[belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

12

[belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

Toni Kus Indratno
Bagaimana cara mengunci Excel agar tidak bisa diclose menggunakan tanda X dipojok kanan atas,?

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

Coba file terlampir.
Oh iya, jangan lupa untuk menyusun kriteria agar bisa di close lagi.

re-emaaak__aku_gak_boleh_close_excelnya_huaaa_huaa.xlsm (24K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

Toni Kus Indratno
Mohon maaf langkah-langkahnya bagaimana ya,?
saya masih bingung

tonikus.staff.uad.ac.id

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

Dengan VBA Pak.

Coba lihat sisi VBA-nya dengan beralih ke window VBE (tekan ALT   F11)
Lihat isi dalam Sheet1, ThisWorkbook, dan Module1

2012/10/10 Toni Kus indratno <[hidden email]>

> **
>

> Mohon maaf langkah-langkahnya bagaimana ya,?
> [...]

Maaf Pak sudah saya lihat dan saya coba tapi tetap saja bisa diclose . . . .
Mphpn pencerahan lebih lanjut . . .

tonikus.staff.uad.ac.id

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

Oh masalah security macro nya.

Begini :
1. Buka file tersebut
2. Jika ada pertanyaan apapun, tekan Enable Macro
3. baru coba
4. Jika tidak boleh ditutup sama sekali (alias harus ditutup lewat task
manager), lakukan hal berikut :
Private Sub cmdClose_Click()
    lTry = -1
    Application.DisplayAlerts = False
    cmdClose.Visible = False
    ThisWorkbook.Save
    ThisWorkbook.Close False
    Application.DisplayAlerts = True
End Sub

        msgbox "oooo tidak bisa...",vbcritical,"pesannya"

> [...]

> **
>

> Maaf Pak sudah saya lihat dan saya coba tapi tetap saja bisa diclose . . .

Tetap sama Pak,,belum bisa. . . .
bisakah lebih rinci dijelaskan ke saya,?

tonikus.staff.uad.ac.id

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

aji mumpung
Pak Toni,

Mr Kid, mohon izin untuk ikut menjelaskan solusi atas kasus ini..

Berikut code dari Mr Kid

Pada modul1

Option Explicit

Public lTry As Long

Pada this workbook

Option Explicit

    If lTry > 2 Then
        Sheet1.cmdClose.Visible = True
    ElseIf lTry = -1 Then
        Exit Sub
    Else
        lTry = lTry + 1
    End If
    Cancel = True
End Sub

Private Sub Workbook_Open()
    Sheet1.cmdClose = False
    lTry = 0
End Sub
==================================================================================

==================================================================================
Pada sheet1

Option Explicit

[...]

Pada awalnya Mr Kid mendeklarasikan sebuah variabel bertipe long yang dapat
dipanggil dari mana saja dengan nama lTry
deklarasi variabel ini ditulis pada sebuah modul dan digunakan untuk
menyimpan berapa kali user mencoba menutup file excel dengan cara mengeklik
(bener gak ya bahasanya?) tombol silang di kanan atas atau dari menu File

Pada saat workbook dibuka (*ditandai dengan warna biru*), maka nilai lTry
ini disetting menjadi 0 (nol)

Setiap kali user mencoba menutup workbook dengan cara menekan tombol silang
di kanan atas, maka nilai lTry ini akan selalu ditambahkan dengan angka 1
sehingga nilainya akan menjadi 0, 1, 2, 3, dst

Lihat yang diberi *warna merah*, workbook hanya akan dapat ditutup manakala
lTry bernilai -1 (minus satu), sedangkan nilai awal adalah 0 (nol),, nilai
berikutnya adalah 1, 2, dan seterusnya..

kapan nilai -1 ini akan tercapai sedangkan nilainya terus bertambah? oleh
sebab itu maka mr Kid menyeting nilai -1 ini hanya pada tombol cmdClick
yang diberi warna biru.

jadi sebanyak apa pun user mencoba menutup workbook, selama ybs tidak
menekan tombol tutup maka workbook tidak akan tertutup..

Tentunya cara ini hanya berhasil jika user memperbolehkan macro berjalan di
komputer mereka denga cara meng-Enable-kan macro tersebut, jika user
men-Disable maka code tersebut tidak akan berjalan.

Solusi lain adalah memaksa user untuk meng-Enable-kan macro, jika mereka
tidak meng-enablekan maka mereka tidak dapat mengakses workbook tersebut.

cara tersebut tentunya harus disusun ulang untuk melengkapi kode yang sudah
ditulis oleh mr Kid.

Pendapat saya pribadi, kode dari Mr Kid selalu menakjubkan untuk dipelajari

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 07:27, Toni Kus indratno <[hidden email]>menulis:

> **
>

> Tetap sama Pak,,belum bisa. . . .
> bisakah lebih rinci dijelaskan ke saya,?

> [...]

maaf.. ada sedikit salah penjelasan.. belum dikasih warna hehehe..

kapan nilai -1 ini akan tercapai sedangkan nilainya terus bertambah? oleh
sebab itu maka mr Kid menyeting nilai -1 ini hanya pada tombol cmdClick
yang diberi warna biru. >> belum dikasih warna

nilai ini akan menjalankan program ke sini:

ElseIf lTry = -1 Then
        Exit Sub    >>> keluar dari program yang melarang user menutup wbk

yang pada akhirnya user dapat menutup kembali workbook yang sebelumnya
dibuka

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 08:37, aji mumpung <[hidden email]> menulis:

> [...]
>

> wassalam,
>
> -aji mumpung-

Lha tombolnya itu bagaimana mas,?
akan muncul sendiri atau kita bikin tombolnya,?

kalau bikin tombolnya ambil yang dimana ya mas,?

maaf merepotkan,,hehe

tonikus.staff.uad.ac.id

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

aji mumpung
tombolnya sudah disetting oleh mr Kid akan muncul pada saat user mencoba
menutup aplikasi sebanyak 4 kali..
coba perhatikan kode ini
If lTry > 2 Then
        Sheet1.cmdClose.Visible = True

pada saat pertama user mencoba menutup wbk, nilai lTry = 0
percobaan kedua, nilai lTry = 0 + 1 = 1
percobaan ketiga, nilai lTry = 1 + 1 = 2
percobaan keempat, nilai lTry = 2 + 1 = 3

pada saat lTry sudah lebih besar dari 2 maka tombol yang sudah disiapkan
oleh mr Kid akan muncul..

omong-omong dilenya sudah dicoba belum pak? atau macronya masih belum
dijalankan?

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 09:45, Toni Kus indratno <[hidden email]>menulis:

> [...]
>

> Lha tombolnya itu bagaimana mas,?
> akan muncul sendiri atau kita bikin tombolnya,?
> kalau bikin tombolnya ambil yang dimana ya mas,?

sudah tak coba sama persis,,tapi kok tetep tidak bisa ya,??
Mungkin bapak bisa memberi langkahnya step by step,??hehe

tonikus.staff.uad.ac.id

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

aji mumpung
hehehe... saya juga bingung kenapa di komputer bapak tidak bisa jalan ya..

mungkin begini saja pak.. coba dikirim screen shot langkah2 yang sudah pak
toni jalankan.. nanti baru bisa diketahui masalahnya ada dimana..

atau mungkin ada member millis ini yang kira2 tau apa masalah yang dihadapi
oleh pak toni, bisa tolong di share ilmunya di sini

tetap semangat pak..

wassalam,

-aji mumpung-

Pada 11 Oktober 2012 12:07, Toni Kus indratno <[hidden email]>menulis:

> [...]
>

> sudah tak coba sama persis,,tapi kok tetep tidak bisa ya,??
> Mungkin bapak bisa memberi langkahnya step by step,??hehe

Cara coba file lampiran dalam posting terdahulu :
1. Download file dan simpan ke sebuah folder (usahakan tidak di desktop)
2. Double click si file
3. Jika muncul seperti gambar :
[image: Inline image 1]
tekan Options dan nanti akan muncul seperti gambar dibawah (kadang kala,
gambar di atas tidak muncul dan langsung muncul seperti gambar dibawah)
[image: Inline image 2]
Pilih Enable this content dan tekan tombol OK

4. Coba tutup aplikasi atau tutup workbook, dengan menekan tombol close (x)
disudut kanan atas (paling kanan atas adalah close excel application,
sedang kanan atas tapi tidak paling adalah close workbook - pilih yang mana
saja)
Biasanya aplikasi atau workbook akan langsung tertutup dengan atau tanpa
disertai konfirmasi akan save workbook dulu atau tidak. Tapi hal ini tidak
terjadi karena ditolak.

5. Setelah berulang kali tekan (x) [kalau gak salah 4 kali], nanti akan
muncul Command Button. Jika Command Button tersebut di tekan, maka workbook
akan di-close
workbook dibuka.

Untuk lihat alur prosesnya, maka harus jalan-jalan ke VBE (tekan ALT  F11)
dan mulai baca perlahan dari Thisworkbook prosedur event Workbook Open,
kemudian dirunut ke prosedur lainnya, hingga nanti akhirnya akan kembali ke
ThisWorkbook tapi pada event Before Close.

Jika mengikuti langkah diatas masih muncul kebingungan 'kok tidak terjadi
apa-apa' dimana artinya adalah Excel tetap tertutup karena menekan (x),
berarti ada yang salah dari salah satunya, entah filenya maupun aplikasi
Excel dikomputer setempat.

2012/10/11 Toni Kus indratno <[hidden email]>

> **
>

> sudah tak coba sama persis,,tapi kok tetep tidak bisa ya,??
> Mungkin bapak bisa memberi langkahnya step by step,??hehe
>

> tonikus.staff.uad.ac.id

xl014_vba_01_security_options.gif (17K) Download Attachment
xl014_vba_02_security_alert.gif (23K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

Kalau yang ini berarti sudah bisa mencoba file lampiran yang lalu ya.
Kemudian mau coba buat sendiri.

Asumsi dengan Excel 2007

Untuk membuat file Excel yang akan diisi dengan VBA (mau dibilang Macro
juga boleh dah)
1. Buat workbook baru
2. Save file tersebut dan pastikan disave dengan ekstensi *selain .xlsx*
[image: Inline image 1]
Pilih Save as type itu yang .xlsm atau .xls atau .xlsb
Kemudian tekan tombol Save.

Dah... sekarang file sudah bisa menyimpan script VBA.

Permasalahan tentang ingin menggunakan beberapa object control :
1. Lihat dijajaran ribbon (kalau dulu disebutnya menu) dan cari apakah ada
yang namanya Developer
2. Jika tidak ada,
A. tekan office button (pojok kiri atas yang bunder) -> tekan tombol Excel
Options (kanan bawah dari menu dialog yang tampak)
[image: Inline image 2]

B. pilih page Popular (frame kiri) -> lalu lihat frame kanan -> cari item
Show Developer tab in the ribbon -> pastikan untuk tercentang -> tekan
tombol OK
[image: Inline image 3]

3. Lihat lagi dijajaran ribbon akan kehadiran ribbon bernama Developer.
Jika belum ada, kembali ke Nomor2 sampai jengkel dan nyaris putus asa.
Jika sudah nyaris putus asa, terus posting ke milis disertai screenshot
excel yang Anda gunakan, tapi gambarnya jangan BMP, ubah jadi JPG atau
format lain yang lebih langsing ukuran lingkar perutnya. Abaikan
nomor-nomor selanjutnya (Exit Sub)

4. Kalau sampai disini, berarti sudah bisa mulai menambahkan control object
ke dalam worksheet
Caranya :
A. klik ribbon Developer -> lihat di grup Control -> ada tombol dropdown
menu bernama Insert -> klik si Insert itu -> pilih (misal dari kelompok
ActiveX) sebuah item (misal CommandButton (diklik) -> gambar kotak di
worksheet (gerakkan mouse sambil diklik terus)
[image: Inline image 4]
Setelah mousenya dilepas, akan terbentuk si tombol. Perhatikan juga tombol
Design Mode dalam ribbon Developer yang saat ini akan dalam keadaan ON
(diberi warna berbeda dibanding tombol lain dalam ribbon oleh Excel)

B. Setelah buat control object, jika control object dari kelompok ActiveX
Controls, biasanya ingin mengatur properti yang dimiliki (ganti nama, ganti
tulisan yang tampak [caption], dsb)
Caranya :
B.1 : Pastikan tombol Design Mode dalam keadaan ON
B.2 : klik kanan si tombol dan pilih Properties sehingga muncul seperti
dialog properti-nya
B.3 : ganti nilai-nilai untuk properti yang ingin diubah nilainya
Misal > ganti nama si tombol dari CommandButton1 menjadi cmdClose
               -> cari properti bernama Name [biasanya ditulis (Name)],
klik dan ganti teks dikanannya dengan cmdClose
Misal > ganti teks yang tampil ditombol
               -> cari properti bernama Caption, klik dan ganti teks
dikananya (misal : Tombol Apa ?)

5. Selesai bermain dengan properti, maka file bisa disave. Bila perlu,
turn-off Design Mode (klik si tombol Design Mode untuk gonat ganti dari
On-Off-On sampai capek)

> [...]

> Lha tombolnya itu bagaimana mas,?
> akan muncul sendiri atau kita bikin tombolnya,?
> kalau bikin tombolnya ambil yang dimana ya mas,?

xl016_vba_05_insert_control.gif (47K) Download Attachment
xl016_vba_03_checked_developer.gif (24K) Download Attachment
xl016_vba_02_excel_options.gif (39K) Download Attachment
xl016_vba_04_save_macro.gif (17K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

Toni Kus Indratno
Alhamdulillah ahirnya saya berhasil,,
Terimakasih banyak atas bantuan teman-teman semua . . . .
tapi ada sedikit pertanyaan lagi,,
contoh yang diberikan kan hanya untuk 1 Sheet,,nah jika filenya terdiri dari banyak sheet itu bagaimana,?
Mohon penjelasan dari para Master-master Excell..hehe

tonikus.staff.uad.ac.id

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

Tidak mencoba untuk add atau insert worksheet dulu pada file contoh tempo
hari ?

Wassalamualaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/10/12 Toni Kus indratno <[hidden email]>

> [...]
> dari banyak sheet itu bagaimana,?
> Mohon penjelasan dari para Master-master Excell..hehe

OK Sekarang masalah saya dengan Mengunci Excell sudah tuntas,,dan alhamdulillah sudah berhasil...
terimakasih semua kawan-kawan . . . .

tonikus.staff.uad.ac.id

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

deela_cutepool
sya mau tnya agan yg baik hati hehehehe bagaimana kl yg gak bisa di close itu cm sheet tertentu sja???
misal sheet1&sheet2(bs d close sperti biasa), smentara sheet3 dst tombol X tidak bs di close n harus melalui button exit?? bagaimanakah programny?? mohon bantuanny agan..

Re: [belajar-excel] MENGUNCI EXCEL

Iw3nk
Saya juga punya permasalahan yang sama.
Bagaimana caranya supaya bisa menutup dari tombol "Keluar"
Saya pernah combine file saya dengan script yang ada disini.
namun hasilnya selalu gagal.
terima kasih
note : file terlampirWorkbook_Close.xlsm
12