Quantcast

[belajar-excel] Macro untuk Mengolah data *.csv dari Internet Explorer

[belajar-excel] Macro untuk Mengolah data *.csv dari Internet Explorer

cindhi dwi
Assalamualaikum MasTer dan MbaTer....

Saya sedang mencoba membuat macro excel yang bisa mengolah data untuk menentukan nilai tertinggi dari suatu objek yang diambil/unduh dari internet explorer.
Ada ratusan data ber-extensi file *.csv yang harus saya unduh/ambil dari internet explorer, kemudian mengolahnya satu-persatu, Oleh karena itu saya mencoba untuk membuat macronya.

Kendala saya saat ini adalah bagaimana cara untuk mengunduh data excel tersebut secara otomatis dengan menggunakan macro excel.
Setelah saya perhatikan, setiap data *.csv yang saya unduh memiliki alamat yang sama, namun berbeda di table_id nya saja, seperti gambar di bawah ini.

Untuk memasuki alamat di atas memerlukan username dan password (misalkan Username : Cindhi dan password : 12345).

Sebelumnya saya sudah mencoba fasilitas di menu toolbar Data --> From Web, namun gagal.

Selesai semua file diunduh, file tersebut diolah satu persatu untuk dicari nilai maksimumnya seperti gambar di bawah ini.

Kemudian setelah mendapatkan nilai maksimum dari setiap file, maka nilai maksimum tersebut di satukan di tabel berikut ini :

Mohon bantuannya untuk permasalahan saya ini ya MasTer & MbaTer
Contoh file terlampir.
Terimakasih....

Regards,
Cindhi Dwi

one.jpg (16K) Download Attachment
two.jpg (19K) Download Attachment
Tabel (30K) Download Attachment
tabel (11K) Download Attachment
Rate.rar (13K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Macro untuk Mengolah data *.csv dari Internet Explorer

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Untuk download file, coba lihat disini :
http://www.cpearson.com/Excel/DownloadFile.aspx
atau
http://social.msdn.microsoft.com/Forums/en/isvvba/thread/bd0ee306-7bb5-4ce4-8341-edd9475f84ad

Biasanya, jika harus ada login ke website tujuan, lakukan login melalui IE
dan biarkan tetap aktif, baru jalankan VBA untuk download-nya.
Untuk pengolahan file hasil download, coba search di posting terdahulu di
milis. Sepertinya ada banyak kasus tentang buka tutup file.

Memanfaatkan Web Query :
Andaikan di website bisa muncul bentuk tabel (tanpa perlu download file),
maka usai login dengan IE, bisa dilakukan proses get external data web
query.
Setiap sheet berisi satu koneksi juga bisa. DIatur dengan VBA lalu copas ke
sheet temporary juga bisa.

2013/2/4 cindhi dwi <[hidden email]>

> [...]
> [image: Inline image 7]
>

> Mohon bantuannya untuk permasalahan saya ini ya MasTer & MbaTer

Bls: Re: [belajar-excel] Macro untuk Mengolah data *.csv dari Internet Explorer

cindhi dwi
Assalamu'alaikum,,

Mr. maaf yaa, mau nanya lagi..
Jadi, saya udah nyoba command dari alamat web yg Mr kasi, dan bisa di download filenya..
Tapi, pas saya buka filenya, isi dari file yg saya download manual dgn file yg saya download menggunakan macro berbeda Mr..

Ini isi file yg sya download manual..

Ini isi file yang saya download menggunakan macro

Padahal Mr. saya udah log in terlebih dahulu ke alamat web nya..

Oia, saya memakai command ini :

Sub Macro_IEWeb_ver1()

Dim myURL As String
myURL = "http://10.17.221.5/graph_xport.php?local_graph_id=5174&rra_id=2&view_type="

Dim WinHttpReq As Object
Set WinHttpReq = CreateObject("Microsoft.XMLHTTP")
WinHttpReq.Open "GET", myURL, False
WinHttpReq.Send

myURL = WinHttpReq.ResponseBody
If WinHttpReq.Status = 200 Then
    Set oStream = CreateObject("ADODB.Stream")
    oStream.Open
    oStream.Type = 1
    oStream.Write WinHttpReq.ResponseBody
    oStream.SaveToFile ("D:\Data Data Data Data\Jakarta - connect to Bandung.csv")
    oStream.Close

Menurut Mr. dan master2 excel yg lain bagaimana ya dengan permasalahan saya ini??
Apakah ada cara / command lain untuk kasus saya??

--
Terima Kasih,

Regards,

Cindhi Dwi Novita

________________________________
> [...]

>Mohon bantuannya untuk permasalahan saya ini ya MasTer & MbaTer

manual.jpg (82K) Download Attachment
macro.jpg (181K) Download Attachment
one.jpg (16K) Download Attachment
two.jpg (19K) Download Attachment
Tabel (30K) Download Attachment
tabel (11K) Download Attachment

Re: Re: [belajar-excel] Macro untuk Mengolah data *.csv dari Internet Explorer

*Coba script berikut :*
Public Sub DownloadFile(ByVal sAlamatFile As String, ByVal sFileHasil As
String)
    Dim objXMLHTTP As Object
    Dim lFile As Long
    Dim btFileRespon() As Byte

    'init object dari class msxml2.xmlhttp
    Set objXMLHTTP = CreateObject("MSXML2.XMLHTTP")
    'jika akan menggunakan referensi tetap ke MSXML, gunakan :
    'dim objXMLHTTP as msxml2.xmlhttp
    'set objxmlhttp=new msxml2.xmlhttp

    With objXMLHTTP
        'buka saluran ke alamat webfile dan kirim balik hasilnya (request)
        .Open "GET", sAlamatFile, False
        .Send

        'tunggu sampai status ready dari request bukan 4. Selama itu,
lakukan doevent supaya request tetap diproses
        Do While .readyState <> 4
            DoEvents
        Loop

        'jika sampai baris ini, artinya semua request telah selesai
        'jadi simpan hasil request (yang bertype byte) ke sebuah array byte
        'array inilah file yang didownload
        btFileRespon = .ResponseBody
    End With

    'file lama di hapus
    If LenB(Dir$(sFileHasil)) <> 0 Then
        Kill sFileHasil
    End If

    'buat file output binary untuk menulis isi dari byte hasil request
    lFile = FreeFile
    Open sFileHasil For Binary As #lFile            'buka file dengan
tunjuk ke pointernya (akan dibuat jika belum ada)
    Put #lFile, , btFileRespon                      'isi byte datanya
    Close #lFile                                    'tutup file

    'lepaskan memory
    Set objXMLHTTP = Nothing
End Sub

*Contoh cara pemakaian prosedur download file.
*Misal akan download sebuah file csv dari website berikut : (coba dibuka
link ke WHO nya)
http://www.who.int/tb/country/data/download/en/index.html

Disana ada sebuah link download file csv bertuliskan :
» Download the data dictionary [csv
30kb]<https://extranet.who.int/tme/generateCSV.asp?ds=dictionary>

Jika mouse di-hover ke atas link tersebut, akan tampak disudut kiri bawah
biasanya, alamat url link tersebut. Untuk link di atas, bunyinya adalah :
https://extranet.who.int/tme/generateCSV.asp?ds=dictionary
Alamat inilah yang akan digunakan untuk download file csv.

Berikut ini adalah sebuah prosedur untuk mendownload dari link :
https://extranet.who.int/tme/generateCSV.asp?ds=dictionary
Public Sub ContohCaraPakai()
    Dim sUrl As String, sFile As String

    sUrl = "https://extranet.who.int/tme/generateCSV.asp?ds=dictionary"
    sFile = "G:\temp\tes.csv"    'ganti dengan lokasi peletakan file yang
di-download

    DownloadFile sUrl, sFile

    MsgBox "Done."