Quantcast

[belajar-excel] Kolom A, B, C dst menjadi 1, 2, 3 dst

[belajar-excel] Kolom A, B, C dst menjadi 1, 2, 3 dst

Harry
Dear BeExeller,

Mohon informasi dan solusi akan pertanyaan saya dng situasi sbb:
Pada sata Workbook yang memiliki banyak rumus yang telah saya buat, tampilan Worksheetnya berubah tidak seperti yang seharusnya tetapi tidak terlalu signifikan.
Perubahan tersebut terjadi pada tampilannya Kolomnya.
Pada Worksheet seharusnya adalah Kolom dilambangkan dengan huruf Abjad yaitu A, B, C dst sedangkan Row dilambangkan dengan angka yaitu 1, 2, 3 dst.

Pada Workbook yang telah saya buat tersebut Kolomya berubah menjadi 1, 2, 3 dst dan Row-nya tetap 1, 2, 3 dst.

Pertanyaan saya adalah: Bagaimana cara dan apa yang harus diganti jika Kolom tersebut dikembalikan lagi menjadi A, B, C dst...???

Terima kasih atas berkenan jawabannya.

Regards,

Harry

.

Re: [belajar-excel] Kolom A, B, C dst menjadi 1, 2, 3 dst

Rr Wilis
Dlm me-notasi-kan Formula, di Excel dikenal ada 2 cara :

*Style A1  *
yaitu COLUMN diberi nama dengan HURUF mulai A, ROW di beri nama dengan
ANGKA mulai 1
Style ini sepertinya paling umum dipakai, seperti Pak Harry ceritakan itu,

*Style R1C1*
ROW diberi nama dengan ANGKA mulai 1, COLUMN juga diberi nama dengan ANGKA
mulai 1
Jadi alamat cell dengan *rujukan absolut $F$16* dlm style A1; >> notasinya
menjadi  *R16C6*  dalam style R1C1.
Jika alamat cellnya dengan *Relative Reference F16* notasinya bisa
berubah-ubah tergantung di cell mana ditulisnnya.
Misal ingin merujuk F16 dari cell H17, notasinya  *=R[-1]C[-2]*  Gampang
kan ?

Kedua *Syle* itu dapat *dengan BEBAS anda pilih* dengan mengatur setting
Checkbox *"R1C1 Reference Style"*
Jika CheckBox nya di Contreng (enabled / True) maka  berlaku Style R1C1
Jika Contrengannya dihilangkan (disabled / false) maka berlaku Style A1

Di Excel 2007 setting tsb ada di Office Button > Excel Options > Tab
Formula, di area 'Working with Formula'
Kalau di Excel 2003: Menu Tools > Options > Tab General
(lihat gambar di bawah ini)

[image: Inline image 1]

Kalau pegang 'textbook panduan standar pemakaian excel', hal ini
diejelaskan di bab-bab depan / basic.
Mungkin pak Harry terlewat membacanya, atau bukunya ilang...

~Rara

2012/5/31 Harry <[hidden email]>

> [...]
> Pertanyaan saya adalah: Bagaimana cara dan apa yang harus diganti jika
> Kolom tersebut dikembalikan lagi menjadi A, B, C dst...???

R1C1 Reference Style.PNG (65K) Download Attachment

Bls: [belajar-excel] Kolom A, B, C dst menjadi 1, 2, 3 dst

Harry
Dear Rara,

Terima kasih atas berkenan penjelasannya dan caranya.
It's work.

Regards,

Harry

 Dari: Rara Wilis <[hidden email]>
Kepada: [hidden email]
Dikirim: Jumat, 1 Juni 2012 0:29
Judul: Re: [belajar-excel] Kolom A, B, C dst menjadi 1, 2, 3 dst