Quantcast

[belajar-excel] Converter PDF to Excel

Putri Intecs
Dear para master excel,

Terima kasih,

--- Mods ---
Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.

Pendapat mods :
File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image) membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.
------------

Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel

dedy rauf
(saya bukan master, sesama pelajar)
mungkin filenya berupa gambar (jpeg) yang di convert ke pdf
untuk bisa mengkonversinya dalam excel
coba cara berikut
1. konversi ke bentuk gambar
2. pakai OCR
3. baru pakai excel hehe

apabila ada salh kata mohon maaf

2013/5/3 Putri Intecs <[hidden email]>

> [...]
> membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
> Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search

Bls: [belajar-excel] Converter PDF to Excel

Putri Intecs
Mas Dedy,
terimakasih banyak atas pencerahannya.

saya sudah coba download app. OCR dan sudah coba mengkoversikan seperti yang diarahkan mas dedy.
cuma waktu selesi konversi kebentuk gambar, hanya bisa konversi kebentuk word, tidak ada ke bentuk excell.
saya berhasil, tapi saat file dibuka data nya berantakan, mungkinkah karena file dikonversikan ini memang tidak bagus.

Terimakasih
salam,
Putri

________________________________
 Dari: dedy rauf <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Jumat, 3 Mei 2013 9:58
Judul: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel

> [...]

>Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.

Re: Bls: [belajar-excel] Converter PDF to Excel

Robby Hermawan
Halo,

Nimbrung ya.. Apakah ibu putri sdh pakai software pdf converter? Itu bisa mngkonvert ke word dan excel. Googling aja byk kok yg bs didonlot scr free dgn serial numbernya

Thanks
Delivered by ALLAH PowerBerry INDOSAT

 Dari: dedy rauf <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
> [...]

>------------

Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel

lapendosol opik
Dear Bu Putri,
Coba pakai software NitroPDF
Fungsi dari software itu sendiri untung mengedit file PDF, tapi bisa digunakan untuk mengkonfersi kebentuk office yang lain. Semoga bermanfaat ya
Trimakasih

> [...]

------------

Bls: [belajar-excel] Converter PDF to Excel

joleen lee
Dear Bu Putri,

Saya pakai software Abbyy Fine reader. dengan software itu bisa mengconvert file pdf, bmp, jpg dan beberapa file lain nya menjadi file office seperti excel dan words ,power point dan beberapa extention lain nya juga.
semoga bermanfaat.

trima kasih.

joleen aje deh.....

________________________________

> [...]

------------

Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel

lkm jktind
Saya sering mengconvert file Laporan keuangan .   dari PDF  Ke Excel .

Menggunakan :  Cogniview PDF2XL   hasil nya cukup memuaskan .
cuma dalam penggunaan nya . saya masih belum bisa apabila  di file PDF  ada
yang pakai koma  atau titik.

memang ada juga file PDF -- yg nga bisa / berhasil di convert  mungkin file
gambar kali .

2013/5/3 lapendosol opik <[hidden email]>

> [...]
> Fungsi dari software itu sendiri untung mengedit file PDF, tapi bisa
> digunakan untuk mengkonfersi kebentuk office yang lain. Semoga bermanfaat ya

Dear Pak/Bu lkm jktind (namanya susah amat)
Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar jadi format angka.
Mungkin perlu di coba pak/bu
Trimakasih

> [...]

>Fungsi dari software itu sendiri untung mengedit file PDF, tapi bisa digunakan untuk mengkonfersi kebentuk office yang lain. Semoga bermanfaat ya

Kalau angka nya :
 29,092,991,000 ----
           29,920     29,20

2013/5/6 lapendosol opik <[hidden email]>

> [...]
> Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada
> excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar

29.092.991     ---------> 29.092.991
    29.920     --------->     29.920
29,092,991       ---------> 29.092.991
    29,920      --------->         29,92

kalau pakai cara diatas .

Maka sering saya bikin formula untuk memeriksa apakah ada data yg ada
desimal nya .
Kalau ada saya kalikan dengan seribu , kalau nga ada di kalikan dengan  1.

Salam

Lukman

cara lain aku setting region nya.
cuma nga praktis.  file nya  nga seragam.

2013/5/7 lkm jktind <[hidden email]>

> Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada
> excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar
> [...]

Dear Pak Lukman,
Revisi dari tulisan saya dan agak sedikit ngeles,
Saya pernah conver pdf ke excel, data yang saya perlukan hanya angka-angka tertentu saja untuk dipindahkan ke data aslinya. Yang saya replace dan kalikan 1 agar jadi format angka adalah ketika ketemu dengan data angka berbentuk persen misal 10,28 % (ada spasi sebelum persen), padahal di excel harusnya 10.28%, maka rumus yg saya gunakan (dengan kolom bantu) =SUBSTITUTE(cell_data," ","")*1
Karena banyaknya data yg di replace sampe saya record makro biar lebih mudah
Tapi untuk data seperti contoh Pak Lukman (mengubah titik menjadi koma atau sebaliknya pada kolom yang sama), mungkin memang harus pake cara seperti itu pak, atau ada cara lain yang saya belum tahu Pak.
Trimakasih