[belajar-excel] Display Linked Picture in Worksheet to Userform

[belajar-excel] Display Linked Picture in Worksheet to Userform

Eira_ariE
Assalamualaikum warahmatullahi wa barakaatuh
Mohon bantuannya ..Saya mempunyai sheet surat keterangan di Excel, lalu saya set print area, copy Linked picture ..

Saya buat juga userform dengan ada combobox id dan image .. harapannya jika kita ubah id record combobox maka, display image di userform ikut berubah mengikuti Linked picture di sumber sheet..
Bagaimana kode vba nya menamplikan Linked picture di userform ?
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wa barakaatuh
Ari
Dikirim dari Yahoo Mail di Android

Re: [belajar-excel] Display Linked Picture in Worksheet to Userform

wa'alaikumussalam wr wb

Pakai VBA dengan step :
1. buat chart kosong di sebuah sheet kosong
2. ubah tinggi dan lebar chart kosong tadi agar sama dengan ukuran shape
dari linked picture
3. copy shape linked picture -> select chart kosong -> paste shape linked
picture ke dalam chart kosong -> chart jadi berisi shape linked picture
4. select chart -> export ke lokasi tertentu dengan nama tertentu dalam
format jpg misalnya
5. delete chart di sheet kosong
6. di userform sudah ada image control -> pada image control, lakukan load
picture mengambil hasil export chart tadi

wassalamu'alaikum wr wb
Kid

On Mon, Aug 31, 2020 at 4:39 PM Eira I Arie [hidden email]

> [...]

Re: [belajar-excel] Display Linked Picture in Worksheet to Userform

Yth. Mr. Kid
Berikut kode vba yang coba saya buat :
Option ExplicitDim Grafik As ChartDim Gambar As String
Sub BukaLinkedPicture()Set Grafik = Sheet11.ChartObjects("Chart 1").ChartGambar = ThisWorkbook.Path & "\" & "mychart1.JPEG"

    Sheets("lap stase").Select    ActiveSheet.Shapes.Range(Array("Picture 9")).Select    Application.CutCopyMode = False    Selection.Copy    Sheets("Sheet1").Select    ActiveChart.Paste    Grafik.Export Filename:=Gambar, Filtername:="JPEG"Image1.Picture = LoadPicture(Gambar)
End Sub
Private Sub hapus_Click()    Sheet11.ChartObjects("Chart 1").Activate    ActiveChart.Shapes.Range(Array("Picture 4")).Select    Selection.Delete    tampilkan.Enabled = TrueEnd Sub
Private Sub tampilkan_Click()Call BukaLinkedPicture
tampilkan.Enabled = FalseEnd Sub
Private Sub TextBox1_Change()Sheet9.Range("an5").Value = TextBox1.ValueEnd Sub

mohon koreksinya kode tersebut ..saat chart bersih, kode tampilkan berjalan sukses.
tetapi, saat mau menampilkan ID lain, ingin menghapus dulu picture id sebelumya di chart gagal (nama obsject picyure nya berubah2) ..bagaimana mensiasati name object yang berubah-ubah saat copy paste linked picture ke chart kosong ?
terima kasih

[...]

Tentang :

> [...]

> picture ke chart kosong ?

> Chart wadah dibuat dengan script, sekalian diatur supaya width dan height
chart shape sama dengan width dan height picture shape.
dim shpChart as shape
set shpChart=sheets("nama sheet lokasi chart").shapes.addchart2(
width:=shapenyapicture.width, height:=shapenyapicture.height)

> Chart wadahnya selalu dibuang (drop alias delete) setiap kali sudah
selesai export jadi image file.
shpchart.delete

> jadi, tidak perlu menghapus picture di dalam chart karena chart tidak
pernah ada dalam worksheet kecuali ketika mengekspor shape picture menjadi
image file

> sedangkan picture yang akan diproses (diekspor menjadi image file), bisa
di set sebelum proses membuat chart (sebelum baris shapes.addchart2)
   dim shapenyapicture as shape
   dim shpChart as shape
   set  shapenyapicture=blabla
   set shpChart=sheets("nama sheet lokasi chart").shapes.addchart2(
width:=shapenyapicture.width, height:=shapenyapicture.height)

On Tue, Sep 1, 2020 at 6:04 AM Eira I Arie [hidden email]