Quantcast

[belajar-excel] Macro untuk Memilih checkboxes (object)

[belajar-excel] Macro untuk Memilih checkboxes (object)

Imar Andre
Be-Exceler,

[image: Inline image 1]

Saya ingin menghapus hanya checkbox di cell A2,A3,A4 & A5 saja dengan cara
men-select (me-range) A2:A5 atau A2:B5
saya ada contoh untuk meng-aktif-kan checkbox dengan men-select cell-nya,
bagaimana me-modifikasi yang terpilih object checkbox-nya?

Wassalam
imar

Memilih checkboxes.png (10K) Download Attachment
Macro untuk Memilih checkboxes (object).xlsm (25K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Macro untuk Memilih checkboxes (object)

Coba pakai event selection change milik si worksheet.
Prosedurnya begini :
    With Target
        If .Count = 1 Then
            If .Column < 7 Then
                If .Row > 1 Then
                    If .Row < 9 Then
                        With .Offset(0, -((.Column - 1) Mod 2))
                            .Value = CBool(Not .Value)
                        End With
    End With
End Sub

Batasan :
- hanya bekerja kalau mengubah cell aktif (klik cell lain supaya si cell
lain jadi aktif)

Jika ingin cell yang sudah aktif agar bisa berubah kalau di-klik lagi,
mungkin pakai event double click ya. Tapi mending klik si shape saja deh.

Hati-hati kalau pakai event change milik si worksheet. Karena shape yang
di-click akan menjalankan event change milik si worksheet akibat properti
linkedcells yang ada isinya merujuk ke cell tertentu.

2012/10/28 Imar Andre <[hidden email]>

> [...]
>
> Wassalam
> imar

Re: [belajar-excel] Macro untuk Memilih checkboxes (object)

Thanks untuk tanggapannya Mr, Kid, mungkin pertanyaan saya kurang jelas,

*Saya ingin menggunakan macro untuk menghapus object (checkbox) dengan cara
men-select cell-nya* (bukan object-nya), ini dikarenakan object checkbox
ini cukup banyak di sheet dan jika memilih objectnya (dengan menekan ctrl,
harus satu persatu), contoh makro untuk turn on check box itu hanya dengan
memilih cell secara acak (yang ada object checkbox-nya) lalu menekan tombol
macro maka cell terpilih (yang ada object checkbox akan tercentang)

Wassalam
imar

2012/10/28 Mr. Kid <[hidden email]>

> [...]
> linkedcells yang ada isinya merujuk ke cell tertentu.

Re: [belajar-excel] Macro untuk Memilih checkboxes (object)

Oh gitu...
Kalau gitu, hapus saja event selection change-nya.
Coba langkah berikut :
1. buat module baru di VBE
2. copas prosedur berikut :
Public Sub HapusShape()
    Dim shp As Shape, rngArea As Range
    Set rngArea = Intersect(Selection, ActiveSheet.Range("a2:f8"))
    If Not rngArea Is Nothing Then
        For Each shp In ActiveSheet.Shapes
            If Not Intersect(rngArea, shp.TopLeftCell.Offset(1)) Is Nothing
Then
                shp.Delete
            End If
        Next shp

3. buat tombol di worksheet (diluar a2:f8), klik kanan assign macro ke
prosedur HapusShape
4. coba blok range dan tekan tombol

Oh iya, atur offset dari topleftcell dari shape dengan memperhatikan range
sudut kiri atas shape, agar bisa mencapai area a2:f8

> [...]

> 2012/10/28 Mr. Kid <[hidden email]>
>
> **

Re: [belajar-excel] Macro untuk Memilih checkboxes (object)

Ops lupa,
Prosedur TurnOn bla juga sebaiknya disesuaikan offset topleftcell nya si
shape agar bisa lebih pas yang di turn on.
Assign macro si tumbul ke prosedur turn on tersebut (prosedur dalam object
class ber scope private, jadi harus ada nama si object class didepan nama
prosedurnya).

> [...]

> sudut kiri atas shape, agar bisa mencapai area a2:f8

Re: [belajar-excel] Macro untuk Memilih checkboxes (object)

Maknyos Mr. Kid,

Thank solusinya, benar ini yang saya maksud