Quantcast

[belajar-excel] Mail Merge Menggunakan Excel

[belajar-excel] Mail Merge Menggunakan Excel

Yoni
Salam rekan Be-Excel......
Kembali merepotkan rekan semuanya....
mungkinkah mail merge dengan menggunakan excel?
atas bantuannya terima kasih...

Re: [belajar-excel] Mail Merge Menggunakan Excel

nangAgus
Dear Yoni Kriwul

Salam sejahtera
Apakah maksudnya?
Mail merger dari excel ke word atau dari excel ke excel?
Kedua-duanya dapat dilakukan.
Hanya saja jika dari excel ke word, beberapa format perlu untuk disesuaikan.

salam
NangAgus
On 22/05/2013 9:17, yonikriwul wrote:

> [...]
> atas bantuannya terima kasih...
> Salam

Re: [belajar-excel] Mail Merge Menggunakan Excel

Miss Jan Raisin
Hai Yoni,

"mungkinkah mail merge menggunakan Excel?"
jawabnya: bisa

Karena umumnya kalau menulis surat (Mail) melalui Word dan biasanya
data-data disimpan di Excel, maka Jan asumsikan Mail Merged ini adalah
kolaborasi antara Excel dengan Word. Jika yang dimaksud  ternyata berbeda
maka cerita panjang di bawah ini tidak berguna dong xixixixi :D

Tadi katanya bisa, lalu caranya gimana?
Jan akan ajarkan sebuah cara yang Jan ketahui diantara sekian banyak cara
yang belum Jan ketahui, caranya adalah menggunakan VBA (macro) agar
Microsoft (MS) Excel dapat bekerja bersama-sama dengan MS Word.

Jan anggap pak Yoni sudah memiliki gambaran mengenai VBA (macro), sudah tau
cara menggunakan variabel, dan mengetahui cara mengambil suatu nilai sebuah
cell menggunakan VBA, tau cara melakukan Loop dalam VBA, juga tau cara
memanggil suatu prosedur dengan prosedur lain dengan VBA.

Kok gitu sih? kalo gitu ngapain saya tanya di milis ini. Iya.. karena kalau
harus dijelaskan dari dasarnya maka jari-jari tangan Jan akan bengkak
segede gaban xixixixi :D [?] Dan pembahasannya akan memerlukan waktu yang
sangat lamaa serta perlu waktu khusus.

Yang harus disiapkan terlebih dahulu adalah:
1. Sebuah workbook berisi data-data untuk digabung dengan Word, contohnya
seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 9]

2. Sebuah template di Word yang akan diisi datanya berdasarkan data-data
pada nomer 1 di atas
[image: Gambar sisip 4]
kenapa harus pakai bookmarks? karena bookmarks ini adalah lokasi penulisan
data dari Excel ke dalam Word.

Jika bookmarks belum muncul di Word, maka harus dimunculkan dengan cara
memberi tanda centang pada Show bookmarks, yang diakses melalui Option >>
[image: Gambar sisip 5]

masukkan bookmarks dengan cara Insert >> Bookmarks seperti gambar di bawah
ini:
[image: Gambar sisip 6]

ini:
[image: Gambar sisip 7]

maka template Word-nya akan tampak seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 8]

Saatnya kembali ke Excel.. Horeee...[?]

Editor (VBE), cara lainnya adalah dengan klik kanan pada nama sheet lalu
pilih View Code
Word, saat kita mencoba memilih Word yang tampak adalah seperti gambar di
bawah ini:
[image: Gambar sisip 2]
sebuah referensi baru dapat lalui menu Tools >> Reference seperti gambar di
bawah ini:
[image: Gambar sisip 5]

    xx.x adalah versi Office yang digunakan

Sebagai wacana, ada baiknya juga mengetahui sejararah urutan versi Office,
Office pertama yang dikeluarkan oleh MS disebut dengan Office 2 atau Versi
2 (Tahun 1987), tidak ada Office Versi 1
Versi 3: Office 3 (Akhir Tahun 1990)
Versi 4: Office 4 (Awal Tahun 1992)
Versi 5: Office 5 (Awal Tahun 1994)
Versi 7: Office 95 (Pertengahan Tahun 1995), MS tidak mengeluarkan veri 6
Versi 8: Office 97 (Januari Tahun 1997)
Versi 9: Office 2000 (Juni 1999)
Versi 10: Office 2002
Versi 11: Office 2003 (masih banyak digunakan oleh orang-orang di Indonesia)
Versi 12: Office 2007 (Jan pakai ini selama beberapa bulan)
Versi 14: Office 2010 (Office favorit Jan selama ini, dan masih bertahan
dengan versi ini, btw, MS kelihatannya alergi dengan angka 13 ya xixixix :D)
Versi 15: Office 2013 (kalo gak salah dirilis sekitar Oktober 2012, Jan
sempat coba sebentar lalu kembali ke Office 2010)

karena Jan menggunakan Office 2010, maka versi yang Jan pilih adalah versi
14 sehingga jika reference dibuka akan tampak seperti ini:
[image: Gambar sisip 7]

sebaiknya urutan referensi di atas jangan diubah, jika tidak mau script
vba-nya menjadi error, untuk penjelasan kenapa tidak boleh diubah
diperlukan waktu tersendiri untuk menjelaskannya.

referensi seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 2]
kita mendeklarasikan Word sebagai sebuah aplikasi yang akan bekerja
bersama-sama dengan Excel
cara 1:
    Dim wdApp As Word.Application
    Set wdApp = New Word.Application

atau langsung seperti ini:
cara 2:
    Dim wdApp As New Word.Application

mana yang lebih baik dari 2 cara deklarasi di atas?
Cara 2 terlihat lebih baik karena hanya terdiri dari 1 baris, tetapi ada
implikasi atas pemilihan cara nomer 2, yaitu:
1. tidak ada proses Setting variabel terhadap referensi ke MS Word, cara
ini hanya memerintahkan untuk menge-set variabel agar melakukan referensi
ke MS Word pada saat pertama kali digunakan
2. karena tidak ada proses setting, maka tidak dapat juga dilakukan
pengujian terhadap aplikasi Word dengan perintah wdApp is Nothing

perintah wdApp.Visible = True
kenapa harus dibuat Visible? karena pada saat anda membuat sebuah aplikasi
baru dengan VBA, aplikasi ini tidak langsung muncul, kalau aplikasi tidak
muncul dan terjadi sesuatu maka satu-satunya cara untuk menutup aplikasi
tersebut hanya bisa dengan menekan 3 tombol ajaib ini: [Ctrl] +  [Alt] +
 [Del]

Oke.. saat ini Excel sudah bisa bekerja dengan Word, lalu Wordnya juga
sudah visible, lalu apa lagi ya?
dokumennya sudah ada, caranya gimana? dengan cara deklarasi lagi,
    Dim wdDoc As Word.Document

berdasarkan data di Excel

kalau dokumennya belum ada bisa diset seperti ini:
    Set doc = wdApp.Documents.Add

tetapi kalo dokumennya sudah ada [*dan memang seharusnya dokumennya sudah
ada, karena tadi sudah disiapkan sebelumnya*] maka bisa langsung ditunjuk
dokumennya tersebut dengan cara
    Set doc = wdDoc.Application.Open(alamat_lengkap_dokumennya & "
nama_filenya.ekstensinya")

baru lalu prosedur ini nanti akan dipanggil pada saat proses copas data
dari Excel ke Word, kira-kira bunyi prosedurnya seperti ini:
Sub Copas(BookMarkName As String, ColumnOffset As Integer)
    wdApp.Selection.GoTo What:=wdGoToBookmark, Name:=BookMarkName
    wdApp.Selection.TypeText PersonCell.Offset(0, ColumnOffset).Value
End Sub

Eh.. itu script dapat dari mana? jangan ngajarin yang gak bener dong..
Kan Jan di awal sudah bilang.. ada syarat yang harus dipenuhi dulu
biar
pembahasannya gak terlalu panjang x lebar = tinggi ^_^
script di atas digunakan untuk proses copas data dari Excel ke bookmarks [*tadi
sudah dibahas di atas*] di Word.
Baris kedua dan ketiga diperoleh dari proses rekam macro (macro recording
di Word).

Gimana caranya tuh? Oke deh, Jan akan ajari cara rekam macronya juga.
seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 1]

Jan anggap cara memunculkan tab Developer sudah tau ya.. kalo belum tau
nanti boleh tanya lagi.
Kembali ke ribbon Home, klik Go To seperti gambar di bawah:
[image: Gambar sisip 2]

atau bisa dengan cara menekan tombol F5, terserah mana yang disuka, pilih
Bookmarks, lalu pilih bookmarks yang tadi sudah dibuat.
[image: Gambar sisip 3]

Klik Go To, setelah itu hentikan proses rekam macronya dengan cara menekan
kembali tombol Stop Recording.
Buka hasilnya pada modul yang terdapat pada Word seperti gambar di bawah
ini:
[image: Gambar sisip 4]

Oke.. sampai di sini sudah mengerti belum? kalau belum mengerti nanti bisa
ditanyakan lagi ke sini. btw, tadinya Jan mau bikin serial bersambung saja
karena tutorial ini terlalu panjang xixixixi :D
Kembali ke laptop...

Setelah tau dari mana asalnya script di atas.. kita lanjutkan kembali
prosesnya ya.. setelah yang tadi set dokumen.. lalu dilanjut dengan
memanggil prosedur di atas, kalo dari contoh di atas maka seharusnya
seperti ini:
    Copas Nama , 1
    Copas Alamat , 2

     doc.SaveAs2 alamat_simpannya & nama_filenya & ".docx"

mulai office 2007 ke atas nama ekstensi filenya adalah docx, jika masih ada
yang menggunakan versi sebelumnya silakan simpan dengan ekstensi doc

    doc.Close

btw, sampai dengan proses tutup dokumen masih berada dalam Loop yang tadi
di atas ya..

Oke deh.. ceritanya sampai di sini dulu ya.. silakan dipelajari.. jika ada
kesulitan maka teman-teman di sini insya Allah akan membantu lagi

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
[hidden email];*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*

2013/5/22 yonikriwul <[hidden email]>

> [...]
>

> Salam rekan Be-Excel......
> Kembali merepotkan rekan semuanya....
> mungkinkah mail merge dengan menggunakan excel?

image.png (42K) Download Attachment
image.png (83K) Download Attachment
image.png (46K) Download Attachment
image.png (20K) Download Attachment
image.png (2K) Download Attachment
image.png (35K) Download Attachment
image.png (46K) Download Attachment
image.png (22K) Download Attachment
image.png (75K) Download Attachment
image.png (2K) Download Attachment
image.png (13K) Download Attachment
image.png (13K) Download Attachment
image.png (16K) Download Attachment
B9E.gif (332 bytes) Download Attachment
338.png (882 bytes) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Mail Merge Menggunakan Excel

Miss Jan Raisin
koreksi gambar ya.. maklum panjang banget ceritanya xixixi :D

sebelumnya:
karena Jan menggunakan Office 2010, maka versi yang Jan pilih adalah versi
14 sehingga jika reference dibuka akan tampak seperti ini:
[image: Gambar sisip 7]

dikoreksi menjadi:

Pada 22 Mei 2013 13.54, Jan Raisin <[hidden email]> menulis:

> [...]
> [hidden email];*
> *>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;*

image.png (40K) Download Attachment
[...]

Bls: [belajar-excel] Macro Excel

Eden Apandi
Dear Para Master Excel,
Mohon bimbingannya, saya bermaksud membuat macro dengan tabel sebagai berikut :
  Contoh
Project Name: Please Fill with the name of project(*) Project XXX
PIC diisi Nama PIC Kazao
Category: diisi SS/Log/Cpx SS
Contract Type dipilih Addendum / Main (*) Main
Vendor Name: Diisi nama vendor Cv Kazao
No Kontrak Otomatis keluar (secara berurutan) setelah di macro nya di Run dan tidak akan double contoh :1/SS/Main/bln/Thn

dan setelah macro nya di Run, penomoran kontrak tersebut akan otomatis muncul pada tabel di sheet berikut nya.
Tgl No kontrak Nama Project PIC Tipe Kontrak
Otomatis Otomatis Otomatis Otomatis otomatis

Mohon bantuannya untuk mengarahkan agar sy bisa membuatnya macro tsb. terima kasih

Salam,
eden

[belajar-excel] mengupdate data bukan merreplace

shadeks
mohon pencerahan pada master excel semua....
saya mempunyai masalah ketika mau menyimpan file excel. setiap saya simpan dengan nama file yang sama data-data yang sudah ada ter-replace dengan data baru.
bisa tidak ketika kita menyimpan dengan nama file yang sama namun data yang sudah ada ter_up-date bukan ter-replace. bagaimanakah cara membuatnya.

salam sukses
terima kasih

arif hamidi
087747911193

Re: [belajar-excel] Macro Excel

Hai Eden,

Coba buat workbooknya kemudian kirim ke milis melalui reply topik yang ada
dalam Inbox akun email yang Anda daftarkan ke milis.

2013/5/22 Eden Apandi <[hidden email]>

> [...]
> Otomatis Otomatis otomatis
>
> Mohon bantuannya untuk mengarahkan agar sy bisa membuatnya macro tsb.

Re: [belajar-excel] mengupdate data bukan merreplace

ndak bisa dengan save as, karena save as adalah kegiatan terhadap object
milik windows bukan object milik Excel.
Idealnya, proses update data dilakukan dengan urutan :
1. membaca inputan baru
2. mencari lokasi yang harus di-update
3. menulis inputan baru di lokasi
4. menyimpan data yang sudah ter-update

Kegiatan ini sangat tergantung cara menyimpan datanya.
Jika data disimpan pada sebuah dataset yang tidak berkaidah database, maka
prosesnya semakin sulit. Jika data berkaidah database, maka prosesnya
relatif mudah.