Quantcast

[belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

[belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

hartini dewi
Dear Mod,
Mod, gimana ya cara memindahkan data dari notepad menjadi excel dengan pemisahan angka
File terlampir ya
Thanks be4
Salam
Tini

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

iHaps
Mohon maaf, BUKAN MODERATOR boleh menjawab apa tidak ya ??
Soalnya surat dari mbak hartini ditujukannya khusus kepada MODS
Jika ternyata jawaban tidak dikehendaki, mohon di anulir saja..

File Text bisa dibuka langsung dengan EXCEL
[image: buka text to excel.GIF]

(akan ada tawaran memisah data by kolom)
pilih >> *FIXED Width*

[image: txt to column1.PNG]

kemudian berikan garis garis pemisah spt ini
[image: txt to column2.PNG]

hasilnya file text terbuka sepeti excel
tahap terakhir men-save worokbook tsb sebagai XLS.

Jika senang makro; ketiga tahap tsb dapat diotomatiskan dengan makro spt ini
lihat workbook lampiran) tinggal klik tombolnya saja
Nama file dapat diganti-ganti di* Cell J13*
File text dan file XLS berisi makro tsb harus berada di FOLDER YG SAMA

Sub BukaTextFileToXls()
' Hapsari // sept 08, 2011

   Dim txtFname As String, xlsFname As String

   ' tentukan Path dan nama filenya (diambil dari cell J13)
   txtFname = ThisWorkbook.Path & "\" & Range("J13").Value
   xlsFname = Replace(txtFname, "txt", "xls")

   ' membuka file text dan memotong-motong
   ' data sesuai kehendak mbak hartini
   Workbooks.OpenText _
      Filename:=txtFname, _
      Origin:=437, StartRow:=1, _
      DataType:=xlFixedWidth, _
      FieldInfo:= _
      Array(Array(0, 2), Array(3, 2), Array(10, 2), _
            Array(12, 2), Array(14, 2), Array(16, 2), _
            Array(18, 2), Array(20, 1), Array(22, 1)), _
      TrailingMinusNumbers:=True

   'menyimpan file yg dibuka sebagai XLS.
   ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=xlsFname, FileFormat:=xlNormal

End Sub

-haps-

buka text to excel.GIF (34K) Download Attachment
Hart_Folder.zip (77K) Download Attachment

2011/9/8 <[hidden email]>

> [...]
> Salam
> Tini

Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Mungkin format cell numbernya adalah Text. Coba ganti menjadi general, lalu
edit formula dan tekan enter.

Bisa jadi juga karena options formulas tercentang item : Show formulas in
cells instead of their calculated results
coba ke menu Tools -> Options -> Formulas di xl2003 atau Office button ->
Options -> Advanced di xl2007
kemudian cari item Show formulas in cells instead of their calculated
results dan hilangkan centang darinya.

Regards.
Kid.

2011/9/8 <[hidden email]>

> [...]
>
> End Sub
>
> -haps-

Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

mungkin karena mbah hartini memakai Look_Up_Value nya berupa BILANGAN
sedangka yg ada di tabel itu jika kelihatan  LEFT Allignied (rata kiri) maka
pasti adalah
TEXT. walaupun kelihatannya seperti bilangan

cara mengatasinya
1.
*LookUp Value*nya mbak tin ganti dengan *text yg seperti bilangan*
atau

2
data di tabel di konversi menjadi bilangan semua
(akibatnya "07" akan menjadi 7;  agar bisa tampak 07 kolom harus di custom
format "00")

Berikut ini dilampirkan contoh workbook bermakro
*yg menghasilkan semua data (8 kokolom,  A:H)  itu adalah BILANGAN*
*
*
Dengan semua data = bilangan maka LookUp value (argument1 pada fungsi
lookup) nya
harus berupa type bilangan pula

semoga bermanffaat

-hapsari-

2011/9/8 <[hidden email]>

> [...]
>       TrailingMinusNumbers:=True
>
>    'menyimpan file yg dibuka sebagai XLS.
>    ActiveWorkbook.SaveAs Filename:=xlsFname, FileFormat:=xlNormal

Hart_Folder_V2.zip (78K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Jika NIK memang berupa bilangan pada data masternya, mungkin proses import
data dari text file yang menghasilkan datatype NIK berupa bilangan akan
lebih memudahkan.
Kolom-kolom komponen tanggal dan waktu bisa juga disusun menjadi 2 kolom
saja, yaitu kolom tanggal dan kolom waktu. Untuk disusun sebagai 1 kolom pun
juga bisa, hanya saja, bisa jadi data waktu digunakan secara intensif secara
mandiri.

Regards.
Kid.

re-Excel From Notepad.xls (65K) Download Attachment

2011/9/8 Haps <[hidden email]>

> [...]
>
> semoga bermanffaat
>
> -hapsari-

Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

mbak Tini yang baek,

ngobril dikit dulu aja ya...

Coba mbak Tini definisikan kriteria data pada file text dianggap sudah ada
dalam database.
Disana ada 3 kolom, yaitu NIK, tanggal, dan waktu.
Kolom apa saja yang menjadi penentu data dianggap sudah ada (kolom-kolom
kunci).
Apakah record pasti unique, atau hanya unique key, atau malah tidak unique
baik record maupun key ?

Hal seperti ini akan mempengaruhi perlakuan yang dibutuhkan untuk menjaga
integritas data. Setiap perlakukan yang harus dilakukan bisa membutuhkan
pesan yang berbeda-beda kepada user.

Jadi, pesan "sudah pernah ada dan akan dilanjutkan ?" adalah kewajiban yang
muncul karena pilihan perlakuan yang mungkin dilakukan lebih dari satu.

walah malah mbulet gawe bingung.
pokok e (kosa kata ajaib ketika speechless, yang menjadi lawan dari kosa
kata speechless "ya wis lah sa' karepmu") ngono lah kira2 ne

Regards.
Kid.

2011/9/9 <[hidden email]>

> [...]
>
> Regards.
> Kid.

Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

nambahin pertanyaan Mr Kid
mohon di dicerita'in dikit  mengenai: "data yg sudah diambil"

** jika yg dimaksud =DATA= adalah SETIAP FILE TEXT *
*
*
maka tiap file text harusnya punya nama yg unik , isinya pun unik (tidak
akan diperiksa lagi.

perlakuan kita untuk menCHECK apakah DATA sudah ada hanya mengenai NAMA file
TEXTnya
bila sudah pernah diproses, >> tidak diproses lagi..

di dalam proses konversinya mungkin harus ditambah kolom baru yg diisi NAMA
FILE TEXT
nantinya ini akan berguna untuk di cek apakah nama file yg diproses sudah
ada tertulis di kolom tsb

MAKRO yg akan dipakai (dan dilanjutkan pengembangannya) adalah makro dari Mr
Kid
karena sudah memikirkan jauh ke depan
** tiap file text isinya di APPEND ke sheet yg tetap, bukan dibuka sebagai
workbook baru
seperti makro dari haps..

** data date dan time sudah di jadikan dua data (bukan 6 data lagi)

hal ini pun sepertinya belum mendapat "suara" dari mbak hart (mana yg akan
dipakai)

demikian sekedar menambahkan pendapat..

haps

2011/9/9 <[hidden email]>

> [...]
>
> Regards.
> Kid.

Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

Hehehe maaf pak, ndak copy masalah database sih, kuncinya seh untuk data karyawan biasax NIK pak, kalo pakai punya mba haps, setiap di klik macronya maka dia meminta tempat untuk meletakan data yg ditarik dr notepad, nah kalo punya Mr Kid, jika di klik dia akan muncul sheet dgn nama data, kalo klik 2x di tombol ambil data itu pak, data yg ada akan muncul lagi dibawahnya pak, jadi double gitu, td saya coba pakai cara dr bpk, sudah saya count berapa NIK per tgl, trs iseng2 coba klik lagi (maklum kagum ama macronya pak praktis banget gitu heheh) trs kok datanya muncul lagi dibawahnya pak, saya coba lihat di Alt+F11 eh mlh puyeng ndak ngerti, makanya saya bertanya apa bisa difilter jika sudah diambil datanya dr data notepad yg ada tdk bisa diambil lagi jika blm konfirmasi.
Sekali lagi maaf ya pak dah memusingkan, jika tidak bisa yo wes pak, makasih dah dibantu.
Peace...

2011/9/9 <[hidden email]>

> [...]
>
> Regards.
> Kid.

Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

bisa
yaitu (seperti telah dikatakan di email sebelum ini) dengan cara memberi
kolom baru
pada tabel hasil konversi, di kolom baru itu kita tuliskan (dng makro) nama
file-text-nya

cara untuk mencegah file-text diproses lebih dari sekali antara lain
** setelah dikonversi, file text langsung dihapus atau dipindah ke folder
khusus
cara lain dengan memeriksanya di kolom NAMAFILE TEXT spt tsb di atas.

Tetapi yg penting mbak hart tentukan:

apakah nomor (22 digit) itu  bisa ada kembarannya di FILE-TEXT LAIN ??
hal ini tidak dapat kita analisis di sini karena mbak hart mengajukan contoh
file
hanya satu saja..

jawaban dari mbak hart (semakin banyak info semakin baik) *akan sangat
menentukan*
*"jalan ceritak" nya makro* yg akan dibuat (oleh mr kid maupun haps yg akan
ikut belajar)

Coba lihat di seberang sana, Mr Kid kelihatan manggut-manggut kan ??
(sepertinya sambil makan pisang goreng tuh..) he he he..

2011/9/9 <[hidden email]>

> [...]
>
> demikian sekedar menambahkan pendapat..
>
> haps

Re: [belajar-excel] Fw: memindahkan data dari notepad ke excel

File terlampir contoh hasil manggut-manggut karena ngantuk bukan karena
makan pisang goreng. Jadi kalau ada yang salah, dimaklumi sajah.

Untuk data absensi, mungkin ada kolom yang menerangkan sebagai data saat
masuk atau data saat keluar.

Data text file mbak Tini tidak unique record, tetapi dianggap boleh unique
record dengan beberapa asumsi.
File terlampir berasumsi bahwa absensi pertama yang digunakan. Jadi sisanya
akan dihapus, memanfaatkan fitur remove duplicate minimal berdasar kolom
NIK. Pada file terlampir di-remove duplicate berdasar kolom NIK dan Tanggal,
karena was-was ada file yang berisi 2 tanggal (misal ada lembur dihari libur
atau sabtu dan direkap di hari seninnya).
Tapi sebelum di remove duplicate, harus disort ascending lebih dulu. MInimal
berdasar waktu, tapi pada file terlampir berdasar 3 kolom, saking isengnya.
Ubah sort order type menjadi descending ketika data yang dipakai adalah
absensi terakhir.

Asumsi lainnya adalah, sebuah file text hanya berisi data masuk saja atau
data keluar saja. Meski demikian, pada file terlampir belum disertakan
sebuah kolom penanda data apakah data baru tersebut sebagai data masuk atau
data keluar. Silakan dikembangkan saja.

Hasil import text file yang telah di sort dan remove duplicate di salin ke
database, dan masuk sebagai record pertama, karena sifat fitur remove
duplicate adalah mempertahankan data pertama yang ditemukan dan menghapus
data berikutnya yang terduplikasi berdasar suatu kriteria. Kriteria berdasar
tanggal dan NIK, karena database berisi seluruh data sepanjang masa.

Setelah didapatkan database yang benar-benar unique berdasar keys (tanggal
dan NIK), maka data diurutkan kembali berdasar tanggal dan NIK, agar data
lebih clustered.

Semoga terus dikembangkan, hingga suatu saat akan muncul kebutuhan
penggunaan database engine sebagai media penyimpan data dan ekstraksi data
kerja.

Regards.
Kid.

re-Excel From Notepad_r1.xls (131K) Download Attachment