Quantcast

[belajar-excel] Cara menjumlahkan row menggunakan macro vba

[belajar-excel] Cara menjumlahkan row menggunakan macro vba

martin_0314
Dear,

Mohon pencerahan dari pakar2 excel sekalian,
Pada excel, cara menjumlah row dengan formula =COUNTA(A2:A5),
Bagaimana cara menjumlahkan row tsb menggunakan macro dan penjumlahannya muncul di userform (texbox) sedangkan data di excel menggunakan filter...

Data yg diinginkan adalah, setiap x memfilter data diexcel berdasarkan yg kita mau, jumlahnya selalu muncul di userform (texbox) sesuai dgn hasil filter

Terima kasih
Sent from my BlackBerry® smartphone

Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: [hidden email]

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  [hidden email]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Re: [belajar-excel] Cara menjumlahkan row menggunakan macro vba

Miss Jan Raisin
hai Matin,

sebuah sample workbook akan sangat berguna untuk Be-Exceller yang ingin
memberikan solusi

kadang kala Be-Exceller malas untuk menanggapi suatu thread walau pun tau
solusinya hanya dikarenakan harus bersusah payah membuat workbook dummy-nya
dulu.
kadang workbook yang sudah dibuat dengan susah payah itu pun tidak sesuai
dengan keinginan si penanya.

jadi solusi kali ini juga hanya berdasarkan asumsi dan dugaan saja.. jika
berbeda dengan harapan maka harap dimaklumi

agar proses filter dapat dikenali, maka dibutuhkan sebuah cell sebagai
trigger-nya
dalam cell ini harus dipasang sebuah fungsi yang bersifat volatile, dalam
kasus ini CountA digantikan dengan fungsi SubTotal(3, .....) yang
menghasilkan nilai sama persis

karena fungsi yang digunakan bersifat volatile, maka setiap kali ada
perubahan akan terjadi proses kalkulasi, event inilah yang dipilih untuk
memasukkan nilai SubTotal pengganti CountA ke dalam text box di dalam
sebuah user form.

scriptnya sangat pendek

Private Sub Worksheet_Calculate()
    UserForm1.TextBox1.Text = Range("b1").Value
    UserForm1.Show
End Sub

file solusi terlampir semoga sesuai dengan harapan

Salam,

-Miss Jan Raisin-

MJR-Input Jumlah Hasil Filter Ke Dalam Text Box.xlsb (21K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cara menjumlahkan row menggunakan macro vba

martin_0314
Dear,
Mas Jan Raisin

Terima kasih banyak atas saran dan masukannya, formula tersebut sesuai dengan harapan saya.

Kalau boleh tau, bagaimana cara print out userform berbentuk landscape
Formula yg sy gunakan adalah (Userform.PrintOut)
Mohon sarannya, terima kasih.

Salam

> [...]

> Data yg diinginkan adalah, setiap x memfilter data diexcel berdasarkan yg
> kita mau, jumlahnya selalu muncul di userform (texbox) sesuai dgn hasil

[belajar-excel] Re: Cara menjumlahkan row menggunakan macro vba

Hai Martin,

Sebenarnya akan lebih baik jika pembahasan tentang printout userform diposting dengan membuat email baru (bukan reply), sehingga akan terbentuk topik yang baru.

btw, masalah printout userform ini, sepertinya akan lebih mudah jika seluruh data dalam userform disalin ke worksheet kemudian worksheet tersebut yang dicetak.

andaikata tetap inginnya si userform yang dicetak, maka si userform dijadikan sebuah bitmap yang dipaste ke sebuah sheet sementara yang diatur agar printout si sheet dalam keadaan landscape.

kira-kira begini :
1. dibuatkan sebuah tombol dalam userform untuk melakukan pencetakan
2. kemudian, buatkan sebuah sheet baru sebagai wadah sementara
3. atur agar setting printout si worksheet sementara adalah landscape
** nomor 1 sampai 3 sepertinya ada di posting lawas, biasanya juga akan ada penggemar VBA yang membuatkannya dalam waktu dekat ini (kalau masih ada yang online disela cuti bersama)
4. dalam tombol pencetakan yang ada di userform, diberi kode untuk melakukan copy userform ke clipboard dan mem-paste ke sheet sementara. Kira-kira bunyinya :
'baris kode untuk atur keberadaan dan format sheet sementara disini
nama_userformnya.repaint 'supaya si tombol pasti udah balik normal usai dipencet
application.sendkeys "%{PRTSC}"  'copy userform doang ke clipboard
doevents   'supaya proses lainnya tetap dilaksanakan seperti biasa
nama_sheet_sementara.paste   'paste dari clipboard ke sheet
nama_sheet_sementara.printout  'cetak si sheet
'baris kode untuk bersihkan sheet sementara disini