[belajar-excel] Kaldik

jamil_kbm
Asslamu'alaikum
Dear master xl...
Berhubung akan tahun pelajaran baru, saya coba membuat kaldik . Namun ada masalah yang belum terpecahkan.
1. Adakah formula untuk menghitung jumlah hari yang berwarna tertentu dan tidak berwarna??
2. Bagiamana membuat background tanggal 1 januari (tahun baru), 17 Agustus (HUT RI) dan 25 Des (Natal) selalu berwarna merah....
3. Bisakah membuat warna background beda jika idul fitri, idul adha, Isra Mi'raj dan Maulid Nabi secara otomatis jika ganti tahun???
(penggantian tahun, klik tahun di samping bulan Juli)

File saya lampirkan...
atas pencerahannya disampaikan terima kasih....

wassalam

Jamil

Kaldik universal.xlsx (146K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Kaldik

Miss Jan Raisin
Wa'alaikumussalam wr. wb.,

pak Jamil,

Jawaban pertanyaan nomer 1:
tidak ada fungsi bawaan excel yang dapat melakukan perhitungan berdasarkan
interior suatu cell, interior ini adalah semua format yang dilakukan
terhadap cell tersebut seperti warna, patern, border, jenis huruf, format
huruf dan lainnya.
solusi untuk hal ini hanya bisa dilakukan dengan membuat UDF (User Defined
Function) atau fungsi buatan sendiri, cara buatnya seperti ini:
1. dari worksheet, klik kanan nama sheet lalu pilih View Code, atau dari
worksheet tekan tombol ALT + F11 sehingga terbuka lembar VBE
2. klik Insert >> Module
3. pada modul yang baru saja terbuka, copas script berikut ini:

Public Function *CountIfInterior*(*rgSelection As Range*, *rgCrit As Range*)
As Integer
    Dim rgCell As Range
    Dim iCount As Integer

    For Each rgCell In rgSelection
        If rgCell.Interior.Color = rgCrit.Interior.Color Then
            If rgCell.Interior.Pattern = rgCrit.Interior.Pattern Then
                iCount = iCount + 1
    Next rgCell
    CountIfInterior = iCount
End Function

Simpan workbook tersebut sebagai Macro Enable, jika ingin dibuat sebagai
Add-Ins yang bisa digunakan untuk banyak workbook maka simpan dengan
ekstensi XLAM atau Excel Add-Ins

cara penggunaannya:
=CountIfInterior*( *blok_seluruh_cell_di_bulan_juli* , *blok_cell_C25*)
patern yang sama dengan warna pada tanggal hari pertama sekolah

menekan tombol sama dengan seperti fungsi Excel lainnya

Jawaban untuk pertanyaan nomer 2 dan 3:
Bisa menggunakan conditional formating, tetapi sebelumnya harus membuat
sebuah tabel yang berisi hari-hari libur akademik
coba pelajari cara penggunaan conditional formating

Maaf, tidak melampirkan file solusi.. silakan dicoba dulu, jika ada
kesulitan silakan dishare ke sini lagi

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
[hidden email];*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*