[belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

[belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

Stephen Saputro
Dear Teman2 Milis,

Mohon dapat di bantu kasus saya, Saya sedang membuat pivot, yang di
dalamnya ada hyperlink yang jika di klik akan membuka suatu document. Untuk
mengaktivkan hyperlink di pivot, saya menggunakan script di bawah ini :

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Private Sub Workbook_SheetSelectionChange(ByVal Sh As Object, ByVal Target
As Range)

Dim ptc As PivotTable, Value As Variant, Rng As Range
For Each ptc In Worksheets(Sh.Name).PivotTables
If Not Intersect(Target, Range(ptc.TableRange1.Address)) Is Nothing Then
If Left(Target.Value, 2) = "\\" Then
ActiveWorkbook.FollowHyperlink Address:=Target.Value, NewWindow:=True
Next ptc
End Sub

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 Hanya saja ada beberapa masalah yang saya hadapi.

1. ketika saya melakukan select range di pivot, maka yang muncul adalah
seperti ini :

Select range
[image: image.png]

Message 1
[image: image.png]

2. Waktu hyperlink di klik, akan keluar Ok or Cancel, dan waktu cancel di
klik, maka yang muncul adalah seperti ini :

[image: image.png]

Message 2
[image: image.png]

Mohon bantuan teman teman semuanya, bagaimana agar cara nya menghilangkan
error ini agar message 1 dan juga message 2 tidak muncul lagi

Terima kasih

image.png (17K) Download Attachment
image.png (9K) Download Attachment
image.png (27K) Download Attachment
image.png (11K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

harus tahu nama field yang berisi teks url nya
supaya bisa membatasi kerja event di area field itu saja.
pakai error trap juga, supaya gak ribet harus periksa apakah cells yang
ditunjuk berisi url atau sekadar teks biasa.

On Wed, Feb 20, 2019 at 12:10 PM Stephen Saputro [hidden email]

> [...]

image.png (27K) Download Attachment
image.png (11K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

Pak Kid,

Terima kasih untuk clue nya. Akan coba saya cerna dulu ya Pak.

Regards
Adi

On Thu, Feb 21, 2019 at 1:49 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

image.png (27K) Download Attachment
image.png (11K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

Selamat Pagi Pak Kid, dan semua Pakar Excel,

Adakah yang bisa membantu untuk menyempurnakan script untuk masalah saya di
bawah ini ? saya sudah coba tapi saya tetap belum bisa.
atau apakah ada cara lain selain VBA agar hyperlink di pivot bisa di klik ?

Terima kasih untuk bantuannya.

Salam
SS

On Thu, Feb 21, 2019 at 2:46 PM Stephen Saputro <[hidden email]>
wrote:

> [...]

image.png (27K) Download Attachment
image.png (11K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

script dasarnya :
        thisworkbook.followhyperlink "http://bunyiurlnya"
kalau mau dibuka di new window :
        thisworkbook.followhyperlink "http://bunyiurlnya",newwindow:=true

Syaratnya :
bunyiurl harus valid, karena kalau tidak valid akan menghasilkan error

Kalau tidak mau muncul error (di script apapun dalam programming), pakai
trap error.
di vb/vba bisa pakai ini :
on error resume next
baru perintahnya disini...

Segitu aja udah cukup, gak usah cek seperti contoh script yang entah dapet
dari mana tuh script... aneh scriptnya.

Pasang script itu di prosedur event yang sesuai....
Tahu event kan ? iya, kalau user ngelakuin apapun, akan muncul event
(kegiatan) yang akan dilakukan di vba.
Contoh : kalau user double click berarri akan ada event before double
click. kalau user ngganti nilai, akan ada event change, dsb.
Kalau user ngeklik itu kan biasanya di excel akan terjadi perpindahan
cells. Ini namanya event selection change. Jadi, pasang tuh script di event
ini.

Udah... gitu aja udah bisa jalan... targetnya cuma bisa buka url sama gak
muncul error kan..

kalau urusan yang lainnya, seperti jadi lemot dan sebagainya, yang
diperhatikan bukan caranya bikin url, tapi caranya bikin prosedur (walaupun
bukan untuk buka url) yang robust.
yang ini urusannya panjang...

Gak ada cara lain untuk buka url yang ada di pivot, lha semuanya dianggap
tulisan biasa ajah sama pivot table.

On Fri, Jul 26, 2019 at 6:17 PM Stephen Saputro [hidden email]
> [...]

image.png (27K) Download Attachment
image.png (11K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

Terima kasih banyak Pak Kid untuk bantuannya.

Saya akan coba lagi Pak

On Sun, Jul 28, 2019 at 1:27 AM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

image.png (27K) Download Attachment
image.png (11K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

Saya coba script di bawah ini dan berhasil :

Private Sub Workbook_SheetBeforeDoubleClick(ByVal Sh As Object, ByVal
Target As Range, Cancel As Boolean)

On Error Resume Next
If Left(Target.Value, 2) = "\\" Then
ActiveWorkbook.FollowHyperlink Address:=Target.Value, NewWindow:=True

Tapi setelah saya melakukan script yang sama di kertas kerja yang
sesungguhnya, kenapa kotak dialog di bawah ini jadi muncul dua kali ya Pak ?

[image: image.png]

wrote:

> Pak Kid,
>
> Terima kasih untuk clue nya. Akan coba saya cerna dulu ya Pak.

> [...]

image.png (31K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

Mungkin ada 2 event di sheet itu.

Sent from my smart enough phone

> [...]
>
> <image.png>

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

Sudah saya cek tapi gak ada, saya cuman pake 1 event di thisworkbook

[image: image.png]

Sebenar nya masih bisa di skip sih masalah ini, hanya saja sedikit
mengganggu,

On Mon, Jul 29, 2019 at 10:52 AM 'Mr. Kid' [hidden email]
> [...]

> Tapi setelah saya melakukan script yang sama di kertas kerja yang
> sesungguhnya, kenapa kotak dialog di bawah ini jadi muncul dua kali ya Pak ?

image.png (53K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

di cek di worksheet yang ada pivot table-nya...

On Mon, Jul 29, 2019 at 1:49 PM Stephen Saputro [hidden email]
> [...]

> [belajar-excel] <[hidden email]

image.png (53K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

Hanya ada ini aja Pak Kid,

[image: image.png]

On Mon, Jul 29, 2019 at 2:18 PM 'Mr. Kid' [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

> di cek di worksheet yang ada pivot table-nya...

image.png (53K) Download Attachment
image.png (20K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

terlampir

On Mon, Jul 29, 2019 at 4:05 PM Stephen Saputro [hidden email]

pvthyperlink.xlsm (25K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Hyperlink di Pivot menggunakan VBA

Stephen Saputro
Pak Kid,

Problem Solved. Terima kasih Pak Kid.

On Tue, Jul 30, 2019 at 1:22 AM 'Mr. Kid' [hidden email]