[belajar-excel] Cetak Mode Teks

Milis Belajar Excel mailing list
Dear B-Exceller,

Bermain sambil bekerja di excel memang menyenangkan dan seakan tak habis
untuk diexplore.

Nah sekarang saya ingin tahu bagaimana caranya mencatak dengan mode text
seperti mencetak mencetak struk pembelian atau formulir preprinted lainnya ?

Karena jika kita cetak dengan font atau mode graphic proses pencetakannya
butuh waktu lama, apalagi kalau jumlah yang dicetak banyak.

Mohon pencerahannya

Terima kasih

Heru Safrudin

 <ymsgr:sendIM?heru.safrudin> Heru SafrudinBISI,Heru Safrudin,YM online

image001.gif (3K) Download Attachment
image002.gif (64K) Download Attachment
image003.png (3K) Download Attachment
image005.png (4K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cetak Mode Teks

Milis Belajar Excel mailing list
Hai Heru,

Terus terang, saya kurang paham maksud kasusnya.

Andai yang dimaksud ada kertas yang sudah dicetak (dipercetakan) berupa
kertas form isian, kemudian akan mencetak isian dalam kertas form tersebut
melalui Excel, maka dibutuhkan peletakan nilai yang akan dicetak pada cells
tertentu yang pas benar dengan layout kertas form isian tadi.

Setelah itu, bisa dilakukan proses cetak seperti biasa. Bila perlu, coba
opsi draft yang disediakan oleh printer atau melalui page setup tab sheet
bagian Print lakukan centang pada opsi draft quality.

[hidden email] [belajar-excel] <
[hidden email]>:

> [...]
>

> Terima kasih
>

> Heru Safrudin
>
> [image: Heru Safrudin][image: BISI,Heru Safrudin,YM online]

Yth. Mr. Kid,

Oh sesederhana itukah?

Maaf soalnya orang jadul, contoh ceritanya, dulu sebelum ada word kita pake word star, print diset draft atau tidak hasil print out pasti mode text (draft).

Kalo sekarang meskipun dicetak dengan opsi draft tetap modenya grafis, hanya saja hasil cetaknya lebih tipis, kayaknya begitu

Demikian cerita jaman dulu, mohon maaf jika salah dalam menjelaskan

Terima kasih

Heru Safudin

[...]

image006.jpg (582 bytes) Download Attachment
image007.jpg (496 bytes) Download Attachment
image008.jpg (458 bytes) Download Attachment
image009.png (4K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Cetak Mode Teks

hehehe....

Draft quality memang masih graphics mode, karena kebanyakan printer dalam
graphics mode.
Mungkin perlu dicoba kalau pakai driver generic text only jika pakai dot
matrix printer. Entah berhasil atau tidak saya kurang tahu loh ya.
Jadi, install dulu driver printer text mode dengan cara :
Control Panel -> devices n printers -> add printer -> the printer not in
the list atau semacamnya -> install local atau semacamnya di port LPT1
misalnya -> pilih Generic di jenis printer sisi kiri -> pilih Generic /
Text Only disisi kanan -> next sampai finish (bila perlu test page juga
boleh).
Tapi, saya kurang tahu cara pakainya.