[belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria [1 Attachment]

[belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria [1 Attachment]

Stephen Saputro
Dear Rekan-rekan semuanya,

Mohon kiranya dapat di bantu kasus saya. scrpt di bawah saya buat untuk
menghapus row dengan 1 kriteria yang di input di sheet2 A1. Pertanyaan
saya, bagaimana script untuk menghapus row dengan banyak kriteria ?
kriteria2 tersebut saya rencananya taruh di sheet2 A1-A30.
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim lastrow

lastrow = ThisWorkbook.Sheets(1).Range("A65356").End(xlUp).Row

For i = lastrow To 2 Step -1

    If ThisWorkbook.Sheets(1).Cells(i, 1) = Sheets(2).Cells(1, 1).Value Then
        ThisWorkbook.Sheets(1).Rows(i).EntireRow.Delete
    End If

Next i

Delete row lebih dari satu kriteria.xlsm (40K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria

Stephen Saputro
Dear Rekan2 semuanya,

Barusan saya coba2 script di bawah ini, dan berhasil... Hanya saja saya minta
masukan dari teman2 perihal script saya di bawah ini, apa lagi yang perlu
di tambahkan.

Private Sub CommandButton1_Click()
On Error Resume Next

Dim lastrow
Dim C As Range

lastrow = ThisWorkbook.Sheets(1).Range("A65356").End(xlUp).Row

For i = lastrow To 2 Step -1
For Each C In Sheets(2).Range("A1:A50")

    If ThisWorkbook.Sheets(1).Cells(i, 1) = C.Value Then
        ThisWorkbook.Sheets(1).Rows(i).EntireRow.Delete
    End If

Next C
Next i

On Thu, Aug 22, 2019 at 1:33 PM Stephen Saputro [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
>
> Terima kasih

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria

Agus-2
Dear Saputro,
kalau banyak kriteria dapat menggunakan dan, atau
kriteria 1 dan kerteria 2
kreteria 1 atau kriteria 2

If kriteria 1 and kriteria 2 Then
If kriteria 1 or kriteria 2 Then

Kira-kira begitulah ....
Regard
NangAgus
On 8/21/2019 11:30, Stephen Saputro [hidden email]
[belajar-excel] wrote:

> [...]
>
> Terima kasih

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria

Dear Pak Agus,

Terima kasih untuk masukannya, kalau misalkan yang di hapus ada ratusan
ribu row bagaimana ya Pak ? Saya coba seript terakhir yang saya kirim untuk
ratusan ribu row malah gak bisa.hehehe, kalau hanya ratusan row masih bisa
script di jalan kan.

Mohon bantuan nya ya

On Thu, Aug 22, 2019 at 8:53 PM Agus [hidden email] [belajar-excel] <
[hidden email]> wrote:

> [...]
>
> Terima kasih

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria

Sebaiknya script tersebut diubah total (dibuang lalu buat baru malah lebih
baik).
Untuk data yang sedikit, script itu kelihatan bagus.
Untuk data yang banyak, Anda bisa menunggu seharian hanya untuk delete
rows, yang seharusnya bisa hanya 1 atau 2 detik saja.
Tapi itu sih cuman katanya Kid saja ding... ndak usah dianggap serius
banget... wkwkwkwk...

Kalo cara manual yang waras untuk hapus banyak baris berdasar kriteria itu
kan gak mungkin cek baris-per-baris pakai matanya user ?
Ada cara manual yang gak pakai ketajaman mata si user gak ?
Coba deh cari cara manualnya dulu...
Fiturnya Excel kan banyak, gak cuman VBA.
VBA itu untuk mengotomasi proses yang dilakukan secara optimum memanfaatkan
fitur Excel, bukan otomasi cara manual klakliknya si user metanin satu per
satu...
Nah.. kalau sudah punya cara manual yang jitu dengan fitur Excel yang ada,
barulah disusun VBA-nya. Kalo bingung, posting deh ke milis beserta urutan
langkah yang dikerjakan secara manual pakai berbagai fitur Excel tadi.

Itu kan kasusnya baru filter berdasar 1 kolom kriteria (mau isinya 1 kolom
kriteria itu dari A1-A30 atau A1-A900000, juga sama saja tetap 1 kolom
kriteria).
Kalau ada lebih dari 1 kolom kriteria dan per kolom kriteria ada banyak
item, dan kombinasi kolom-kolom kriterianya juga banyak, lalu IF nya di VBA
mau dipasang jadi berapa lembar module ?
lah... makin kelihatan rada gak warasnya kalo pakai cara yang ada sekarang
tersebut kan...

ayok... dicoba dicari cara hapus yang lebih baik dengan berbagai fitur
Excel.

On Fri, Aug 23, 2019 at 8:44 AM Stephen Saputro [hidden email]
> [...]

> ratusan ribu row malah gak bisa.hehehe, kalau hanya ratusan row masih bisa

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria [1 Attachment]

Stephen Saputro
Pak Kid dan semua nya,

Jadi kasus saya seperti ini. Saya hanya mempunyai table dengan 4 header :

[image: image.png]

Masing2 customer code mempunya loan dan dedcution nya. yang saya harus buat
adalah membuang semua angka "0", atau semua angka yang kalau di jumlahkan
maka hasil nya adalah "0" atau mungkin kalau rounding bisa "1 atau 0". SAya
coba buat pivot nya, kurang lebih seperti di bawah ini :

[image: image.png]

Yang saya warnain biru adalah angka2 yang kalau di jumlahin hasilnya adalah
"0". JAdi untuk kasus gambar di atas adalah customer XYZ 00122362 mempunyai
balance sebesar 757.6. Yang warna biru itu akan di hapus, dan yang tersisah
adalah yang warna merah. Begitu juga dengan customer yang lainnya.

mohn bantuannya ya teman2 semuanya.

On Sun, Aug 25, 2019 at 3:16 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

> tersebut kan...
>
> ayok... dicoba dicari cara hapus yang lebih baik dengan berbagai fitur

image.png (12K) Download Attachment
image.png (60K) Download Attachment
Delete data yang tidak beraturan.xlsx (4M) Download Attachment

Re: [belajar-excel] filter warna pada pivot

Stephen Saputro
Selamat pagi teman2 semuanya,

Sambil menunggu bala bantuan, hehehe, saya ingin meminta bantuan untuk
kasus yang satu lagi  yang masih sama dengan kasus di awal.

Bagaimanakah cara agar warna yang kita taruh di pivot dapat di filter
sesuai warna?

Terima kasih

On Tue, Aug 27, 2019 at 5:47 PM Stephen Saputro [hidden email]
> [...]

image.png (12K) Download Attachment
image.png (60K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria

Masalah menyusun key untuk bisa menyatukan loan dengan deduction kan ya...
Key berdasar kode ledger dan nilai gl loan. Pada baris deduction, key-nya
sama, yaitu berdasar kode ledger dan nilai gl loan, hanya saja, nilai gl
loan adalah negatif nilai gl deduction.
Setelah itu baru disusun nomor urutnya dengan berdasar key tadi.
Di pivot, nomor urut harus ditampilkan. Kemudian filter value untuk sum
nilai yang selain 0

On Tue, Aug 27, 2019 at 5:46 PM Stephen Saputro [hidden email]
> [...]

> mempunyai balance sebesar 757.6. Yang warna biru itu akan di hapus, dan
> yang tersisah adalah yang warna merah. Begitu juga dengan customer yang

re-Delete data yang tidak beraturan.xlsx (29K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] filter warna pada pivot

Tidak bisa dan andai diwarna diterapkan pada bagian Rows atau Columns
sehingga bisa di-filter pun tetap tidak direkomendasikan.

On Thu, Aug 29, 2019 at 3:45 PM Stephen Saputro [hidden email]
> [...]

image.png (12K) Download Attachment
image.png (60K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] filter warna pada pivot

Baik Pak Kid, Terima kasih info nya.

On Thu, Aug 29, 2019 at 8:48 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

image.png (12K) Download Attachment
image.png (60K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria

Terima kasih untuk bantuannya. Sangat membantu sekali.

Btw sya coba untuk filter semua yang bukan "0", tapi pesan nya seperti ini
:

[image: image.png]

Itu harus gimana ya pak ? di kertas kerja yang asli, saya tambahkan 1 buah
tabel yang jumlah row nya 150K untuk di buat relationship nya ke tabel
master.
apakah karena itu ?

image.png (9K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria

Saya tidak tahu penyebabnya.
Pesan yang muncul menunjukkan bahwa data model yang Anda bangun membutuhkan
ruang memory yang melebihi batas kapasitas memory yang diijinkan.
Data 150K itu masih terhitung sedikit. Jadi, potensi yang mungkin adalah
kurang pasnya pemilihan susunan kolom tabel referensi dan pemilihan kolom
yang direlasi.

On Tue, Sep 3, 2019 at 10:11 PM Stephen Saputro [hidden email]
> [...]

> apakah karena itu ?

image.png (9K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria

Terima kasih Pak Kid untuk informasinya. btw kalau menjalankan formula
match di Data model nama nya apa ya pak?

On Tue, Sep 3, 2019 at 11:47 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

> Kid

image.png (9K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Delete row lebih dari satu kriteria

Match buat apa ya ?
Setahu saya match yang dibutuhkan data model adalah proses lookup ke tabel
relasi.

On Wed, Sep 4, 2019 at 10:56 AM Stephen Saputro [hidden email]