Quantcast

[belajar-excel] Help URGENT - cara menghitung durasi jam

[belajar-excel] Help URGENT - cara menghitung durasi jam

wiwin_jk
DH all, assalamualaikum ...

Sebelumnya terima kasih atas approvalnya.
Mohon di bantu saya mendapatkan tugas untuk menghitung durasi waktu , kebetulan kami sedang menggarap ticketing.
Saya bingung jika hrs menghitung "berapa lama" :)

Mohon bantuannya , contoh data saya attach.

Terima kasih banyak.

Wa'alaikum salam Wr Wb

Wiwin

Just My Way to be -  Work at Home MomWeb : http://www.bisnisbunda-luarbiasa.blogspot.com

Hitung Jam.xls (25K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Help URGENT - cara menghitung durasi jam

dwint ruswanto-2
Administrator
sebelumnya... bisakah format jamnya diubah menjadi 24 bukannya 12.. hal ini
untuk memudahkan penanggap mengetahui apakah jam 4:25 itu jam 4 pagi atau 4
sore yang setara dengan jam 16.

wassalam,

-dwint-

Pada 14 Agustus 2012 10:00, Wiwin <[hidden email]> menulis:

> [...]
> *

Re: [belajar-excel] Help URGENT - cara menghitung durasi jam

Aliif Akbar
Waalaikumsalam,
Saya nyoba pak, di kurangi saja,
Contoh nomer 1,
Itu di cell E3 rumus : =D3-B3 : hasilnya, 2:54:39
Kalo yg di nomer 2 itu hasilnya ######, karena hasilnya negatif, coba format jam di D4 gantindari AM ke PM, mesthi g negatif,
CMIIW,

Just My Way to be -  Work at Home MomWeb : http://www.bisnisbunda-luarbiasa.blogspot.com

[belajar-excel] Problem dengan TRANSPOSE Matrix

zainul_ulum[at]yahoo[dot]com
Be-excelers,

Saya mempunyai formula array untuk merubah matrix 2 kolom menjadi satu kolom
sebagai berikut:
=INDEX($B$2:$C$5,ROUND(ROW(INDIRECT("1:"&$G$2))/2,0),IF(MOD(ROW(INDIRECT("1:
"&$G$2)),2),1,2))

Kemudian formula tersebut saya simpan menjadi "named range" misal _X

Ketika saya melakukan proses TRANSPOSE dari _X:
=TRANSPOSE(_X)
Kenapa hasilnya berbeda ketika saya lakukan proses TRANSPOSE langsung:
=TRANSPOSE(INDEX($B$2:$C$5,ROUND(ROW(INDIRECT("1:"&$G$2))/2,0),IF(MOD(ROW(IN
DIRECT("1:"&$G$2)),2),1,2)))

Contoh detail ada di attachment.

mohon pencerahannya...

wassalam
-zainul-

TransposeMatrix.xlsx (13K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Help URGENT - cara menghitung durasi jam

Coba di e3 :
=round( c3+d3+((a3+b3)>(c3+d3))*"12:00:00"-a3-b3,6)
Klik kanan cell -> format cells -> number -> custom -> tulis di textbox :
[hh]:mm:ss
Copy ke baris lain.
On Aug 14, 2012 10:14 AM, "Wiwin" <[hidden email]> wrote:

> [...]
> kebetulan kami sedang menggarap ticketing.
> Saya bingung jika hrs menghitung "berapa lama" :)
>
> Mohon bantuannya , contoh data saya attach.

Bls: [belajar-excel] Help URGENT - cara menghitung durasi jam

indria pie

ibu wiwin

coba di cell E3 pake formula
=D3-B3+IF(B3>D3;1)

tapi sebelumnya mungkin lebihbaik klo formatnya diubah ke 24 jam

________________________________
 Dari: Wiwin <[hidden email]>
Kepada: Milis Excel <[hidden email]>
Dikirim: Selasa, 14 Agustus 2012 10:00
Judul: [belajar-excel] Help URGENT - cara menghitung durasi jam

[...]

Mas Dwint, Mas Alif dan Mr Kids,

Thanks a lot, saya coba mengugnakan rumus dari Mr. Kids, dan its running , makasih makasih ... suwun ..
Tunggu pertanyaan saya berikutnya heheheheh

Salam,

From:  Wiwin <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Tue, 14 Aug 2012 11:00:51 +0800 (SGT)
To: Milis Excel<[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

[...]

[belajar-excel] hitung cuti

indria pie
dear all masters belajar excel,

mohon dibantu...
saya baru membuat adm cuti, klo mungkin master-master ada yang punya file / aplikasi excel mohon bisa dishare
dengan ketentuan (sama dengan post di milis tetangga tapi tidak ada file attachnya) :
        1. Hak Cuti karyawan timbul setelah yang bersangkutan bekerja selama 12 bulan berturut – turut (dihitung dari awal join date).
        2. Hak cuti yang timbul setelah karyawan bekerja selama 12 bulan berturut – turut sebanyak 12 hari ditambah dengan sisa bulan dari hak cutinya mulai timbul sampai dengan bulan Juli atau Desember dimana setiap bulan diberikan hak cuti 1 hari.
        3. Setiap Bulan Januari & Juli akan timbul hak cuti baru yang besarnya adalah 6 (enam) hari kerja.
        4. Sisa cuti dari tahun sebelumnya tetap berlaku sampai dengan 6 bulan berikutnya.
        5. Contoh perhitungan cuti :
-          Karyawan A join 20 Juni 2009. Karyawan tersebut
baru boleh cuti (atau hak cuti pertamanya muncul) di Juni 2010.
-          Karyawan A pada bulan Juni 2010 mempunyai jatah
cuti 12 hari (setiap bulan muncul 1 hari hak cuti). Dan cuti ini berlaku hingga
6 bulan berikutnya alias jika tidak digunakan hingga Desember 2010, maka pada
Januari 2011 akan hangus.
-          Karyawan A pada bulan Juli 2010 belum muncul
jatah cuti baru (yang 6 hari).
-          Karyawan A pada Januari 2011 muncul jatah
cutinya sebanyak 6 hari, dan berlaku hingga Juni 2011 (jika tidak digunakan
akan hangus di Juli 2011).
-          Begitu seterusnya.

Re: [belajar-excel] hitung cuti

hendrik karnadi
Para calon penjawab tentunya akan lebih mudah menjawab jika penanya menggambarkan persoalan dan jawaban yang diinginkannya secara jelas dalam bentuk Worksheet agar jawabannya langsung pas sesuai kebutuhan.

Jika anda membuatnya sekarang maka hari ini juga pasti akan ada jawabannya.

Salam,
Hendrik Karnadi

Re: [belajar-excel] Problem dengan TRANSPOSE Matrix

Mas Zainul,

Index menghasilkan rujukan kesebuah item array berdasarkan index_baris dan
index_kolom yang ditetapkan.
Artinya, hasilnya pasti 1 item array pada kondisi diatas.
Coba cek dengan Rows( nama_range ), bila perlu cek juga dengan Columns(
nama_range )
pada sebuah nama_range yang dirujuk dengan formula index yang sudah
tertentu nilai index_baris dan index_kolom nya.

Sebuah nama range adalah sebuah variabel. Bisa jadi tipenya adalah range,
array atau tipe data skalar lain seperti string atau double.
Sebuah nama range dengan rujukan index seperti dijelaskan diatas, tipenya
bukanlah sebuah array.

berbeda halnya ketika ada sebuah blok array (blok cells yang diisi array),
maka Excel akan mengkalkulasi setiap item array dalam blok tersebut sesuai
dengan item-item array dalam input parameternya.

Sederhananya, *nama range hanya menyimpan sebuah nilai akhir dari rujukan
yang diberikan* (bisa berupa array, object range, nilai skalar tergantung
bentuk rujukan), sedangkan kalkulasi Excel pada array blok adalah selalu
bertipe array dengan input berupa array juga.

Sepertinya, setelah ini yang ditanyakan bisa jadi 'lalu bagaimana supaya
bisa menyimpan hasil transformasi dimensi table menjadi sebuah array 1
dimensi'
Tentu dengan memperhatikan kalimat yang di-*biru *di atas, maka akan
terbayang kuncinya.
Sederhananya, buat sebuah nama range, yang merujuk ke suatu ranges 1
dimensi yang kosong (karena targetnya ingin jadi array 1 dimensi bukan),
kemudian tambahkan dengan array hasil kalkulasi transformasi tabel.
Syarat dan ketentuannya :
ranges 1 dimensi yang kosong tadi harus terjaga dari proses delete dan
tidak pernah terisi.

Kondisinya :
maka jumlahkan dengan ranges kosong tersebut
concatenate (dengan operator &) terhadap ranges kosong tersebut.

Susunan rujukan dalam nama range, memanfaatkan fungsi Index dengan input
berupa array data hasil penjumlahan (atau concatenate di atas) untuk
index_baris diisi 0 (jika 1 dimensi vertikal) atau index_kolom diisi 0
(jika 1 dimensi horisontal).

Pakai contoh saja ya...
1. Data seluruhnya bertipe numerik, maka nanti akan menggunakan operator
penjumlahan (*+*).
2. Array formula Index untuk transformasi tabel yang telah Anda susun
adalah :
*=INDEX($B$2:$C$5,ROUND(ROW(INDIRECT("1:"&$G$2
))/2,0),IF(MOD(ROW(INDIRECT("1:"&$G$2)),2),1,2))*
3. Orientasi hasil adalah 1 dimensi array vertikal (karena pakai Row pada
formula Anda)
4. Jumlah baris hasil sudah dikalkulasi dan terseimpan di cell G2 (hijau)
5. Maka membutuhkan sebuah ranges 1 dimensi vertikal yang kosong (misal di
kolom D, mulai D1 dengan jumlah baris sebanyak nilai G2) yang bisa disusun
dengan fungsi Offset :
=Offset( $d$1 , 0 , 0 , $g$2 , 1 )
6. Susunan array hasil akan terbentuk dengan formula :
=Offset( $d$1 , 0 , 0 , $g$2 , 1 )  *+*  *
INDEX($B$2:$C$5,ROUND(ROW(INDIRECT("1:"&$G$2
))/2,0),IF(MOD(ROW(INDIRECT("1:"&$G$2)),2),1,2))*
7. Susunan tersebut akan disimpan dalam sebuah nama range yang harus berupa
array, maka dibutuhkan fungsi Index. Orientasi vertikal maka index_baris
diisi 0, dan rujukan nama range nantinya akan berbentuk :
=Index(  Offset( $d$1 , 0 , 0 , $g$2 , 1 )  *+*  *
INDEX($B$2:$C$5,ROUND(ROW(INDIRECT("1:"&$G$2
))/2,0),IF(MOD(ROW(INDIRECT("1:"&$G$2)),2),1,2))*    ,  0  )
8. Buat nama range dan isi dengan rujukan formula no 7 di atas, kemudian
simpan workbook.
9. Cek jumlah baris nama range (sekalian jumlah kolomnya deh) dengan fungsi
Rows dan Columns
=Rows( nama_rangenya )
=Columns( nama_rangenya )
10. Coba dipakai oleh fungsi Transpose ? (sebagai array formula dalam array
blok 1 baris x N kolom dimana N adalah sejumlah nilai G2)
=Transpose( nama_rangenya )

Kira-kira demikian ya...
moga-moga gak keliru amat...

2012/8/14 zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <[hidden email]>

> [...]
>
> wassalam
> -zainul-

Re: [belajar-excel] Problem dengan TRANSPOSE Matrix

Ops... ternyata belum lengkap, kuatir bisa jadi salah tangkap...

Coba perhatikan baris berikut (pada posting sebelumnya) :
[...]

Baris ini sekedar iklan fungsi Index loh, jadi jangan terus dianggap harus
alias kaku harus menggunakannya. Karena bahasan kondisinya hanya ada 2
bukan.

Jadi, untuk penggunaan Index( ranges kosong + formula transformasi , 0 )
bisa saja hanya dengan susunan :
ranges kosong + formula transformasi

Kemudian, dalam formula penyusun ranges kosong, digunakan fungsi Offset.
Ini juga tidak mutlak harus dengan fungsi Offset.
Alasan penggunaan fungsi Offset pada posting lalu disebabkan karena telah
digunakannya fungsi Indirect yang bersifat volatile. Sekalian ada fungsi
yang volatile, maka pakai juga fungsi volatile lain bernama Offset.
Sebenarnya bisa juga disusun dengan fungsi Index yang tidak bersifat
volatile dengan bunyi :
=$d$1:Index( $d:$d , $g$2 )

Maaf atas ketidak nyamanan ini... semoga belum ada yang sampai tersesat...

2012/8/14 Kid Mr. <[hidden email]>

> [...]
>
> 2012/8/14 zainul_ulum[at]yahoo[dot]com <[hidden email]>
>
>  **

RE: [belajar-excel] Problem dengan TRANSPOSE Matrix

Terimakasih pencerahannya.

Walau jujur harus baca pelan-pelan agar tidak tersesat.

Thanks

:

[...]

image001.jpg (494 bytes) Download Attachment
image002.jpg (456 bytes) Download Attachment