[belajar-excel] Fungsi Index,Match,Vlookup & Hlookup / vba excel [1 Attachment]

[belajar-excel] Fungsi Index,Match,Vlookup & Hlookup / vba excel [1 Attachment]

Firmanto Setiyantoro
 Dear BeExceller

Saya mempunyai Data tabel RIM&Wheel, dan saya ingin mengambil initial Code
nya saja, mohon bantuannya untuk rumus fungsi yang simplenya bagaimana jika
menggunakan Index,Match,Vlookup & Hlookup atau pakai fungsin lainnya
?..Boleh juga dengan VBA Excel
berikut tabelnya :
Row 2 = RIM
Column A = Code
Range B3:K10 = Witdh

Jika memilih :
RIM --> 15    -     16
width --> 6    -   195/
Code = A      -      J
dst

[image: image.png]

Thanks All
Firman

image.png (24K) Download Attachment
Tabel RIM&Wheel.xlsx (23K) Download Attachment

RE: [belajar-excel] Fungsi Index,Match,Vlookup & Hlookup / vba excel [1 Attachment]

M.Ade Alfarid
Sambil menunggu master turun gunung,

Solusi lain mungkin seperti terlampir

Ade

[...]

image001.jpg (29K) Download Attachment
image002.jpg (578 bytes) Download Attachment
image003.jpg (492 bytes) Download Attachment
image004.jpg (454 bytes) Download Attachment
re-Tabel RIMWheel.xlsx (22K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Fungsi Index,Match,Vlookup & Hlookup / vba excel

Firmanto Setiyantoro
Dear Mr. Ade

Terima kasih banyak untuk Rumusnya, bisa saya gunakan

Thanks All

Firman

Pada tanggal Kam, 6 Des 2018 pukul 12.30 'M.Ade Alfarid' [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> menulis:

> Sambil menunggu master turun gunung,
>
> Solusi lain mungkin seperti terlampir
>

> Ade

di N5, diisi formula : (copy ke kanan)
=Index( $a$3:$a$27 , Match( n4, Index( $b$3:$k$27 , 0 , Match( n3 ,
$b$2:$k$2 , 0 ) ) , 0 ) )

=Index( hasil_akhir , posisi_hasil )
hasil_akhir ada di kolom A  -> $a$3:$a$27
posisi_hasil didapat dari hasil pencarian (lookup) nilai n4 dengan Match
pada area kolom tertentu
area kolom tertentu disusun dengan fungsi Index, dengan area hasil adalah
seluruh area nilai tabel (selain header dan kolom pertama), mengambil
seluruh baris yang ada ( , 0 , )
pada posisi kolom tertentu yang didapat dari hasil pencarian (lookup) nilai
n3 dengan Match pada area header  $b$2:$k$2

On Thu, Dec 6, 2018 at 10:34 AM Firmanto Setiyantoro [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> [...]
> nya saja, mohon bantuannya untuk rumus fungsi yang simplenya bagaimana jika
> menggunakan Index,Match,Vlookup & Hlookup atau pakai fungsin lainnya

[belajar-excel] Re: Fungsi Index,Match,Vlookup & Hlookup / vba excel [1 Attachment]

Firmanto Setiyantoro
Dear All

Saya coba pindahkan formulanya ke sheet1, tetapi hasilnya jadi salah #N/A ?

[image: image.png]

Rgs
Firman

Pada tanggal Kam, 6 Des 2018 pukul 09.50 Firmanto Setiyantoro <
[hidden email]> menulis:

> Dear BeExceller
>
> Saya mempunyai Data tabel RIM&Wheel, dan saya ingin mengambil initial Code
> nya saja, mohon bantuannya untuk rumus fungsi yang simplenya bagaimana jika
> menggunakan Index,Match,Vlookup & Hlookup atau pakai fungsin lainnya
> [...]

image.png (10K) Download Attachment
image.png (24K) Download Attachment
re-Tabel RIMWheel.xlsx (24K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Re: Fungsi Index,Match,Vlookup & Hlookup / vba excel

Kalau pakai fungsi Indirect, lengkapi rujukan alamat yang akan diambil
beserta nama sheet-nya.
Contoh : di sheet hasil cells A1 diberi formula
=Indirect( "DATA!m7" )   -> artinya ambil nilai di sheet bernama 'DATA'
pada cells M7

Kalau di cells B1 diisi teks berbunyi  DATA!m7
maka formula Indirect bisa diubah menjadi =Indirect( B1 )  -> artinya,
ambil nilai dari alamat cells yang tertulis di cells B1, sedangkan di B1
ada bunyi alamat di sheet DATA  cells m7

Jadi, kalau pakai fungsi Indirect untuk mengambil data dari sheet lain,
perlu kerja ekstra untuk mendapatkan nama sheet tujuan secara otomatis.
Itu sebabnya, fungsi Indirect ini sangat jarang sekali digunakan.

Alamat cells yang dibutuhkan oleh Indirect juga bisa disusun dengan fungsi
Address, tapi tetap saja, nama sheet lokasi data yang akan diambil tidak
bisa ditentukan secara otomatis.
Artinya, jika user mengganti nama sheet, pasti akan error hasilnya.

Mendapatkan nama sheet secara otomatis bisa dengan fungsi Cell, tetapi
perlu proses ekstra untuk mengekstrak nama sheet dari hasil fungsi Cell
tersebut.

sederhananya,
hindari fungsi Indirect sebisa mungkin. Kalau sudah kepepet tidak ada
fungsi atau formula lain, barulah pakai fungsi Indirect.
Lagi pula, fungsi Indirect termasuk dalam kelompok fungsi yang bersifat
volatile. Volatile artinya akan selalu dikalkulasi jika ada perubahan isi
workbook dimana saja walaupun tidak ada kaitannya dengan yang dirujuk dalam
fungsi Indirect.
Contoh : formula di atas sana, hanya merujuk ke cells B1 di sheet hasil dan
cells m7 di sheet DATA
Andai ada yang mengganti isi cells Z93 di sheet bernama LAPORAN, semua
cells yang berisi fungsi Indirect itu akan dikalkulasi ulang.

On Fri, Dec 7, 2018 at 10:35 AM Firmanto Setiyantoro [hidden email]
> [...]

> Rgs
> Firman
>
> Pada tanggal Kam, 6 Des 2018 pukul 09.50 Firmanto Setiyantoro <

RE: [belajar-excel] Re: Fungsi Index,Match,Vlookup & Hlookup / vba excel [1 Attachment]

M.Ade Alfarid
Dear,

Coba dipelajari yaa,,,

Ada formula Mr.Kid juga,

Adanya error karena referensinya yang tidak tepat.

Harus diperiksa rujukan cell dan sheet jika membuat formula di sheet
berbeda.

Semoga membantu J

ade

[hidden email]> menulis:

[...]

image001.png (10K) Download Attachment
image002.jpg (29K) Download Attachment
image003.jpg (578 bytes) Download Attachment
image004.jpg (492 bytes) Download Attachment
image005.jpg (454 bytes) Download Attachment
re-Tabel RIMWheel (2).xlsx (24K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Re: Fungsi Index,Match,Vlookup & Hlookup / vba excel

Firmanto Setiyantoro
Dear Mr.Kid

Terima kasih untuk penjelasannya.

Pada tanggal Jum, 7 Des 2018 pukul 10.53 'Mr. Kid' [hidden email]