[belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

[belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

abdul hafidz
Dear para master  XL semua.......

Mohon pencerahannya yach...
Saya ada case seperti file terlampir,
dimana saya ingin bertanya bagaimana caranya membuat Filter Otomatis dan
Merefresh Data dgn bantuan tombol Button dan Combo Box, yg pastinnya dgn Makro
gitu deh, dan tentunya para master2 semua dah paham lah.. dgn case yg seperti
ini, heheheheh......

Atas bantuan para master saya ucapkan terima kasih.

Rgds
H4F1Dz

Filter Otomatis & Refresh Data.xls (35K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

Pakai ActiveX control object aja ya, biar gak ribet.

Regards.
Kid.

re-Filter Otomatis & Refresh Data.xls (77K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

abdul hafidz
Dear Mr. Kid

> sebelumnya saya ucapkan thanks berat bro...untuk pencerahan yg telah diberikan
>
> terutama tombol refreshnya itu loh... dahsyat sekaleee....
> akan tetapi masih ada kekurangan bro, untuk filter otomatisnya ko' ga bisa
>berfungsi ya, disaat saya ingin memfilter salah satu bulan yg dituju
> tapi klo mau jujur sih, filter otomatis yg saya kehendaki bukan seperti itu
>bro, krn saya pernah melihat filter otomatis dgn Combo Box yg diolah dgn code
>makro gitu dech...(lampiran yg saya sertakan)
> jadi saya masih penasaran banget sich.... filter otomatis dgn Combo Box
> [...]

 trims

________________________________
Judul: Re: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

> [...]

>Rgds
>H4F1Dz

Re: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

Nah loh...
malah jadi bingung.
coba deh kirim contoh hasil manual si VBA yang combobox otomatis itu dalam
beberapa tabel hasil

bikin skenario saja

kalau combo diisi ini jadinya tampilannya begini (ada tabelk hasilnya)
di kolom lain, kalau combo isi begono, tampilan jadi begono juga ini noh..
ada tabel hasil dibawahnya

terus begitu termasuk kalau refresh
nantikan jadi lebih jelas.

Satu hal, kalau dengan Autofilter, 1 sheet hanya bisa berisi 1 autofilter
(tanpa object table dan pivot ya)
Nah, yang umum itu, ada pilihan filter dengan dropdown data validation, lalu
jadi tabel baru yang terpisah datanya hanya muncul yang difilter aja, dan
bisa di autofilter. Cara ini dengan formula Small IF biasanya dan gak butuh
VBA kecuali untuk mem-valueskan si formula yang bikin kalkulasi jadi berat.

Silakan Pak, disusun gambaran jelasnya.

Kid.

2011/4/29 abdul hafidz <[hidden email]>

> [...]
> itu bro, krn saya pernah melihat filter otomatis dgn Combo Box yg diolah dgn
> code makro gitu dech...(lampiran yg saya sertakan)

Trims

Rgds
Hafidz

Re: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

Kalau begitu di adopsi saja.
Filternya bisa selalu terhadap 1 value saja. Kegiatan berikutnya adalah
reapply

Jadi, formula data harus menghasilkan suatu nilai yang sama hanya pada cell
yang seusai pilihan.
File terlampir dicoba dengan bermacam gaya filter dulu ya, karena belum
dicoba yang aneh2
Baris subtotal jangan dekat2 dengan tabel data, nanti ndak ilang.

Regards.
Kid.

2011/4/29 <[hidden email]>

> [...]
> millis tetangga temanya "Filtering pakai total"
> krn adanya code makro yg membingungkan bagi saya, hehehheheh.....

re-Filter Otomatis & Refresh Data_1.xls (71K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

abdul hafidz
thanks mr. kid atas pencerahannya

akan tetapi datanya masih blm bisa digunakan krn muncul masalah dari makronya
baik saat akan memfilter data atau saat merefreshnya, tambahan informasi kalau
saya menggunakan excel 2003

berikut masalahnya :

 trims

________________________________

2011/4/29 <[hidden email]>

> Waduh..... Kalo Mr. Kid jadi bingung gimana dgn saya yg awam dgn makro,
>hahhahahah.....
>
>Trims
>
>Rgds
>Hafidz

Bls: Bls: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

abdul hafidz
maaf mr. kid lampirannya ketinggal
silakahkan dilihat
trims

________________________________

2011/4/29 <[hidden email]>

> Waduh..... Kalo Mr. Kid jadi bingung gimana dgn saya yg awam dgn makro,
>hahhahahah.....
>
>Trims
>
>Rgds
>Hafidz

re-Filter Otomatis & Refresh Data_1.xls (156K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

imagenya kok malu ya.. sampai gak mau dipanggil sama browser.

> [...]

> makronya baik saat akan memfilter data atau saat merefreshnya, tambahan
> informasi kalau saya menggunakan excel 2003

Re: Bls: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

Coba hapus *xlfiltervalues,*

Kid.

> [...]

wuahhhh...... dahsyatnya...... Mr. Kid

bravo,bravo,bravo,bravo Ten Thumbs for U Mr. Kid heheheheheh.......
datanya sudah bisa digunakan dgn hasil yg sangat2 memuaskan
tinggal di combine saja rumusnya dgn data yg aslinya, mudah2an tdk ada masalah
lagi dgn makronya
krn data yg saya buat ini adalah untuk stock opname ATK yg mungkin bila sdh
sempurna nanti bisa saya share di millis ini  untuk di bisa dikembangkan kembali

sekali lagi thanks very much mr. kid atas pencerahannya yg tdk pernah lelah utuk
memberikan pencerahan2 nya bagi yg membutuhkan.

trims
rgds
hafidz

Re: Bls: [belajar-excel] Filter dan Refresh Data Dgn Makro

Ditunggu share aplikasi-nya.

> [...]

> sekali lagi thanks very much mr. kid atas pencerahannya yg tdk pernah lelah
> utuk memberikan pencerahan2 nya bagi yg membutuhkan.

>>> Pengirim:[hidden email]