Quantcast

[belajar-excel] Grafik pareto

Mulki Akbar
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dear rekan2 B-XL-ers.

Mohon bantuannya utk membuat grafik pareto yg tampilannya bisa dilihat dlm lampiran berikut.

Terimakasih atas pencerahannya.

Wassalam,

kasus grafik pareto.xls (109K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Grafik pareto

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Coba langkah berikut :
1. blok area data (beserta header)
2. lakukan Insert Chart dan pilih tipe Column
3. klik series milik nilai kumulatifnya dan di klik kanan pilih format data
series
4. atur agar series diletakkan pada secondary axis (pilih Secondary axis
pada bagian tentang Plot on) lalu tekan OK
5. klik kanan series milik kumulatif -> ubah tipe chart menjadi line
6. klik kanan series nilai individu -> format data series -> atur gap chart
agar lebih rapat sesuai kebutuhan -> tekan OK

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,
Kid.

2013/4/19 Mulki <[hidden email]>

> [...]
>
> Dear rekan2 B-XL-ers.
>
> Mohon bantuannya utk membuat grafik pareto yg tampilannya bisa dilihat dlm

Terimakasih atas pencerahannya Mr. Kid.

Boleh minta sarannya lagi bagaimana supaya chart type line bisa sampai menjejak sampa 0% seperti contoh gambar disampingnya.

Terimakasih

Wassalam,
Mulki

kasus grafik pareto2.xls (121K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Grafik pareto

Series kumulatif dibuat xy scatter aja kali ya.
Kemudian series individu diperluas 1 record.

File terlampir.

2013/4/19 Mulki <[hidden email]>

> [...]
>
> Boleh minta sarannya lagi bagaimana supaya chart type line bisa sampai
> menjejak sampa 0% seperti contoh gambar disampingnya.

re-kasus grafik pareto2.xls (121K) Download Attachment

[belajar-excel] Convert file TXT ke excel

Ahmad Nurul

Dear Para B Exceler,

Mohon batuannya ilmu untuk convert dari txt ke excel supaya terlihat rapih, gimana caranya.
Karena saya masih pemula, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

terlmpir file txt, saya zip karena kebesaran filenya.

Best Regard,

Ahmad Nurul Imran

Jl. KH. Tb. A. Khotib No. 43 Kedalingan Serang - 42117
Hp : 087774309887
Tlp : 0254-203282

YAALN20P938735.7z (269K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Convert file TXT ke excel

File terlampir.
- Buka txt file dengan Excel (Windows Explorer -> klik kanan file -> open
with -> MS Excel)
- jika muncul dialog window text to column, abaikan saja pilih delimited
lalu next sampai finish atau di cancel jika ada pilihannya
- data harus muncul sebagai data 1 kolom di kolom A saja
- copy data ke file terlampir di A2
- klik tombol [SPLIT]

re-split.xlsm (30K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Grafik pareto

Mulki Akbar
Terimakasih Mr.Kid telah memberi alternafi lain.
Cuma kalo boleh saya tau xKum itu dasarnya apa ya Mr.Kid ?
Jika tanpa menggunakan kolom bantu xKum apakah bisa Mr.Kid ?

Mohon pencerahannya.

Terimakasih & wassalam,
Mulki

Re: [belajar-excel] Grafik pareto

Kalau ndak salah begini ceritanya Pak,

nilai individu ditampilkan dengan tipe chart column yang axis X-nya mulai
dari 1 dengan step 1 (1,2,3,4,dst).
Individu akan diletakkan di nilai Axis X tersebut (A,B,C,D,dst)
Karena lebar setiap column adalah 1 (stepnya 1 antar axis X) dan individu
diletakkan pada setiap nilai axis X yang mulai dari 1 dan seterusnya, maka
axis X bernilai awal column pertama adalah di nilai 0.5. Axis X column ke
dua diawali pada nilai axiz 1.5 (stepnya kan tetap 1 ya)

Pada series kumulatif, akan digunakan tipe chart xyscatter yang membutuhkan
2 titik (x,y).
Maka dibuatlah kolom xKum sebagai axis X dan titik 0 adalah pada koordinat
(0,0.5). Itu sebabnya ditambahkan sebuah record nilai kum 0% dan xKum
bernilai 0.5. Nilai xKum berikutnya selalu step 1 dari xkum sebelumnya.

Jika diperhatikan, maka series kumulatif akan memiliki 5 titik (mulai dari
0% sampai 100%). Maka series individu juga perlu diperluas agar menjadi 5
record. Karena column pertama ingin menempel pada axis Y, maka perluasan
dilakukan dengan menambah 1 record sesudah record terakhir.

2013/4/20 Mulki <[hidden email]>

> [...]
> Cuma kalo boleh saya tau xKum itu dasarnya apa ya Mr.Kid ?
> Jika tanpa menggunakan kolom bantu xKum apakah bisa Mr.Kid ?

Makasih Mr Kid untuk ilmunya

From: "Mr. Kid" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Fri, 19 Apr 2013 22:43:22
To: BeExcel<[hidden email]>
Subject: Re: [belajar-excel] Convert file TXT ke excel

> [...]

> *Hp : 087774309887*
> *Tlp : 0254-203282*

Re: [belajar-excel] Convert file TXT ke excel

nubie masta
klw saya biasa langsung copas,
copy content file txt, paste ke excel

!YM: mas.tjogja
:\masta.rumahterjemah.com , my bad blog
:\host.rumahterjemah.com , my free host, no ads
:\shop.rumahterjemah.com , my online shop

<snip>