Quantcast

[belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose

[belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose

hartini dewi
Dear all
Adakah yg bisa mengajakan kepada saya, bagaimana proses rekam makro untuk transpose
Tiny

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Re: [belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose

Miss Jan Raisin
Dear mbak Tini,

1. sebelumnya bisakah dibantu dengan beberapa baris data yang diinginkan di
sheet rekap pph 23, karena tidak semua member millis bekerja di bidang yang
sama dengan mbak Tini.

2. untuk isian di sheet Form Isi 2 cell N23, yang dimaksud kolom 17 itu
cell yang mana ya?

maaf, bertanya tanpa urun solusi :D

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-
*kelihatannya untuk kasus ini teknik rekam macro akan lebih sulit
dibandingkan dengan menulis script langsung di VBE*

2012/12/4 <[hidden email]>

> [...]
>

> Dear all
> Adakah yg bisa mengajakan kepada saya, bagaimana proses rekam makro untuk

Dear miss jan,
Berikut saya kirimkan rekap yang diinginkan, untuk N23 dia mengacu ke sheet tarif, jika memiliki NPWP (cell I7 terisi) maka ditarif yg digunakan itu 2%, jika tidak memiliki npwp 4%
Jika tidak menggunakan rekam macro bagaimana carax ya?
Mohon bantuannya

=?utf-8?B?cmVrYW0gbWFjcm8gdHJhbnNwb3NlLnhscw==?= (67K) Download Attachment
=?utf-8?B?cmVrYW0gbWFjcm8gdHJhbnNwb3NlLnhscw==?= (67K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose

Miss Jan Raisin
Dear mbak Tiny,

waktu menyusun VBA ini, Jan jadi teringat dengan teman lama Jan yang kerja
di bagian Pajak, dulu Jan sering menemani karena dia harus lembur pulang
malam dan arah pulangnya searah. Dia memegang laporan pajak 5 anak
perusahaan seorang diri, Jan pikir dia adalah staf Pajak yang tangguh
karena setelah dia keluar maka pekerjaannya dihandle oleh 3 orang xixixix :D

andai saja dulu Jan bisa VBA pasti Jan akan bantu supaya teman tersebut
tidak selalu pulang malam.

cukup curhatnya, berikut adalah kodenya, ditulis ke dalam sebuah VB Editor
(VBE)

Option Explicit

Sub RekapPPhps23()
    ' deklarasikan variabel dengan tipe data String untuk menyimpan data
bertipe text
    ' NoTrsk = nomer_transaksi
    ' PKP = nama_pengusaha_kena_pajak
    ' NPWP = nomor_pokok_wajib_pajak
    Dim NoTrsk, PKP, NPWP As String

    ' delarasikan variabel dengan tipe data Date untuk menyimpan data
bertipe tanggal
    ' TglVcr = tanggal_voucher
    Dim TglVcr As Date

    ' deklarasikan variabel dengan tipe data Long Integer agar dapat
menyimpan angka yang sangat besar
    ' NoVcr = nomer_voucher
    Dim NoVcr As Long

    ' deklarasikan variabel bertipe Range untuk menyimpan objek berupa
range atau cell
    ' nantinya pengisian data akan dilakukan berdasarkan proses loop
terhadap area ini
    ' jika nilai > 0 berarti objek pajak, tarif, dan nilainya akan diambil
    ' rgDPP = range_dasar_pengenaan_pajak (pengasilan brutto)
    ' letaknya mulai cell m13 sampai dengan cell m24
    ' cDPP = tiap-tiap_1_cell_di_dalam_rgDPP
    Dim rgDPP, cDPP As Range

    ' deklarasikan variabel bertipe String untuk menyimpan data bertipe Text
    ' ObjPjk = nama_objek_pajak
    Dim ObjPjk As String

    ' deklarasikan variabel bertipe Double untuk menyimpan data berupa
angka dengan bilangan desimal
    ' DPP = dasar_pengenaan_pajak
    ' Tari = tarif_pajak dalam persen
    ' PPhDpt = pajak_penghasilan_yang_dipotong
    Dim DPP, Tarif, PPhDpt As Double

    ' matikan dahulu fitur screen update agar vba berjalan lebih cepat
    Application.ScreenUpdating = False

    ' aktifkan sheet Form Isi 2
    Sheets("form isi 2").Select

    ' masukkan masing-masing nilai ke dalam variabel yang sudah disiapkan
di awal
    ' contoh, NoTrsk diambil dari nilai di cell i3
    ' untuk merujuk cellnya digunakan perintah Range("alamat_cellnya")
    ' untuk mengambil nilainya digunakan perintah .Value
    ' tanda sama_dengan = berfungsi untuk memasukkan nilai terhadap sebuah
variabel
    ' yang terletak di sebelah kiri tanda sama_dengan
    NoTrsk = Range("i3").Value
    PKP = Range("i8").Value
    NPWP = Range("i7").Value
    TglVcr = Range("n3").Value
    NoVcr = Range("n4").Value

    ' lakukan pengujian terhadap jumlah penghasilan brutto di cell m13
sampai dengan cell m24
    ' jika ada nilainya maka ambil nama objek pajaknya dari kolom helper
    ' kenapa mesti ada kolom bantu? karena untuk memudahkan dalam mengambil
nama objek pajak
    ' yang sebelumnya letaknya berantakan (tidak dalam 1 kolom yang sama)
    ' lakukan assign ke variabel rgDPP untuk menentukan letak range datanya
    Set rgDPP = Range("m13:m24")

    ' lakukan proses loop terhadap setiap 1 cell di dalam rgDpp
    For Each cDPP In rgDPP

        ' jika nilai setiap cell di dalam cDPP lebih besar dari nol, maka
        If Len(cDPP.Value) > 0 Then

            ' ambil nama objek pajaknya, letaknya 5 kolom di sebelah kanan
cDPP
            ' untuk merujuknya gunakan perintah Offset
            ' syntax OffSet adalah OffSet(nomer_baris , nomer_kolom)
            ' nomor baris jika bernilai positif berarti turun ke bawah
            ' nomor naris jika bernilai negatif berarti naik ke atas
            ' nomor kolom jika bernilai positif berarti ke arah kanan
            ' nomor kolom jika bernilai negatif berarti ke arah kiri
            ' bahasa manusianya adalah
            ' variabel ObjPjk sama_dengan dari cell cDPP ke arah kanan 5
kolom lalu ambil nilainya
            ' atau ObjPjk = nilai 5 kolom di sebelah kanan cDPP
            ObjPjk = cDPP.Offset(0, 5).Value

            ' lakukan juga untuk yang lainnya
            DPP = cDPP.Value
            Tarif = cDPP.Offset(0, 1).Value
            PPhDpt = cDPP.Offset(0, 2).Value

            ' setelah didapat semua nilai yang dibutuhkan, pergi ke sheet
Rekap PPh 23
            Sheets("rekap pph 23").Select

            ' pergi ke cell b3 yang merupakan header dari nomer seri
transaksi
            Range("b3").Select

            ' lakukan pengujian terhadap 1 cell di bawah cell b3
            ' jika tidak ada datanya maka turun 1 baris ke cell b4
            ' jika ada datanya maka pergi ke baris terakhir yang ada datanya
            ' lalu turun lagi 1 baris ke baris baru yang kosong

            ' bahasa manusianya:
            ' jika 1 baris di bawah cell aktif tidak ada datanya, maka
            If ActiveCell.Offset(1, 0).Value = "" Then

                ' turun 1 baris ke bawah
                ActiveCell.Offset(1, 0).Select

                ' karena ini adalah data pertama, maka beri nomer 1 pada 1
kolom di sebelah kiri
                ActiveCell.Offset(0, -1).Value = 1

                ' selain itu
                Else

                ' berarti 1 baris di bawahnya ada datanya
                ' turun ke baris terakhir yang ada datanya dengan perintah
.End(xlDown)
                ' lalu turun 1 baris lagi ke bawah yang kosong dengan
perintah .Offset(1, 0)
                ActiveCell.End(xlDown).Offset(1, 0).Select

                ' karena ini bukan data pertama, maka beri nomor pada 1
kolom di sebelah kiri
                ' nilainya berasal dari 1 baris di atasnya & 1 kolom di
sebelah kiri (kiri atas)
                ActiveCell.Offset(0, -1).Value = ActiveCell.Offset(-1,
-1).Value + 1

            ' akhir dari pengecekan data di bawah header
            End If

            ' masukkan nilai dari setiap variabel ke tempatnya masing-masing
            ActiveCell.Value = NoTrsk
            ActiveCell.Offset(0, 1).Value = PKP
            ActiveCell.Offset(0, 2).Value = NPWP
            ActiveCell.Offset(0, 3).Value = TglVcr
            ActiveCell.Offset(0, 4).Value = NoVcr
            ActiveCell.Offset(0, 5).Value = ObjPjk
            ActiveCell.Offset(0, 6).Value = DPP
            ActiveCell.Offset(0, 7).Value = Tarif
            ActiveCell.Offset(0, 9).Value = PPhDpt

            ' setelah itu kembali lagi ke sheet Form Isi 2 untuk mengambil
data berikutnya
            Sheets("form isi 2").Select

        ' akhir dari penegcekan DPP
        End If

    ' lakukan untuk cDPP berikutnya
    Next cDPP

    ' aktifkan lagi menu screen update
    Application.ScreenUpdating = True
End Sub

Cara memanggilnya dengan cara menekan sebuah shape yang sudah di-assign
dengan macro

untuk formula yang ditanyakan silakan dilihat langsung pada file terlampir

semoga bermanfaat,

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Ms_Jan-rekam macro transpose.xls (107K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose

hartini dewi
Miss,Subhanallah penjelasannya rinci sekali, saya jadi bisa memahami bahasa macro, walaupun setahap2 ;), ada beberapa pertanyaan miss seputar bahasan kemarin:
1. jika saya ingin membuat rekap baru untuk PPN seperti Rekap PPH 23, apakah saya harus membuat macro yg sama dgn rekap PPH 23?
2. Bagaimana saya membuat validasi atas no transaksi, agar tdk diinput double?
3. Bagaimana agar jika Kolom No Seri Faktur pajak tidak di isi di Form Isian maka akan muncul peringatan (tidak dpt diinput karena No seri Faktur Pajak belum diisi)
Mohon penjelasannya

2012/12/4 <[hidden email]>

> [...]
> *kelihatannya untuk kasus ini teknik rekam macro akan lebih sulit
> dibandingkan dengan menulis script langsung di VBE*

Assalamu'alaikum wr. Wb.,

mbak Tini,

Question:
1. jika saya ingin membuat rekap baru untuk PPN seperti Rekap PPH 23,
apakah saya harus membuat macro yg sama dgn rekap PPH 23?
Answer:
Sebaiknya mbak Tini membuat macro yang baru, bisa dalam 1 file tetapi
berbeda sheet, cara membuatnya bisa melalui insert New Module, atau dengan
menggunakan module yang sama tetapi dengan prosedur yang baru. Jika format
inputnya sama maka bisa menggunakan 1 form input saja, tinggal diganti
nomer PPhnya saja (--kelihatannya setiap form PPh tidak ada yang sama ya--)

Letak rekapnya bisa di sheet yang berbeda, atau....

Jika mbak Tini bersedia untuk sedikit bersusah payah, maka ada baiknya
dibuat 1 buah data base yang digunakan untuk menghimpun seluruh data pajak,
berarti bisa jadi bukan hanya untuk PPh ps 23 dan PPh ps 4 saja, agar
dikemudian hari jika ingin membuat laporan --misal : seluruh pajak atas
nama PT "X" untuk periode Nov 2012-- maka bisa ditampilkan hanya dengan
menggunakan Pivot Table dalam beberapa kali klik saja, atau jika format
Pivot Tabel tidak sesuai maka bisa dibuat laporan yang baku  dengan sumber
data dari data base tersebut.

Tentu saja databasenya harus dibuat dengan kaidah data base yang baik,
yaitu:
a. Selalu dimulai dari cell A1 sebagai header data
b. Tidak ada merge cell
c. Tidak ada baris kosong antar data, misal baris 3 ada datanya, baris 4
kosong sama sekali, lalu baris 5 ada datanya lagi
d. Tidak ada kolom kosong antar data
e. Disusun dengan orientasi vertikal (dari atas ke bawah), bukannya
horizontal (dari kiri ke kanan)
f. Bukan berupa matriks (kadang Jan masih salah mau bikin database tapi
bentuknya malah jadi matriks, kata mr Kid: Matriks itu disebut juga Compact
database, untung Mr. Kid bersedia memberikan arahan jadi Jan gak nyasar
lebih jauh xixixixi :D)

Question:
2. Bagaimana saya membuat validasi atas no transaksi, agar tdk diinput
double?
Answer:
Ada banyak cara untuk menghindari agar nomer tidak dobel, antara lain:

a. dengan cara input manual, diperlukan VBA untuk melakukan pengecekan
terhadap data base apakah nomer tersebut sudah pernah digunakan atau belum,
jika sudah pernah ada maka hapus nomer tersebut dan beri tahu user bahwa
nomer tersebut sudah ada dan user harus membuat nomer baru lagi.

b. membuat nomer otomatis, menurut Jan ini adalah cara yang paling baik,
yaitu menambahkan 1 nilai dari nomer yang paling akhir, misal pada contoh
adalah
    001.XI/2012, maka untuk nomer berikutnya adalah 001 ditambah 1, diberi
titik, bulan dalam romawi, garis miring, tahun. Untuk membuat nomer secara
otomatis bisa dilakukan dengan formula, coba mbak Tini pelajari cara
memisahkan nilai dari Text/String atau Numeric

c. dengan VBA, konsepnya adalah sama dengan cara b hanya saja dibuat lebih
otomatis

Question:
3. Bagaimana agar jika Kolom No Seri Faktur pajak tidak di isi di Form
Isian maka akan muncul peringatan (tidak dpt diinput karena No seri Faktur
Pajak belum diisi)
Answer:
Untuk yang ini juga bisa dilakukan dengan banyak cara, beberapa yang Jan
ketahui adalah:
a. Menggunakan data validasi, misal jika user mengetik suatu nilai pada
kolom DPP padahal nomer seri faktur pajak masih kosong maka muncul
peringatan, coba mbak Tini pelajari lagi fitur Data Validasi

b. Menggunakan VBA, pemeriksaan dilakukan sebelum proses penulisan data
dari form Input ke sheet Database. Jika nomer seri pajak kosong maka muncul
pesan kepada user.

Ada baiknya jika mbak Tini sudah terbiasa dengan VBA (--semoga cepat bisa
dan terbiasa ya mbak, karena Jan juga masih newbie.. baru 3 bulan ini
belajar xixixi :D--) maka mbak Tini bisa membuat nomer seri faktur pajak
secara otomatis, setahu Jan nomer faktur pajak format penulisannya selalu
tetap jadi secara logika bisa dibuat secara otomatis.

Jika belum terbiasa dengan VBA tetapi sudah bisa membuat database yang baik
dan benar dan databasenya sudah tersedia, maka bisa juga dibuat secara
otomatis menggunakan formula.

Sekarang adalah kesempatan yang bagus untuk mulai membuat database karena
sebentar lagi nomer faktur pajaknya akan dimulai dari nomer 1  lagi,
bukankah begitu ?

Semoga sesuai dengan yang diharapkan, jika ada yang salah tolong dikoreksi,
jika ada yang kurang lengkap tolong ditambahkan.

Wassalamu'alaikum wr. wb.,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 5 Desember 2012 08:14, <[hidden email]> menulis:

> [...]
> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry®

Re: [belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose

Waalaikum salam,
Miss, penjelasannya puanjang banget, bisakah diselipkan contoh bagaimana pengerjaannya, kan tini telat pintar urusan rumus dan macro, please #wajahmemelas
> [...]

> Tiny
> Powered by Telkomsel BlackBerry®

Re: [belajar-excel] Fw: Emailing: rekam macro transpose

coba pelajari contoh terlampir, tetap semangat ya mbak :)

Wassalamu'alaikum wr. wb.,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 5 Desember 2012 10:12, <[hidden email]> menulis:

> [...]
> Miss, penjelasannya puanjang banget, bisakah diselipkan contoh bagaimana
> pengerjaannya, kan tini telat pintar urusan rumus dan macro, please

Jan_R-contoh pembuatan nomer voucher dan cegah user melakukan input saat nomer belum diisi.xlsb (28K) Download Attachment

[belajar-excel] Re: Fw: Emailing: rekam macro transpose

kyla_delv
Dear miss jan,
Saya tertarik dgn cash mba tiny ini, saya ingin mengembangkan pertanyaanya boleh kah? #sambilbersujudmemohon

1. Jika no transaksi dirubah dijadikan id buat vendor apakah msh bisa dijalankan macronya contoh: 12345 u/PT. PRIMA SARI UTAMA
2. Dengan menambahkan 1 kolom dibelakang kolom tax, yaitu kolom status, bagaimana cara memanggil no transaksi tsb dan menambahkan status terbayar yg merujuk pada no transaksi tsb
3. Setiap bulan pasti transaksi itu terjadi dgn vendor yg sama, bagaimana memanggil vendor yg sama yang msh terhutang (tidak ada status terbayar)
Mohon pencerahannya miss
Note: mba tiny maaf saya menggunakan casenya ;)
Salam
Miss Ray

--- In [hidden email], Jan Raisin <miss.jan.raisin@...> wrote:

> [...]
> dengan macro
>
> untuk formula yang ditanyakan silakan dilihat langsung pada file terlampir

Re: [belajar-excel] Re: Fw: Emailing: rekam macro transpose

Miss Jan Raisin
Dear Ms. Ray,

maaf, baris awalnya kok kurang enak dibaca ya.. kalo buat Jan bersujud
sambil memohon itu tidak boleh dilakukan kepada manusia, walaupun cuma
sekedar tulisan tapi tetap saja kelihatannya kurang pantas.

kembali ke laptop..

Question:
1. Jika no transaksi dirubah dijadikan id buat vendor apakah msh bisa
dijalankan macronya contoh: 12345 u/PT. PRIMA SARI UTAMA
Answer:
Kalo menurut pendapat Jan, --namanya pendapat boleh diterima boleh juga
dibuang-- bisa saja dimasukkan ID_Vendor di sheet Form Isi 2 agar nanti
NPWP, nama PKP, dan alamat PKP langsung terisi menurut ID_Vendor yang
dimasukkan.

ID_Vendor bisa dibuat dalam bentuk Drop Down List dari menu Data Validasi
yang merujuk ke sebuah tabel tertentu yang berisi data-data vendor. Coba
sista pelajari dahulu Data Validasi dengan Allow List

Opsinya adalah :
a. Memasukkan ID_Vendor di cell baru, berarti harus menambah 1 kolom lagi
di sheet Rekap PPh untuk menyimpan datanya, atau
b. Mengganti Nomer Transaksi menjadi ID_Vendor, tidak perlu menambah kolom,
VBA yang sudah ada bisa langsung digunakan.

Question:
2. Dengan menambahkan 1 kolom dibelakang kolom tax, yaitu kolom status,
bagaimana cara memanggil no transaksi tsb dan menambahkan status terbayar
yg merujuk pada no transaksi tsb
Answer:
Cara merujuk dan memanggilnya serupa dengan cara merujuk kolom yang lain,
contohnya bisa dilihat di dalam scrip VBA yang saya lampirkan dahulu

Question:
3. Setiap bulan pasti transaksi itu terjadi dgn vendor yg sama, bagaimana
memanggil vendor yg sama yang msh terhutang (tidak ada status terbayar)
Answer:
Jika data sudah tersusun dengan baik, maka untuk mengetahuinya bisa dengan
memanfaatkan fitur Pivot Table

semoga sesuai dengan harapan

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-