Quantcast

[belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

[belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

cindhi dwi
Assalamu'alaikum wr wb..

Para suhu excel, mohon bantuannya lagi ya..

Jadi, saya akan membuat summary report.. Ada dua sheet, sheet pertama berisikan summary value dari sheet kedua. Di sheet kedua berisi report secara keseluruhan

Jadi, setiap value yang kurang dari standar (berwarna merah) akan ter-record di tabel record value..

Pada sheet summary Value (yang berwarna merah) pada sheet report akan muncul di sheet ini sesuai dengan NE dan jam nya.. Sedangkan Value yg tidak berwarna merah akan bernilai "-"

Pertanyaannya Bagaimana cara memasukkan value (yang berwarna merah) pada sheet report ke sheet summary jika pada tabel record value terdapat angka lebih dari 0?

--
Matur nuwun,

Regards,

Cindhi Dwi Novita

1.png (46K) Download Attachment
2.png (37K) Download Attachment
Summary Report.xlsx (14K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

Bagus
Dear Cindhi;

File terlampir semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

re-summary report.xls (42K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Sheet Summary :
cell C3 :
=(Report!C3<75)*Report!C3
kemudian di format cell custom : [Red]0;;"-"
Conditional formatting tidak diperlukan
Copy ke cell lain untuk area Traffic

cell i3 :
=(Report!I3<95%)*Report!I3
kemudian di format cell custom : [Red]0%;;"-"
Conditional formatting tidak diperlukan
Copy ke cell lain untuk area Success (%)

Jika pada Report akan menggunakan format cell juga (tanpa conditional
formatting) :
format number area :
1. Traffic : [Red][<75]0;;0
2. Success (%) : [Red][<0.95]0%;;0%

Bagaimana jika bermain dengan 1 sheet saja (sheet report yang bisa berlaku
sebagai sheet summary) ?
Tentu harus dibantu sebuah cell pilihan menggunakan data validation dan
area menggunakan conditional formatting.
Sepertinya cara ini baru ada untuk xl2007 ke atas.
Lihat sheet bernama Coba1Sheet

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/3/22 cindhi dwi <[hidden email]>

> [...]
> sheet report ke sheet summary jika pada tabel record value terdapat angka

re-Summary Report.xlsx (17K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

Untuk membuat seperti sheet Coba1Sheet yang bisa untuk semua versi Excel
adalah dengan tidak menggunakan format number pada Conditional Formatting,
tetapi menggunakan Fill Color dan Font Color yang sama.

Contoh terlampir pada sheet CobaSemuaVersi.

re-Summary Report_r1.xlsx (19K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

Bagus
Mantab Mister...
Terima kasih Ilmu tentang format cell custom nya...

Wassalam

~ Bagus ~

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

:)
silakan lihat yang sedikit detil tentang Custom Number
Format<http://www.ozgrid.com/Excel/CustomFormats.htm>supaya bisa
meliarkan imajinasi dalam bermain dengan number format.

2013/3/22 Bagus <[hidden email]>

> Mantab Mister...
> Terima kasih Ilmu tentang format cell custom nya...
>

> Wassalam****
>
> ~ Bagus ~
>
> ****

Dear Mister;

Saya buka di komputerku (xl 2003) koq tidak ada perubahan ya antara tampilan report & tampilan summary.
pada sheet CobaSemuaVersi di cell E1 tak gonta-ganti report / summary.. koq podo wae mister.. no Expression

Wassalam

~ Bagus ~

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

Coba file terlampir. Mungkin efek conditional number format masih ikut
serta dalam sheet tersebut.
Kabarkan kalau masih ndak bisa, nanti biar saya buat ulang.

re-Summary Report_r2.xlsx (19K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

Bagus
Dear Mister;

Masih tetap sama, alias belum bisa Mister..
Mungkin bisa cba dikirim versi xls aja, bukan xlsx
barangkali auto convert nya disini berpengaruh..

Wassalam

~ Bagus ~

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

Oke.

re-Summary Report_r3.xls (37K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

cindhi dwi
Mister,, maaf yaa.. saya belum ngerti cara buat data validation..
Mohon bimbingannya..

________________________________
> [...]

Wassalam
~ Bagus~

>Jika pada Report akan menggunakan format cell
  [Red][<75]0;;0
> [...]
>Tentu harus dibantu sebuah cell pilihan menggunakan data
  validation dan area menggunakan conditional formatting.
  Coba1Sheet

> [...]
>
>Assalamu'alaikum  wr wb..

    pada sheet report ke sheet summary jika pada tabel record value terdapat

    Novita

Re: [belajar-excel] Cara memasukkan value yg kurang dari standar

Oh oke...

Coba di sheet baru :
A1 diisi  Jeruk
A2 diisi  Mangga

Cara 1 : daftar dalam data validation adalah hasil input langsung
muncul dialog
 -> Allow : pilih List
 -> Source : tulis teks yang berbunyi :
          Salak,Durian
 -> tekan OK

Cara 2 : daftar dalam data validation adalah hasil rujukan ke suatu range
tertentu yang satu sheet
muncul dialog
 -> Allow : pilih List
 -> Source : klik range selector [kotak kecil dikanan area penulisan
source] -> tunjuk range A1 sampai A2 -> klik range selector lagi
 -> tekan OK

Cara 3 : daftar dalam data validation adalah suatu range data hasil formula
(range dinamis)
muncul dialog
 -> Allow : pilih List
 -> Source : tulis formula berikut :  (jika regional setting komputer Anda
adalah Indonesia, ganti koma dengan titik koma)
        =$a$1:index($a:$a,counta($a:$a))
 -> tekan OK

Cara 4 : daftar dalam data validation adalah suatu range yang ada di sheet
lain
Name a range -> muncul dialog
 -> Name : tulis
        _myList_
 -> tekan OK

Tools -> Data Validation -> muncul dialog
 -> Allow : pilih List
 -> Source : tulis formula
       =_myList_
 -> tekan OK

item)

Cara 5 : daftar dalam data validation adalah suatu range yang dinamis yang
ada di sheet lain
Name a Range -> muncul dialog
 -> Name : tulis
        _myDinamis_
 -> Refers to : hapus isinya sampai kosong, lalu tulis formula berikut :
> [...]
        =$a$1:index($a:$a,counta($a:$a))
 -> tekan OK

Data -> group Data Tools -> Data Validation -> muncul dialog
       =_myDinamis_
 -> tekan OK

Simpulan :
- Data validation memiliki banyak opsi allow.
- Cara 1 sampai 5 di atas adalah cara penggunaan allow List.

OK

Sudah bisa Mister..
Terima kasih atas Ilmunya..
Mantabbs..