Quantcast

[belajar-excel] Formula terbilang

12

[belajar-excel] Formula terbilang

Rukia
Dear pakar dan teman2 semua,,,

Bagaimana rumus unntuk baca angka dengan huruf yah??

Misal nya : Rp 2,000

Dengan huruf nya : Dua Ribu Rupiah

Bagaimana formula untuk huruf itu yah??

Terimakasih

Beautiful Regards

Rukia Siagian

--- Mods ---
Mohon posting berikutnya :
1. Beri subject yang mencerminkan isi pokok masalah
2. Disempatkan search di message yang lalu lebih dulu

Untuk kasus ini, bisa search dengan key 'terbilang'

------------

Re: [belajar-excel] Formula terbilang

o' Seno
mbak / mas;  bisa browse ke sini:

di area files (milis kita ini) itu ada beberapa file mengenei "TERBILANG"
yg bisa di download

Jika keperluannya belum terpenuhi dengan file yg ada, mohon posting lagi
ceritakan keluah & kehendaknya...

*o'Seno*
http://www.box.com/s/1c5lpx7mcb8y0t2meaxh

2012/1/10 Rukia <[hidden email]>

> [...]
> 2. Disempatkan search di message yang lalu lebih dulu
>
> Untuk kasus ini, bisa search dengan key 'terbilang'

Maaf masih posting lagi, kita khawatir jawaban kemarin itu malah membuat
bingung bapak/bu rukia.

Di dlm Excel untuk mengKONVERSI angka (bilangan), menjadi kata², misal
2,000  menjadi "Duaribu"
1,999,342.41  Satu Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu
      Tiga Ratus Empat Puluh Dua & 41/100
prosesnya agak panjang.

Misalkan pakai rumus, rumusnya panjang sekali, sehingga biasanya harus
dibantu
oleh RUMUS lain; baik yg ditulis di sheet maupun rumus-bantu yg
didefinisikan
sebagai NAME (Define Name).

Bisa juga, diselesaikan dengan RUMUS yg memanfaatkan FUNGSI BUATAN
SENDIRI * ( di excel, Fungsi yg spesifik untuk keperluan kita, dapat dibuat
sendiri, *
*karena biasanya belum disediakan oleh Excel )*
Berhubung  dibuat sendiri, RUMUS biasanya menjadi pendek dan menyenangkan.
Misal A1 ditulis 1945  di B1 tinggal menulis RUMUS: *  =TERBILANG(A1)*

Cara ini menurutku paling gampang* pemakaiannya*, tetapi penyiapan UDF
( user definded function = FUNGSI BUATAN SENDIRI) itulah yg bagi sebagian
besar orang agak merepotkan, antara lain karena harus menulis code program.
*Pemrograman di excel dapat dilakukan dgn bahasa VBA, programnya sering *
*disebut sbg "macro".*

Tetapi kalau tujuan user *hanya untuk memakai rumus*, jangan khawatir,
file2
yg ada di link yg kemarin diberikan itu sudah siap pakai, user tidak perlu
memikirkan bgmana  menulis code program fungsi baru tsb,  tinggal
menggunakan saja
*=Terbilang(D12)*

link lain:
http://www.box.com/shared/8b88dryuil
jika berkenan meng-CLick, link ini akan membawa anda ke sebuah
OnLine-FOLDER
berisi kurang-lebih 11 files yg membicarakan "TERBILANG" (9 bahasa
indonesia
+ 2 bahasa inggris) dengan berbagai keperluannya...
termasuk 1 Terbilang Otomatis yg di-aplikasikan di dokumen *MS WORD.*

Jika ingin mengunduh *(guratis!)*, disarankan segera saja, karena pemilik
foldernya
suka "angot-angotan" / seirama dgn 'hemosi'nya..( he he..) tiba tiba
menutup
kran-downloadnya...

o'Seno

2012/1/10 o' Seno <[hidden email]>

> [...]
> yg bisa di download
>
> Jika keperluannya belum terpenuhi dengan file yg ada, mohon posting lagi

Bls: [belajar-excel] Formula terbilang

Djati Walujo
Sdr Rukia, kalau dri angka jadi huruf ini ada file yang bisa dipergunakan.
Ingat saya file ini juga dari milis ini.
Semoga bermanfaat.

Djati

________________________________

Angka.xlsm (26K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Formula terbilang

Rukia
Dear Pak Jati,,

Terimakasih buat info nya..
Tetapi di saat saya buka new workbook tidak bisa lagi pak, dan tidak muncul “ security warning Macro”
Itu masalah nya dmana yah pak??

Saya lampirkan contoh yang saya buat di new work book
Mohon penjelasan nya,,
Banyak2 terimakasih

Beautiful Regards
Rukia Siagian

Sdr Rukia, kalau dri angka jadi huruf ini ada file yang bisa dipergunakan.
Ingat saya file ini juga dari milis ini.
Semoga bermanfaat.
Djati

===================================
mod note:
di excel 2007/2010
file bermakro harus berextensi xlsm atau xlsb
jika xlsx, makronya langsung diusir...
====================================

Membaca angka.xlsx (11K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Formula terbilang

zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Silahkan coba file terlampir

Terbilangv7.xlsx (15K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Formula terbilang

Rukia
Thanks a lot buat formulanya

Beautiful Regards

Rukia Siagian

Bls: [belajar-excel] Formula terbilang

Djati Walujo
Saya kirim wktu itu pakai extention angka.xlsm, tapi anda simpan dengan angka.xlsx, sehingga makronya terhapus.
Oleh karenanya saya ulangi lagi sbb. :

      1. angka.xls ===> excel 2003

      2. angka.xlsm ===> excel 2007
Akhirnya jangan lupa waktu simpannya

Djati W

________________________________
 Dari: Rukia <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Rabu, 11 Januari 2012 16:17
Judul: RE: [belajar-excel] Formula terbilang

[...]

airawanp
Dear Pak Djati N members,

Masalah " terbilang" saya pernah baca artikel tentang formula terbilang
yang tinggal di tambhkan di menu add in, apa itu betul ada ? mohon maaf
sebelum jika di milis ini sudah pernah di diskusikan, soalnya koneksi
internet di kantor terbatas sehingga tidak leluasa dalam browsing,
untungnya gmail tidak di protect.

seandainya itu ada, bisakah saya memintanya ? seandai kapasitasnya besar,
mungkin bisa lewat japri saja, dan kalau tidak keberatan di sertakan juga
dengan langkah2nya.

File yang di sertakan pak Djati sudah sangat2 membantu, namun orang yang
baru belajar macro seperti saya kadang ingin tau lebih dalam lagi hal2 yang
baru tentang macro.

Terima kasih untuk bantuannya.
2012/1/12 Djati Walujo <[hidden email]>

> [...]
> muncul “ security warning Macro”
> Itu masalah nya dmana yah pak??
>
> Saya lampirkan contoh yang saya buat di new work book

Pak Adi Yth.

Jika Bapak telah memiliki file yang berisi UDF (Macro Fungsi) terbilang
atau apapun,
maka dengan meng-Save As file tersebut lalu pilih ekstensinya adalah Excel
Addin (.xla,.xlam)
akan membuat file tersebut menjadi sebuah Addin.
Untuk menggunakan addin, aktifkan file addin lebih dulu.

2012/1/12 Adi Irawan <[hidden email]>

> [...]
> baru belajar macro seperti saya kadang ingin tau lebih dalam lagi hal2 yang

Pak kid, terima kasih banyak untuk infonya..

o Ia kalau terbilangnya tidak pake rupiah gimana ya ?
saya coba2 utak atik tapi malah eror.heheh

mohon petunjuknya

2012/1/12 Kid Mr. <[hidden email]>

> [...]
> Addin (.xla,.xlam)
> akan membuat file tersebut menjadi sebuah Addin.
> Untuk menggunakan addin, aktifkan file addin lebih dulu.

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: [hidden email]

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  [hidden email]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Bls: [belajar-excel] Formula terbilang

Djati Walujo
sudah dijawab oleh Mr Kid mas Adi, silahkan ambil file yg saya sertakan

________________________________
Dari: Adi Irawan <[hidden email]>
Dikirim: Kamis, 12 Januari 2012 13:01
[...]

ModNote:
atau silakan ambil fle lain yg sudah ditawarkan
oleh penjawab sebelumnya

Re: [belajar-excel] Formula terbilang

coba :
=substitute( terbilang( range_datanya ) , "Rupiah" , "" )

Tulisan 'rupiah' harus sama persis (karena susbtitute bersifat case
sensitive) dengan yang dihasilkan formula terbilang.

Kid.

> [...]

> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: [hidden email]
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):

iHaps
berhubung dlm topik ini banyak sekali file "terbilang" yg dikirimkan oleh
para penanggap, kita perlu tahu: file yg mana yg anda pakai

bisakah di tunjukkan dengan jelas, atau dilampirkan ?
atau paling tidak kutipkan full text ex Prosedur UDF nya ?
(makronya)

sekedar komentar

sebanarnya "terbilng yg baik" tidak perlu menuliskan "RUPIAH" secara
hard-coded didalam UDF nya
karena para pengguna bisa menambahkan sendiri sesuai keperluan
Mosa;nya =Terbilang(A1) & " Rupiah"

Lha mosok* mengukur panjangnya jalan*, hasilnya harus dikatakan :
*"hasil pengukuran jalan XFG = limaribu empat ratus dua puluh tiga  RUPIAH
 !!"*
aya-aya wae si programer...

> [...]

> Pak kid, terima kasih banyak untuk infonya..
> o Ia kalau terbilangnya tidak pake rupiah gimana ya ?
> saya coba2 utak atik tapi malah eror.heheh

Pak Kid, terima kasih banyak untuk bantuannya ya..

Bu Inri, File yang saya maksud adalah file yng di kirim oleh pak Djati bu,
maap saya lupa mendeskripsikannya terlebih dahulu hehehe

2012/1/12 i Haps <[hidden email]>

> [...]

http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: [hidden email]

keluar dari membership milis (UnSubscribe):

Jika ingin PROGRAM itu sendiri yg meniadakan "Rupiah" dan "Sen" nya

di bagian prosedur fungsi  Terbilang / *Function Terbilang(....)*
lihat di bagian terbawah  di BLOK Select Case  (2 blok)
bisa di-obok-obok menjadi seperti ini
'-------------
Select Case Rupiah
   Case ""
      Rupiah = "Nol"    ' Rupiah"
   Case Else
      Rupiah = Rupiah   ' & "Rupiah"
End Select

Select Case Sen
   Case ""
      Sen = ""
   Case Else
      Sen = " dan " & Sen &* "Per-Seratus"*   '  "Sen"
End Select
'------------
warna font BIRU adalah keyword yg ditambahkan
warna font merah adalah keyword yg  dihapus / di nonaktip-kan

Atau,
berhubung tiap blok hanya mengandung  2 (dua) "SELECT"(ion)
sekalian kita bisa mengubah menajdi struktur IF - THEN - ELSE yg
mengurangi cacah baris program.

Selain itu di bagian deklarasi variable, kita masih bisa meningkatkan *speed
*
makro ini dengan menentukan TYPE DATA tiap variables-nya
(saat ini di deklarasikan sebagai VARIANT semua)

di milis ini pernah dibahwa dan dibuktikan bahwa variable y gdideklarasikan
dan ditentukan typedatanya dengan tepat ternyata JALAN lebih cepat daripada
program yg sama tetapi variablenya tidak dideklarsaikan (yg berarti
ostosmastis
dianggap VARIANT yg memerlukan "jatah memori" lebih besar)

CMIIW

2012/1/13 Adi Irawan <[hidden email]>

> Bu Inri, File yang saya maksud adalah file yng di kirim oleh pak Djati bu,
> maap saya lupa mendeskripsikannya terlebih dahulu hehehe

Re: [belajar-excel] Formula terbilang

airawanp
Bu Indri, Terima kasih bnyak ya untuk Bantuannya,..

2012/1/13 i Haps <[hidden email]>

> [...]

http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: [hidden email]

keluar dari membership milis (UnSubscribe):

Joe Dien
Dear Master Exceler....

setelah saya coba praktikan untuk case terbilang ini. sya coba ambil link dari mba I'haps/.. masalahnya adalah : untuk Angka dibelakang koma, apakah bisa di baca oleh rumus terbilang menjadi angka bulat,
(terlampir)

Mohon Pencerahannya.

Warm Regards,
Joedien

________________________________

Case Terbilang.xlsx (31K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Formula terbilang

Rr Wilis
kalau membicarakan *workbook yg akan diurus makronya *
mbok ya jangan dikirim sebagai *XLSX* Oom...
XLSM atau XLSB lah...

di OnLine_Shared_Folder mbak siti "About Terbilang"; saat ini ada 13 files
'Terbilang'
file yg mana yg anda pakai ??

atau:
ubahlah makronya, secra garis besar sbb
-- cari bagian yg mengurusi pecahan
-- cari cara pembulatannya
-- mungkin  dengan Fungsi Int (di VBA tidak ada RoundDown)
-- gantilah dengan Fungsi Round

*

*
*2012/5/24 Joe Dien <[hidden email]>
*

> [...]
> dari mba I'haps/.. masalahnya adalah : untuk Angka dibelakang koma, apakah
> bisa di baca oleh rumus terbilang menjadi angka bulat,

Kalo tidak pakai makro, silahkan dicoba file terlampir
-zainul-

[...]

Terbilangv5.xls (39K) Download Attachment
12