Quantcast

[belajar-excel] File Excel dengan Macro Berat.

[belajar-excel] File Excel dengan Macro Berat.

Ahmad Zawawi
Salam..

Kepada para senior, izinkan saya bertanya ttng masalah saya. Mohon sarannya. Semoga ada yg mengetahui solusinya.

Saya mengalami kendala pada file xlsm yg saya buat. File ini awalnya saya buat tanpa userform. Saya hanya tambahkan beberapa commandbutton di worksheet utk memposting data input ke sheet database. Sudah bekerja baik sesuai fungsinya. Hanya saja terjadi keluhan:

1. File excel ini jadi berat, (sedangkan file excel lainnya tidak masalah). Ukuran file sempat membengkak menjadi 3 MB lebih. Saya coba hapus sheet "form input" yang berisi banyak kode. Berhasil, file mengecil jadi 200KB. meski saya tetap tidak tau secara pasti penyebab sheet tsb membengkak. Saat saya insert sheet baru dan mencopy range yg saya gunakan pada sheet yg sy hapus tadi, tidak ada perubahan file yg signifikan. Padahal semua kode macro juga saya sertakan ulang. Nampaknya masalahnya murni pada worksheet bersangkutan.

Dan user sering memasukkan data dg cara copas yg mengakibatkan perubahan format cell. Cell jadi berstatus locked. Sehingga terjadi error saat tombol2 ditekan.
Lalu saya coba tambahkan userform agar saat paste teks hanya teks saja yg tercopy, tidak menyertakan format. dan juga tentunya agar bisa merasakan manfaat kemudahan userform. dengan copas code sana sini (karna msh pemula).

Userform ini blm jadi. Krn sulit mencari panduan membuat formula penjumlahan nilai bbrp textbox ke dalam sebuah textbox.

Dan makin berat pula file excel ini saya buka meski ukurannya kurang dari 600KB. Saking beratnya butuh waktu 1-2 menit untuk refresh atau klik.
Mungkin banyak faktor penyebab beratnya file excel saya.
Tp dlm forum ini, Pertanyaan saya: secara coding adakah code yg salah sehingga memperberat kerja macro?

2. Saat userform diclose, klik mouse dan tombol keyboard menjadi "tidak berfungsi" kecuali setelah macro dihentikan dari jendela VBA. Dimana letak kesalahannya?
Lampiran: mengingat filenya sangat besar melampaui ukuran yg diizinkan di milis ini (100kb), saya hanya lampirkan screenshotnya saja. Filenya saya sertakan linknya saja. http://dl.dropbox.com/u/106337971/Form_Penjualan_v4b.rar (396KB)
jika ingin mengetahui file yg membengkak hingga 3 MB ini linknya: http://dl.dropbox.com/u/106337971/Form_Penjualan_v3.rar

Mohon bantuannya. Semua sheet yang diprotect bisa dibuka tanpa menggunakan password.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih, mohon maaf karna kepanjangan.

Ahmad Zawawi

Form Penjualan.JPG (100K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] File Excel dengan Macro Berat.

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

1. Coba ganti semua nama range, formula dalam cell atau formula dalam data
validation yang menggunakan fungsi Offset atau Indirect menjadi menggunakan
fungsi Index. Jika memang sudah pakai VBA, atur saja semua nama range yang
menggunakan fungsi Offset atau Indirect agar dibuat oleh VBA dengan merujuk
alamat cell yang pasti tanpa proses kalkulasi formula yang rumit dalam
bagian refers to di nama range.

2. setelah yang nomor 1 dicoba ndan masih terasa ndak mau diklik si
keyboard, maka bisa coba lampirkan file dengan mengurangi jumlah datanya
agar tidak melebihi kuota milis.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.