[belajar-excel] Edit Links

agesthahendra@ymail.com
Halo rekan2 milis,...
Saya punya file A.xls yang mempunyai links dari suatu file B.xls, ketika saya buka A.xls keluar prompt yg mengatakan source link can not be updated, kemudian saya coba "edit Links" statusnya mengatakan erorr: Source Not Found, saya coba teliti berulang path dari source tersebut (B.xls),ternyata masih ada dan tidak berubah nama, lalu saya berinisiatif utk me-relink, tapi tombol "Change Source" disable (begitu juga dengan tombol "Update Values" dan "Break Links"-nya juga disable)...pertanyaan saya bagaimana caranya men enable tombol "Change Source" tsb..? atau ada cara lain utk me refresh atau me relink ke source yg kita inginkan...Terim kasih,,,

Regards
Hendra

Re: [belajar-excel] Edit Links

Hilman
Dear Hendra,
Waduh.... saya belum pernah ngalami kasus seperti yang dialami oleh Pak Hendra.
Sayang, contoh file A.xls tsb tidak bisa dilampirkan ya. Kalo bisa, Save as file aslinya, hapus sebagian isinya, sehingga tinggal menyisakan sebagian kecil isinya. Kalo isinya rahasia, ganti isi datanya.

Regards
Hilman

________________________________

Re: [belajar-excel] Edit Links

aji mumpung
Pak Hendra,

Secara default untuk tujuan keamanan user, Microsoft Excel akan mematikan
(men-Disable) fitur automatic Update Link jika user membuka sebuah File
yang isinya merujuk kepada suatu nilai atau rumus di File lain.

Pada versi 2007 ke atas, pada saat user membuka File A.xls yang merujuk ke
File B.xls (*kondisi ile B.xls dalam keadaan tertutup*), pada pojok kiri
atas akan muncul gambar seperti ini

[image: Gambar sisip 1]

User diberikan hak untuk melakukan Up Date link atau tidak.
Kondisi : 1 : User ingin melakukan update link, maka akan terbuka sebuah
form (seperti form Save As atau Open) yang akan meminta user untuk memilih
File yang digunakan sebagai referensi terhadap File A.xls

Kondisi 2: User tidak mau melakukan up date, maka nilai File A.xls akan
mencantumkan nilai terakhir berdasarkan Up Date terakhir berdasarkan File
B.xls

Pada versi 2007 ke atas user dapat langsung meng-Enable-kan fitur Autonatic
Up Date dengan cara meng-klik tombol di sebelahnya, sedangkan untuk versi
2003 sebelumnya silakan pak Hendra cari sendiri melaui fungsi Help-nya
Excel (saya lupa fitur ini ada dalam menu yang mana"

Cara lain untuk meng-Update link tersebut adalah, user harus membuka
terlebih dahulu File B.xls yang menjadi rujukan sebelum membuka File A.xls.

Semoga penjelasan saya yang sedikit panjang ini tidak membuat yang membaca
merasa bosan yang akhirnya mematikan komputernya hehehehe..

Jika ada yang terlewat tolong dilengkapi, jika ada yang salah tolong
dikoreksi

Wassalam,

-Aji Mumpung-

Pada 15 September 2012 06:28, Hilman <[hidden email]> menulis:

> [...]
> as file aslinya, hapus sebagian isinya, sehingga tinggal menyisakan
> sebagian kecil isinya. Kalo isinya rahasia, ganti isi datanya.

Up Date Link.png (70K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Edit Links

agesthahendra@ymail.com
Maaf buat Mas Aji dan Mas Hilman saya baru buka email....

Secara gak sengaja saya nemu solusinya, ini saya share semoga bermanfaat buat yg lain...dan mungkin para master excel bisa menjelaskan kenapa sebabnya.
Awal erorr ini disebabkan teman saya mengcut A.xls dari PC saya dgn maksud mengerjakan di rumah, tetapi B.xls (source.A.xls) tdk diikutkan dicopy...(sebenarnya B.xls terdapat dalam folder, katakanlah pathnya D:\XXX\B.xls), supaya A.xls berjalan "semestinya" maka  XXX\B.xls harusnya ikut dicopy dan dipaste ke Drive D ke PC pengerjaan tempat teman saya itu.
Setelah lama kemudian saya "ambil" lagi A.xls dan saya taruh di tempatnya semula di PC saya, nah timbul erorr menyatakan source B.xls not found, padahal saya tidak merubah apapun,,,D:\XXX\B.xls sbg source tetap ada ditempatnya. Yang bikin saya heran excel menyatakan path yg tidak ditemukan adalah D:\XXX\XXX\B.xls (dengan 2 folder XXX di awal path), selain itu anehnya semua tombol pada Dialog Box Edit Links semua tombol "disable" sehingga saya tidak bisa memakai fitur tombol "Change Source" utk mem-browse ke file source yg saya inginkan. Saya coba "mengikuti" comment erorr yg menyatakan D:\XXX\XXX\B.xls not found, yaitu saya tambahkan folder XXX di folder D:\XXX\B.xls...sehingga setelah itu benar2 ada D:\XXX\XXX\B.xls di PC saya,....saya coba buka lagi A.xls ...eh malah erorrnya nambah :D:\XXX\XXX\XXX\B.xls not found (skrg dengan triple folder XXX di awal path) dan tetap semua button di dialog box edit link tetap disable alias gak bisa di-klik...
Barusan saya iseng mengganti total nama folder source, katakanlah D:\XXX\B.xls saya ubah jadi D:\New_Folder\B.xls....terus saya buka A.xls dan hasilnya tetap erorr,...tetapi semua button didi dialog box edit link menjadi enable (bisa difungsikan)...nah jadinya saya tinggal klik button"Change Source" dan membrowse ke file B.xls yang saya inginkan...dan berhasil A.xls ter-update dengan B.xls...
Maaf ceritanya panjang banget, mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi rekan2 yang lain,...terima kasih buat replynya...

Regards
Hendra

 Dari: aji mumpung <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]