[belajar-excel] Macro VBA

Febri Ulan
selamat siang, saya febri. baru bergabung di belajar-excel ini. mau bnyak
nnya mengenai macro vba nya, karena baru menyentuh bahasa codingan VB ini.

problem : mau input 1 kali namun masuk di beberapa sheet.

bisa di bntu untuk solusi nya?
terimakasih

Re: [belajar-excel] Macro VBA

Agus-2
Selamat Malam Febri,
Selamat bergabung dengan Milis.
saya juga orang yang baru belajar VBA ...
Sebaiknya kirimkan file excel dengan data dummi, maksimal 250 KB dengan
contoh hasil yang dimaksud.
Hal ini akan memudahkan para penanggap (menjawab pertanyaan) memahami
dan memberikan jawaban.

problem : mau input 1 kali namun masuk di beberapa sheet.
bisa di bntu untuk solusi nya?
=>> dapat dilakukan dengan banyak cara misalnya:
1. Gunakan otomatisasi dengan VBA.
2. Gunakan formula.
3. Gunakan pivot.
tentunya semua memiliki keterbatasan masing-masing.

On 10/3/2018 12:00, Febri Ulan [hidden email] [belajar-excel] wrote:
> [...]
> codingan VB ini.
>
> problem : mau input 1 kali namun masuk di beberapa sheet.

Re: [belajar-excel] Macro VBA

Febri Ulan
terimakash atas responnya,
nah maksudnya itu,
code untuk otomisasi di VBA nya ka, heheeh

karena setiap google atau nge youtube, itu ga ktemu" kak,
klo ada link mengenai tutorial dari pertnyaan (input data lewat form dan
masuk dalam setiap sheet), boleh sklian di cantumin kak link nya,

regards
febri😊

Pada tanggal Rab, 3 Okt 2018 pukul 21.17 Agus [hidden email]
[belajar-excel] <[hidden email]> menulis:

> [...]
> nnya mengenai macro vba nya, karena baru menyentuh bahasa codingan VB ini.
>
> problem : mau input 1 kali namun masuk di beberapa sheet.

Re: [belajar-excel] Macro VBA [1 Attachment]

Agus-2
Dear Febri,
Mungkinkah seperti terlampir contoh dimaksud?
Pada sheet1 KLik Input Data, akan muncul form sederhana untuk nama dan
alamat.
Jika di klik OK maka nama dan alamat akan disimpan pada sheet1, sheet2,
sheet3 dan sheet4.
Macro dibuat sangat sederhana agar mudah dipelajari. (karena macro
tersebut dapat disingkat)
lebih lengkapnya belajar mulai dari sini,
<http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>
baca pelan-pelan resapi lalu praktikkan. jika ada kendala kirimkan ke milis
Selamat belajar
Regard
Agus
On 10/4/2018 08:36, Febri Ulan [hidden email] [belajar-excel] wrote:

> [...]
>     2. Gunakan formula.
>     3. Gunakan pivot.
>     tentunya semua memiliki keterbatasan masing-masing..

input 3 sheet.xlsm (32K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Macro VBA

Febri Ulan
terima kasih banya bantuaan ka aguus,

regards
febri

Pada tanggal Kam, 4 Okt 2018 pukul 13.43 Agus [hidden email]
> [...]

> regards
> febri😊
>

> Pada tanggal Rab, 3 Okt 2018 pukul 21.17 Agus [hidden email]

Re: [belajar-excel] Macro VBA

Febri Ulan
Malem master

Mau tnya, fbri udh ikutin doc yg trlmpir. To konurutan nomor nya beda" ya
distiap sheet nya.
Boleh dibntu jelasin master

Trimksih sblumny

Kam, 4 Okt 2018 pukul 14.23 Febri Ulan [hidden email]
> [...]

> regards
> febri
>

> Pada tanggal Kam, 4 Okt 2018 pukul 13.43 Agus [hidden email]

Re: [belajar-excel] Macro VBA

Agus-2
Dear febri,
Cekrip kemarin memerintahkan komputer untuk:
baris = Sheets("sheet1").Range("A1048576").End(xlUp).Row + 1  => carilah
nomor row terakhir yang kosong di sheet1 kolom A isikan dalam variabel baris
Sheets("sheet1").Cells(baris, 1) = Cells(baris - 1, 1) + 1 => isi cell
di row= baris dengan isi cell diatasnya ditambah 1
Sheets("sheet1").Cells(baris, 2) = TextBox1.Text => isi cell sheet1 di
row = baris kolom 2 dengan isi textbox1
Sheets("sheet1").Cells(baris, 3) = TextBox2.Text => isi cell sheet1 di
row = baris  kolom 3 dengan isi textbox2
Sheets("sheet2").Cells(baris, 1) = Cells(baris - 1, 1) + 1 => isi cell
sheet2 di row= baris dengan isi cell sama dengan isi cell row = baris,
kolom 1 pada sheet1
Sheets("sheet2").Cells(baris, 2) = TextBox1.Text => isi cell sheet2 di
row= baris  kolom 2 dengan isi textbox1
Sheets("sheet2").Cells(baris, 3) = TextBox2.Text => isi cell sheet1 di
row = baris  kolom 3 dengan isi textbox2
Regard
NangAgus
On 10/15/2018 18:44, Febri Ulan [hidden email] [belajar-excel] wrote:

> [...]
>         <http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>
>         baca pelan-pelan resapi lalu praktikkan. jika ada kendala

Re: [belajar-excel] Macro VBA

Febri Ulan
dear ka agus,
trimakassih bntuannya.
mau tnya lagi, yg terlampir itu kan, klo kita menyimpan data dengan data
yang sama, nah klo misalkan ada bberapa data yg isi nya beda gimna kak?

misalkan :

sheet 1 : nama, alamat, kota, umur
sheet 2 : nama alamat, no. ktp, no.tlpn.

itu hrus gmna kak?
mhon bntuannya y kak.

Pada tanggal Sel, 16 Okt 2018 pukul 09.24 Agus [hidden email]
> [...]

> Trimksih sblumny
>
> Kam, 4 Okt 2018 pukul 14..23 Febri Ulan [hidden email]

Re: [belajar-excel] Macro VBA [1 Attachment]

tinggal disesuaiakan antara isi textbox dan kolomnya

On 10/16/2018 13:25, Febri Ulan [hidden email] [belajar-excel] wrote:

> [...]
>     Sheets("sheet2").Cells(baris, 3) = TextBox2.Text => isi cell
>     sheet1 di row = baris  kolom 3 dengan isi textbox2

input 3 sheet.xlsm (34K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Macro VBA

Febri Ulan
terimakasih lagi kak agus, nnti coba fbri terapin.

mau nnya lagi boleh?
cara search menurut kategori, tapi data nya campuran (ada di sheet 2, sheet
3, sheet 4) itu gmna kak?

misalkan :
sheet 1 : nama panggilan, perusahaan,alamat, kota
sheet 2 : no. tlp, no.ktp, kota, keterangan
sheet 3 : nama lengkap, tanggal lahir, kota,

nah febri mau,
search combobox menurut  'kota'
tapi semua data yang ada di sheet 1 & 2 & 3 muncul di listbox sesuai dengan
kategori searching nya kak.

boelh di bantu lagi ka?
maaf ya kak, nnya terus. soalnya bru belajar pake VBA macro kak, dn bru
nyentuh juga bahasa VB

Pada tanggal Sel, 16 Okt 2018 pukul 16.44 Agus [hidden email]
> [...]

> itu hrus gmna kak?
> mhon bntuannya y kak.
>

> Pada tanggal Sel, 16 Okt 2018 pukul 09.24 Agus [hidden email]

RE: [belajar-excel] Macro VBA

M.Ade Alfarid
Hallo Febri,

Ssstttt ini tips rahasia…

Kalo nanya sama master2 disini satu-satu aja, jangan borongan.

Trus biasain pake lampiran excel berisi contoh.

Karena biasanya pada rada males nanggepin pertanyaan borongan,

Apalagi yg minta dibuatin, bisa2 gak ditanggepin tuh .

Tapi kalo nanyanya runut, satu persatu ,insyaAllah akan banyak yg jawab.

Jadi sebisa mungkin dipelajari dulu ya.

Namanya juga belajar kan yaa….

Sempetin juga baca2 posting2 lawas dan ribuan arsip file yg kemungkinan
besar problem yg kita hadapi pernah dibahas.

Apalagi kalo belajar, musti giat n rajin baca,

Banyak loh arsip filenya.

Sukses selalu yaa,,,

Be-Exceller

[...]

Sheets("sheet2").Cells(baris, 2) = TextBox1.Text => isi cell sheet2 di row=
baris  kolom 2 dengan isi textbox1
Sheets("sheet2").Cells(baris, 3) = TextBox2.Text => isi cell sheet1 di row

menulis:

[...]

image001.jpg (578 bytes) Download Attachment
image002.jpg (492 bytes) Download Attachment
image003.jpg (454 bytes) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Macro VBA [1 Attachment]

Agus-2
Dear Febri, lebih mudah begini:
1. Ketik Ctrl +F
2. Ubah Whithin = Workbook
3. Ubah Look in = Values
4. Ketik yang akan dicari pada Find what
5. Klik Find All
Regard
Agus
on 10/16/2018 16:54, Febri Ulan [hidden email] [belajar-excel] wrote:

> [...]
> *** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
> melihat file archive / mendownload lampiran :
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@.../
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
> menghubungi moderators & owners: [hidden email]
> keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke :
>
> • Privacy
> <https://info.yahoo.com/privacy/us/yahoo/groups/details.html> •
> Unsubscribe
> <mailto:[hidden email]?subject=Unsubscribe>

aepdgcncfgkmeaak.png (32K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Macro VBA

Febri Ulan
cara yg ini, berlaku buat macro vba nya ka?

Pada tanggal Rab, 17 Okt 2018 pukul 08.29 Agus [hidden email]
> [...]

> .

aepdgcncfgkmeaak.png (32K) Download Attachment
aepdgcncfgkmeaak.png (32K) Download Attachment

Mohon maaf, saya newbie dalam excel terutama tentang VBA,
Tidak semua yang saya kerjakan di excel menggunakan VBA,
VBA hanya saya gunakan sebagai cara otomatis, yang tidak dapat digunakan
cara lainnya.
selama masih ada cara yang disediakan excel untuk mempermudah kerja saya
akan saya pakai.
Apabila menangani data yang besar akan banyak hal yang lebih cepat,
lebih mudah, dan lebih ringan dikerjakan tanpa macro (VBA).
Kalau masih mau menggunakan VBA pelajari lebih giat dan teliti tulisan
Mr. Kid
<http://b-excel.blogspot.com/2013/06/belajarvba-000-kenalan.html>
jika sudah banyak belajar dapat dilanjutkan dengan Record macro.
Selamat belajar
Salam sejahtera untuk semuanya
NangAgus

On 10/17/2018 13:28, Febri Ulan [hidden email] [belajar-excel] wrote:

> [...]
>     Regard
>     Agus
>     on 10/16/2018 16:54, Febri Ulan [hidden email]

Re: [belajar-excel] Macro VBA

Agus-2
Cara pakai vba:
|Cells.Find|( |_What_| , |_After_| , |_LookIn_| , |_LookAt_| ,
|_SearchOrder_| , |_SearchDirection_| , |_MatchCase_| , |_MatchByte_| ,
|_SearchFormat_| )
panduan lengkapnya ada di sini
<https://docs.microsoft.com/en-us/office/vba/api/excel.range.find>