[belajar-excel] Kenapa format tanggalnya ga bisa berubah?

[belajar-excel] Kenapa format tanggalnya ga bisa berubah?

Teti Zhe
Dear all,
Saya mau nanya koq format tanggal di excel ini (file terlampir) tidak bisa berubah.. saya ingin memakai format yang sperti ini , misalnya ketika mengetikkan 7/712 maka di cell tersebut akan menjadi 7-Juli-2012 (sebelumnya sudah saya set cell nya menjadi format seperti d-m-y) namun ternyata tidak mengikuti, terkadang ada cell yang mau ikut formatnya, kdang juga tidak begitu... kira2 itu kenapa ya??
Makasih..

Salam,
Teti.

Tanggal.xlsx (12K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Kenapa format tanggalnya ga bisa berubah?

aji mumpung
Hai Teti,

tipe data dalam sampel anda adalah campuran antara numeric dengan text,
jika anda memperoleh data tersebut dari hasil copas tampilan suatu sistem,
maka yang pertama-tama harus dilakukan adalah menyamakan regional seting
antara sistem tersebut dengan regional setting pada komputer anda.

pengecekan tipe data dapat dilakukan dengan

=IsNumber ( )
dan
=IsText ( )

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 15 Oktober 2012 11:55, Teti Zhe <[hidden email]> menulis:

> [...]
>
> Salam,
> Teti.

Re: [belajar-excel] Kenapa format tanggalnya ga bisa berubah?

Jika datanya adalah hasil entry,

Nah... Bagaimana kalau sekarang entry-nya dengen ketikan yang tersusun
dalam format YYYY-MM-DD.
Dengan begitu, apapun regional setting si komputer, selama format number
untuk si cell bukan Text, hasilnya entry adalah bertipe numerik atau
datetime.

Contoh :
2012-01-23 -> untuk 23 Januari 2012
2012-09-03 -> untuk 3 September 2012
2012-11-07 -> untuk 7 November 2012
2012-12-17 -> untuk 17 Desember 2012

tsy

Re: [belajar-excel] Kenapa format tanggalnya ga bisa berubah?

tsy
hi aji,

problem saya sama, saya dapet data dari sistem, setelah saya cek dengan isnumber & istext ternyata benar beda formatnya, untuk mengganti / menyamakan antara number dan text gimana ya?

Thanks..

Re: [belajar-excel] Kenapa format tanggalnya ga bisa berubah?

Sebaiknya Anda mendaftar menjadi anggota milis Belajar-Excel.

Dengan begitu, semakin banyak BeExceller yang akan mencoba untuk membantu.
Jarang sekali anggota milis Belajar-Excel yang berkeliaran di backup (yang ada di Nabble ini).

Cara join ke milis Belajar-Excel adalah dengan mengirimkan email kosong ke :
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

Kemudian posting seluruh masalah kepada seluruh BeExceller dengan membuat email baru pada akun email pribadi Anda yang ditujukan ke :
belajar-excel@yahoogroups.com