCH('Data Truck'!C2-INT('Data Truck'!C2);Shift!$C$2:$E$2;1)

Di contoh formula ini ke 2 match type tsb digunakan,
Mohon bantuannya untuk memberikan pencerahan

Many thanks in advance
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

<[hidden email]>menulis:

> [...]
> 3. Tekan Ctr+C (copy)
> 4. Block range A3:N60
> 5. Pilih Edit => Paste special => Formats. Lalu OK

Hai Teguh,

Jika ingin membuat filr terlampir lebih mudah untuk diubah, buat 3 cell
bantu yang berisi nilai-nilai yang dijelaskan dalam file, yaitu :
1. teks pola (deretan teks biru dan merah jadi sebuah teks pola yang utuh)
2. tanggal mulai berlaku pola (hijau)
3. jumlah hari untuk lengkapnya satu siklus pola terpenuhi (angka bold)
Kemudian ubah formula dalam Conditional Formatting (yang akan Anda buat
sesuai petunjuk dalam file terlampir) agar merujuk ke cell-cell bantu
tersebut.

re-SHIFT.xlsx (21K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

Miss Jan Raisin
Untuk match type dalam fungsi Match ada 3 macam, yaitu 1, 0, dan -1

untuk 0 akan mencari nilai yang sama persis, jika tidak ditemukan maka akan
menghasilkan #N/A, tabel boleh tidak berurut.
untuk 1 akan mencari nilai yang sama persis, jika tidak ditemukan akan
mengambil nilai terkecil sebelumnya, syarat: tabel harus disort Ascending
untuk -1 akan mencari nilai yang sama persis, jika tidak ditemukan akan
mengambil nilai terbesar sebelumnya, syarat: tabel harus disort Descending

untuk jelasnya bisa lihat di contoh file terlampir.

-Miss Jan Raisini-

Sample Formula Match.xlsx (12K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

ANTONIUS TEGUH
Terima Kasih semua atas pencerahan nya :D akhir nya berhasil juga hehehe.

Belajar-Excel memang tempat terbaik belajar excel ...TOP.

Antonius Teguh Prasetya
Internal Audit
08880490893
081233773702

> [...]

>untuk jelasnya bisa lihat di contoh file terlampir.
>

>-Miss Jan Raisini-

formatting, isilah seperti pada gambar dibawah

  para Master

Re: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

zium
Dear All Master,
Kasus tersebut hampir mirip dengan yang saya punya (see attach file untuk lengkap pertanyaannya), namun disini saya jelaskan dulu analisa nya.

Contoh : saya punya 2 sheet antara lain sheet A dan Sheet B, saya mau nya content warna di sheet B mengacu pada Nomor Induk dan Tgl IN OUT barang di sheet A, saya mengalami kebingungan menggunakan formula yang sudah diberikan master-master diatas hehehe.

Silahkan di cek attachement ya .... thanks before,
Semoga berkah,

AamiinTrial_antar_Sheet.xlsx

Re: [belajar-excel] Cara mem-block Cell dengan Warna otomatis sesuai data ...?

Sebaiknya Anda mendaftar menjadi anggota milis Belajar-Excel.

Dengan begitu, semakin banyak BeExceller yang akan mencoba untuk membantu.
Jarang sekali anggota milis Belajar-Excel yang berkeliaran di backup (yang ada di Nabble ini).

Cara join ke milis Belajar-Excel adalah dengan mengirimkan email kosong ke :
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

Kemudian posting seluruh masalah kepada seluruh BeExceller dengan membuat email baru pada akun email pribadi Anda yang ditujukan ke :
belajar-excel@yahoogroups.com