[belajar-excel] Macro Membuat Nomor Urut

[belajar-excel] Macro Membuat Nomor Urut

ChordJR-2
Dear Be-Exceller,

Mau tanya tentang macro yang sudah saya buat kok tidak bisa berjalan
sesuai keinginan...mohon di koreksi apabila ada kesalahan pada coding"nya...

Sub AutoShape6_Click()
     Dim rngOut As Range, rngFields As Range
     Dim lHitung As Long, lFields As Long

     Set rngOut = Sheet2.Range("a8").Offset(1, 0)
     Set rngFields = rngOut.End(xlDown)
     lHitung = 0
     lFields = rngFields.Count
     lHitung = lHitung + 1

     With rngOut
         .Value = lHitung
         .Resize(0, rngFields).DataSeries Rowcol:=xlColumns,
Type:=xlLinear, Date:=xlDay, _
         Step:=1, Trend:=False
     End With

Indra

Re: [belajar-excel] Macro Membuat Nomor Urut

Hai Indra,

Bagaimana jika memanfaatkan formula seperti script berikut :
Asumsinya : kolom A pasti ada isinya sebanyak jumlah baris data yang ada di
kolom B dan seterusnya
Sub AutoShape6_Click()
    Dim rngOut As Range, rngFields As Range

    Set rngOut = Sheet2.Range("a8").Offset(1, 0)
    Set rngFields = range(rngout,rngOut.End(xlDown))

    With rngfields
      .formula = "=Row()-" & rngout.row-1
      .parent.calculate
      .value=.value
    End With
End Sub

Jika maksudnya adalah memberi nomor pada kolom A mengikuti jumlah data yang
ada di kolom B dan seterusnya, dan kolom B pasti terisi penuh data (tidak
ada cell yang blank sampai record terakhir), maka ganti bagian :
    Set rngFields = range(rngout,rngOut.End(xlDown))
menjadi :
    Set rngFields = range( rngOut.offset(0,1).End(xlDown).offset(0,-1) ,
rngout )

On Fri, Dec 6, 2013 at 8:22 PM, ChordJR <[hidden email]> wrote:

> [...]
> End With

> Indra

Re: [belajar-excel] Macro Membuat Nomor Urut

Terimakasih atas pencerahannya Mr. Kid...sudah berjalan dengan baik
sekali...
Kalo bisa minta penjelasan lagi pada Coding Proses yang berbunyi :
With rngfields
       .formula = "=Row()-" & rngout.row-1
.parent.calculate
       .value=.value
     End With
Property Parent ini setara dengan apa kalo di excel??sudah mencoba
bantuan F1/Help tapi belum mengerti...

Salam,

Indra

On 12/7/2013 10:43 PM, Mr. Kid wrote:

> [...]
>
>     Wassalam,
>
>     Indra

Re: [belajar-excel] Macro Membuat Nomor Urut

Property Parent digunakan untuk mendapatkan object pemilik dari object yang
aktif dikerjakan.
Pada script tersebut, object yang aktif dikerjakan adalah rngFields yang
bertype Range.
Dengan adanya blok with terhadap rngFields, maka .Parent sama saja dengan
rngFields.Parent
artinya, mendapatkan object pemilik object range bernama rngFields.

Nah, object range bernama rngFields, yang berisi range disebuah worksheet,
dimiliki oleh si worksheet.
Jadi rngFields.Parent akan menghasilkan object bertype Worksheet yang
memiliki si range tersebut.

Karena rngFields.Parent menghasilkan object worksheet, maka methods
Calculate yang dipanggil adalah methods milik si worksheet.
Artinya, rngFields.Parent.Calculate akan membuat worksheet tempat si range
yang ada dalam rngFields dikalkulasi.

2013/12/9 ChordJR <[hidden email]>

> [...]
>
>  Wassalam,
>  Kid.

Re: [belajar-excel] Macro Membuat Nomor Urut

Terimakasih sekali lagi atas pencerahannya Mr. Kid...Semoga ilmu yang
bermanfaat ini berguna juga untuk Member - member yang lainnya...

Wassalam,

Indra

Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: [hidden email]

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  [hidden email]

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:

<*> Your use of Yahoo Groups is subject to:
    http://info.yahoo.com/legal/us/yahoo/utos/terms/

[belajar-excel] Membuat code untuk menuliskan code macro

Heru Safrudin
Dear Master,

Bagaimana caranya membuat code untuk menuliskan beberapa baris code macro di
Vba project

Heru Safrudin

Re: [belajar-excel] Membuat code untuk menuliskan code macro

Hai Heru,

Proses seperti ini membutuhkan :
1. setting security macro Enable
2. setting Trust access VBA object model tercentang (true)
3. library VBE6EXT.OLB

Class yang digunakan adalah VBIDE. Untuk component VB Project, menggunakan
VBIDE.VBComponents

Contoh file ada disini <https://app.box.com/s/o8zud1pj5mrpnx7fw4c7>. Contoh
file tidak menyertakan file yang bisa digunakan untuk menjalankan script
yang ada. Contoh file hanya berisi contoh script dalam penggunaan
VBIDE.VBComponents untuk mengakses setiap baris kode. Pada contoh file,
diambil contoh menghapus sebuah prosedur yang dimulai dari baris tertentu
sebanyak sekian baris kode dalam prosedur tersebut.

2014/1/15 Heru Safrudin <[hidden email]>

> [...]
>

> Salam
>
> Heru Safrudin

RE: [belajar-excel] Membuat code untuk menuliskan code macro

He he ribet banget ya, dulu pernah lihat script untuk menulis script kayak
gitu, tanpa menggunakan component VBide

Semacam ini :

Object.writeline "Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)"

object.WriteBlankLines(2)

dst..

Maaf kalo salah

 <http://www.carajawab.com/?id=heru.safrudin>

  _____

Re: [belajar-excel] Membuat code untuk menuliskan code macro

Baris untuk mengubah, menulis, atau menghapus memang sederhana.
Coba lihat prosedur bernama ProsesDeletenya
pada blok :
    Set ideComp = Workbooks(sWbkName).VBProject.VBComponents(sModName)
    With ideComp.CodeModule
        .DeleteLines .ProcStartLine(sProcName, lProcType),
.ProcCountLines(sProcName, lProcType)
    End With

itu yang Anda maksud sederhana seperti :
object.methods blablabla

Tapi untuk bisa melakukan itu, harus di set di referensi nya ke library olb
tadi. Pada file contoh tersebut, setting referensi dilakukan dengan script.

Jadi untuk kebutuhan Anda, cukup pelajari blok dalam prosedur
ProsesDeletenya. Eksplorasi methods yang dimiliki oleh :
Workbooks("nama workbook").VBProject.VBComponents("nama module").CodeModule

2014/1/17 Heru Safrudin <[hidden email]>

> [...]
>
> Semacam ini :
>
> Object.writeline “Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)”

He he.. ternyata script bisa langsung dieksekusi, dengan catatan pada
Security dicentang Trust access to VB Project

Terima kasih Mr. Kid infonya.

 <ymsgr:sendIM?heru.safrudin>

image001.gif (64K) Download Attachment
image002.png (3K) Download Attachment