[belajar-excel] Manajemen Data Excel [2 Attachments]

[belajar-excel] Manajemen Data Excel [2 Attachments]

Eira_ariE
Yth. B-Exceller
 Mohon kiranya dapat memberi arahan dan solusi dari case berikut :
 Begini :
 Saat ini saya mempunyai 28 folder (setiap 1 tahun akan bertambah 2-4 folder), tiap folder berisi 2 file excel : file berita acara (FBA) dan file nilai akhir (FNA). FBA terdapat 16 sheet (nama sheet : stase 1, 2, 3 dst) yang berisi inputan dan penghitungan suatu kompenen dari beberapa komponen pembentuk nilai akhir, sebut saja KOMPONEN NILAI 1 (KN-1). Mengapa KOMPONEN NILAI 1 (KN-1) ini terpisah dari FNA ? karena instrument penilaian pada komponen nilai ini berbeda-beda tiap stase. FNA terdapat 16 sheet (nama sheet : stase 1, 2,3 dst) yang berisi inputan pengolahan semua komponen nilai sehingga menjadi NILAI AKHIR dan 1 sheet berupa kumpulan nilai akhir yang merujuk pada tiap2 sheet stase (sheet GABUNG NILAI). Setiap penginputan nilai, saya cantumkan tanggal kapan saya menginput pada kolom yang tersedia pada FNA. Setiap akhir bulan, saya mengirimkan kumpulan nilai2 yang baru saja saya input ke petugas bagian lain untuk diinputkan ke sistem. Saya membuat 28 file excel lagi yang berisi nilai tiap-tiap stase dengan cara get external data Existing Connections yang bersumber pada file excel nilai akhir (FNA) sheet GABUNG NILAI. Tiap file berisi 1 sheet. Jadi, entah ada pembaruan data atau tidak, saya melakukan refresh pada tiap2 file ini. Saya membuat 1 file excel yang berisi coding vba Mr. Kid yang saya dapatkan di milis ini yang berfungsi untuk menggabungkan data dari 28 file excel baru (point nomer 6). Langkah selanjutnya, saya menyajikan data dalam bentuk pivot table yang bersumber dari hasil pada point 7 lalu saya kirimkan ke petugas lain.

 Catatan :
 Dulu pernah dibuatkan sistem penilaian oleh IT, tetapi tidak sefleksibel excel. Tata cara penilaian sangat dinamis. Suatu stase berubah format penilaian maka, butuh cukup waktu untuk mengubah sistem penilaiannya. Maka, sekarang sistem itu dipakai hanya untuk menyimpan nilai. Pengolahannya dengan excel.

 Pertanyaan, mohon solusi :
 a.       a. Bagaimana dengan cara kerja yang saya lakukan, apakah sudah sesuai dengan kaidah manajemen data excel ? Jika belum, mohon bimbingan, arahan dan solusinya .. Barangkali ada ide ?

 b.       b. Saya merasa kurang efektif pada point 2, pinginnya sih KOMPONEN NILAI 1 (KN-1) ini bisa jadi satu pada FILE NILAI AKHIR (FNA). Jadi, harapannya hanya ada 1 folder yang berisi file nilai akhir (FNA) semua angkatan mahasiswa. Selain itu, pada point 6 saya harus me-refresh tiap2 file, pinginnya sih sekali refresh untuk semua file.

 c.     c.  Saya memakai office 2016, saya mencoba menyelesaikan permasalahan saya dengan power pivot tetapi belum berhasil, belum paham power pivot.

 Terlampir file dummy FNA dan FBA.

 Sekian. Terima kasih
 Ari

FNA Angkatan 28.xlsx (96K) Download Attachment
FBA Angkatan 28.xlsx (74K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Manajemen Data Excel

Hai Ari,

1. Hal yang sebaiknya diperhatikan dalam memanfaatkan Excel :
a. Sebuah workbook bisa berisi banyak sheet
b. Setiap sheet telah disediakan buanyak sekali cells
c. Excel memiliki fitur formula
d. Struktur suatu data yang dibutuhkan manusia dengan yang dibutuhkan Excel
untuk bekerja efisien adalah berbeda
e. Menjembatani perbedaan poin d tersebut sebisa mungkin dengan
memanfaatkan lebar lapangan dan strategi yang sesederhana mungkin tapi
tetap terjaga integritas datanya
f. Membebaskan imajinasi saat bersama Excel

2. Nomor 1 dan 2 bisa dijadikan dalam satu file saja. Buatlah sebuah file
yang belum berisi data, tetapi sudah berisi seluruh struktur yang
dibutuhkan, setidaknya dataset penjembatan perbedaan kebutuhan antara
manusia dengan Excel. Lalu kelola file data secara rapi.
Contoh :
a. Folder kerja disusun seperti ini :
[image: img01_path.gif]
[image: img02_data.gif]
    *** di folder induk, berisi :
         a. folder-folder data yang terstruktur, misal per tahun dengan
format penamaan tertentu yang sederhana
         b. file template, seperti FBNA_.xlsx untuk kebutuhan print lembar
kosong yang akan diisi manual dan sebagainya.
         c. Juga ada sebuah file hasil penggabungan seluruh data.
             Fitur Excel seperti Power Query (kalau masih pakai Excel 2007
ke bawah, bisa pakai query [get external data]) bisa dimanfaatkan untuk
menggabungkan seluruh data.

b. Setiap folder data berisi files setiap periode data.
    Jadi, mungkin untuk print blanko kosong, print dari file template
    Data yang diisikan ke kertas blanko tadi akan di-input ke file data,
dengan cara membuka file template dan save as ke folder data yang sesuai
dengan periode, lalu salin inputan, save.
    Contoh hasil save as file template menjadi file data :
[image: img03_file.gif]
        *** Dataset sisi kiri sebagai jembatan agar Excel mudah mengolah
data
        *** Dataset sisi kanan untuk kebutuhan manusia
        *** Pada file template, tidak ada nilai-nilai tersebut, semuanya
masih kosong, hanya ada formula yang merujuk ke lokasi entry data. Entry
data dilakukan di sisi kanan
        *** jadi, setiap kali sisi kanan berisi nilai, maka sisi kiri akan
menampikan nilai tersebut dalam susunan yang memudahkan Excel untuk bekerja
        *** Semua cells di sisi kiri yang tampak ada nilainya tapi tanpa
diberi warna latar, berisi formula merujuk ke nilai-nilai hasil entry
manual di sisi kanan
        *** semua cells yang diberi warna latar diberi formula sesuai
kebutuhan kalkulasi, seperti mengkalkulasi nilai rerata, atau bahkan sampai
nilai akhir (misal seperti yang latar abu-abu [optional])
        *** kolom apapun yang dibutuhkan lebih lanjut dan bisa diolah di
file ini, bisa ditambahkan.
        *** sebuah file template bisa berisi banyak sheet dengan berbagai
macam susunan tabel-tabel seperti itu (ada sisi untuk manusia [kanan] dan
ada sisi untuk Excel [kiri])

Contoh file di atas bisa dikatakan sangat sederhana, tidak ada formula yang
rumit. Cukup = lalu rujukan. Kalau ada bagian yang di-abu-abu itu, mungkin
butuh pemanfaatan fungsi sumifs atau averageifs. Tapi kalau tidak butuh
area yang di-abu-abu, cukup =
Pengembangan kedepan juga tetap terbuka lebar. Cukup tambah kolom dan isi
dengan formula yang sesuai dengan susunan sisi kanan yang berubah.

c. File gabungan seluruh file data di seluruh folder bisa disusun dengan
memanfaatkan fitur seperti power query
    Contoh :
[image: img04_dts.gif]
     *** seluruh data dari setiap file di semua folder terpilih (misal jika
dibuat agar lebih dinamis bisa memilih folder data tertentu saja seperti di
B3) ditransformasi menjadi tabel vertikal.
     *** dari tabel vertikal ini, bisa diolah lebih lanjut untuk berbagai
hal, dan nanti akan menjadi sumber data untuk berbagai layout output.
     *** Andai kalkulasi yang dibutuhkan tidak terlalu rumit, fitur power
pivot bisa digunakan dan seluruh kalkulasi dilakukan di dalam data model.
          Jadi tidak perlu ada tampilan seperti tabel dalam gambar
tersebut, dan bisa langsung dalam bentuk pivot table saja.
     *** Beberapa tabel referensi akan sangat dibutuhkan, dan bisa
diletakkan pada sheet lain dalam file ini. Misalnya seperti bunyi teks
keterangan setiap item per grupnya,
          atau referensi rentang nilai kuantitatif beserta kualitatifnya,
dan data lainnya yang dibutuhkan.

3. Konon, katanya, belajar itu sepanjang hayat ya...
Cuma katanya loh ya...

so,
silakan dicoba untuk menyusun seperti file template tersebut.
Excel punya banyak baris dan kolom, dan sebuah workbook bisa berisi banyak
sheet kok.
Cobalah untuk berpikir lebih sederhana.

On Thu, Nov 1, 2018 at 6:08 PM [hidden email] [belajar-excel] <
[hidden email]> wrote:

> [...]
>

> c.     c.  Saya memakai office 2016, saya mencoba menyelesaikan
> permasalahan saya dengan power pivot tetapi belum berhasil, belum paham

img01_path.gif (30K) Download Attachment
img02_data.gif (28K) Download Attachment
img03_file.gif (97K) Download Attachment
img04_dts.gif (34K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Manajemen Data Excel [10 Attachments]

Eira_ariE

Yth. Mr. Kid

Terima kasih atasresponnya. Berikut saya mencoba melakukan sesuai apa yang sedikit saya pahami dariarahan Mr. Kid. Mohon koreksinya …

 1.       Saya membuat induk folder dengan namaFNA.

2.      Didalam folder induk terdapat folder-folder FNA sesuai angkatan mahasiswa.Contohnya : folder FNA_28 (yangartinya, folder FNA mahasiswa angkatan 28) dst semua angkatan mahasiswa. Selainitu terdapat 2 buah file excel yang berisi template input olah nilai (FNA_.xlsx), file excel lainnya berisigabungan seluruh data (GABUNG FNA.xlsx).

3.      Didalam folder FNA_28 terdapat 2 fileexcel yaitu file input olahan nilai mahasiswa angkatan 28 (FNA_28.xlsx) terdiri16 sheet sesuai jumlah stase. File lainnya berupa gabungan data dari semuasheet yang ada pada file FNA_28.xlsx (file ini saya beri nama GABUNG Sheet FNA_28.xlsx).

4.      Terlampirada contoh 2 file, apakah sudah sesuai dengan arahan Mr. Kid ? Oiya adabeberapa rumus yang hasilnya tidak sesuai harapan, mohon koreksinya ..

5.       Bagaimana ya langkah2 menggunakanpower query untuk menggabungkan data semua sheet pada FNA_28.xlsx sertagabungan seluruh data ?

Terima kasih.

Benar Mr. Kid. LongLife Education. Belajar Sepanjang Hayat.

Mohon bimbingannya

    On Friday, November 2, 2018, 8:43:08 AM GMT+7, 'Mr. Kid' [hidden email] [belajar-excel] <[hidden email]> wrote:

[...]

Regards,Kid

[...]

  #yiv5573544067 #yiv5573544067 -- #yiv5573544067ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mkp #yiv5573544067hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mkp #yiv5573544067ads {margin-bottom:10px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mkp .yiv5573544067ad {padding:0 0;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mkp .yiv5573544067ad p {margin:0;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mkp .yiv5573544067ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-sponsor #yiv5573544067ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-sponsor #yiv5573544067ygrp-lc #yiv5573544067hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-sponsor #yiv5573544067ygrp-lc .yiv5573544067ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv5573544067 #yiv5573544067actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv5573544067 #yiv5573544067activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067activity span {font-weight:700;}#yiv5573544067 #yiv5573544067activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv5573544067 #yiv5573544067activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv5573544067 #yiv5573544067activity span span {color:#ff7900;}#yiv5573544067 #yiv5573544067activity span .yiv5573544067underline {text-decoration:underline;}#yiv5573544067 .yiv5573544067attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv5573544067 .yiv5573544067attach div a {text-decoration:none;}#yiv5573544067 .yiv5573544067attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv5573544067 .yiv5573544067attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv5573544067 .yiv5573544067attach label a {text-decoration:none;}#yiv5573544067 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv5573544067 .yiv5573544067bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv5573544067 .yiv5573544067bold a {text-decoration:none;}#yiv5573544067 dd.yiv5573544067last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv5573544067 dd.yiv5573544067last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv5573544067 dd.yiv5573544067last p span.yiv5573544067yshortcuts {margin-right:0;}#yiv5573544067 div.yiv5573544067attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv5573544067 div.yiv5573544067attach-table {width:400px;}#yiv5573544067 div.yiv5573544067file-title a, #yiv5573544067 div.yiv5573544067file-title a:active, #yiv5573544067 div.yiv5573544067file-title a:hover, #yiv5573544067 div.yiv5573544067file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv5573544067 div.yiv5573544067photo-title a, #yiv5573544067 div.yiv5573544067photo-title a:active, #yiv5573544067 div.yiv5573544067photo-title a:hover, #yiv5573544067 div.yiv5573544067photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv5573544067 div#yiv5573544067ygrp-mlmsg #yiv5573544067ygrp-msg p a span.yiv5573544067yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv5573544067 .yiv5573544067green {color:#628c2a;}#yiv5573544067 .yiv5573544067MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv5573544067 o {font-size:0;}#yiv5573544067 #yiv5573544067photos div {float:left;width:72px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067reco-category {font-size:77%;}#yiv5573544067 #yiv5573544067reco-desc {font-size:77%;}#yiv5573544067 .yiv5573544067replbq {margin:4px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mlmsg select, #yiv5573544067 input, #yiv5573544067 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mlmsg pre, #yiv5573544067 code {font:115% monospace;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-mlmsg #yiv5573544067logo {padding-bottom:10px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-msg p#yiv5573544067attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-reco #yiv5573544067reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-sponsor #yiv5573544067ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-sponsor #yiv5573544067ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-sponsor #yiv5573544067ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv5573544067 #yiv5573544067ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv5573544067

FNA_20.xlsx (43K) Download Attachment
Gabung Sheet FNA_20.xlsx (10K) Download Attachment
FNA_28.xlsx (46K) Download Attachment
Gabung Sheet FNA_28.xlsx (10K) Download Attachment
=?UTF-8?b?Rk5BXy54bHN4?= (42K) Download Attachment
=?UTF-8?b?R2FidW5nIEZOQS54bHN4?= (10K) Download Attachment
img04_dts.gif (34K) Download Attachment
img01_path.gif (30K) Download Attachment
img03_file.gif (97K) Download Attachment
img02_data.gif (28K) Download Attachment

Re: [belajar-excel] Manajemen Data Excel

Agus-2
Dear Ari,
Saya pernah memiliki file seperti milik Ari,
Satu file berisi 24 sheet (24 Kelas, karena tiap kelas 1sheet) dengan
segala formatnya ( ada format cell dan juga conditional formating
ditambah banyak formula.) Karena komputer yang dipakai masih core 2,
maka file tersebut sangat berat untuk diinput data.
Setelah mendapat petunjuk di millis, File saya pecah menjadi 2 file, 1
file dengan 1 sheet sama persis dengan file terdahulu, ( file jadi
sangat kecil dan cepat bekerja, lebih efisien karena 20 kali lebih kecil
dari yang dahulu, )
File kedua 1 sheet  berisi data tanpa format apapun dan tanpa formula
apapun. (file data dibuat dengan kaidah databse bagus untuk komputer
tentunya tidak bagus untuk mata manusia karena tidak ada format)
File pertama mengambil data dari file kedua menghitung, menganalisa ,
dan setelah selesai datanya kembali disimpan di file kedua.
Jadi file pertama tidak ada datanya sama sekali.
salam
Agus

> [...]
>

>     c.   c. Saya memakai office 2016, saya mencoba menyelesaikan
>     permasalahan saya dengan power pivot tetapi belum berhasil, belum

Bls: Re: [belajar-excel] Manajemen Data Excel

Eira_ariE
Yth. Pak Nang, terimakasih petunjuknya
Mohon maaf, saya belum paham pada bagian *1 file 1 sheet yg sama seperti file terdahulu*, bukannya file terdahulu itu ada data dll, 24 sheet yaa .. terus file ini pada akhirnya tanpa data, tetapi mengambil, mengolah dll data2 yg ada pada file yg ke 2.  Terus kalau sudah selesai kegiatan disimpan pada file ke 2. Hehehehe belum paham2 yg dimaksud .. mohon petunjuknya

Dikirim dari Yahoo Mail di Android

  Pada Jum, 2 Nov 2018 pada 19:46, Agus [hidden email] [belajar-excel]<[hidden email]> menulis:

[...]

  #yiv1935735867 #yiv1935735867 -- #yiv1935735867ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mkp #yiv1935735867hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mkp #yiv1935735867ads {margin-bottom:10px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mkp .yiv1935735867ad {padding:0 0;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mkp .yiv1935735867ad p {margin:0;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mkp .yiv1935735867ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-sponsor #yiv1935735867ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-sponsor #yiv1935735867ygrp-lc #yiv1935735867hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-sponsor #yiv1935735867ygrp-lc .yiv1935735867ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv1935735867 #yiv1935735867actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv1935735867 #yiv1935735867activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867activity span {font-weight:700;}#yiv1935735867 #yiv1935735867activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv1935735867 #yiv1935735867activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv1935735867 #yiv1935735867activity span span {color:#ff7900;}#yiv1935735867 #yiv1935735867activity span .yiv1935735867underline {text-decoration:underline;}#yiv1935735867 .yiv1935735867attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv1935735867 .yiv1935735867attach div a {text-decoration:none;}#yiv1935735867 .yiv1935735867attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv1935735867 .yiv1935735867attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv1935735867 .yiv1935735867attach label a {text-decoration:none;}#yiv1935735867 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv1935735867 .yiv1935735867bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv1935735867 .yiv1935735867bold a {text-decoration:none;}#yiv1935735867 dd.yiv1935735867last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1935735867 dd.yiv1935735867last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv1935735867 dd.yiv1935735867last p span.yiv1935735867yshortcuts {margin-right:0;}#yiv1935735867 div.yiv1935735867attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv1935735867 div.yiv1935735867attach-table {width:400px;}#yiv1935735867 div.yiv1935735867file-title a, #yiv1935735867 div.yiv1935735867file-title a:active, #yiv1935735867 div.yiv1935735867file-title a:hover, #yiv1935735867 div.yiv1935735867file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1935735867 div.yiv1935735867photo-title a, #yiv1935735867 div.yiv1935735867photo-title a:active, #yiv1935735867 div.yiv1935735867photo-title a:hover, #yiv1935735867 div.yiv1935735867photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv1935735867 div#yiv1935735867ygrp-mlmsg #yiv1935735867ygrp-msg p a span.yiv1935735867yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv1935735867 .yiv1935735867green {color:#628c2a;}#yiv1935735867 .yiv1935735867MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv1935735867 o {font-size:0;}#yiv1935735867 #yiv1935735867photos div {float:left;width:72px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867photos div div {border:1px solid #666666;min-height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867reco-category {font-size:77%;}#yiv1935735867 #yiv1935735867reco-desc {font-size:77%;}#yiv1935735867 .yiv1935735867replbq {margin:4px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mlmsg select, #yiv1935735867 input, #yiv1935735867 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mlmsg pre, #yiv1935735867 code {font:115% monospace;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-mlmsg #yiv1935735867logo {padding-bottom:10px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-msg p#yiv1935735867attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-reco #yiv1935735867reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-sponsor #yiv1935735867ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-sponsor #yiv1935735867ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-sponsor #yiv1935735867ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv1935735867 #yiv1935735867ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv1935735867

Re: Bls: Re: [belajar-excel] Manajemen Data Excel

Agus-2
Dear Ari,
Salam sejahtera untuk kita semua.

1. Sheet data berisi data dari state 1 sampai state 16, misalnya state 1
data terletak di Cells A1 sampai S1000  (misalnya 1000 mahasiswa) state
2 dapat diletakkan di Cells T1 sampai AG1000 state 3 diletakkan di AH1
sampai AU 1000 dan seterusnya.
2. Dapat juga state 1 berada di Cells A1 sampai S1000, State 2
diletakkan di cells A1001 sampai S2000 dst
Tetapi kalau state 1 sampai state 16 untuk 1 mahasiswa, lebih bagus cara
yang pertama.

3. saya lihat setiap sheet (state) milik anda formatnya mirip-mirip.
dapat diambil satu format yang paling lengkap.
Pada salah satu cells diberi trigger berisi nomor state. misalnya di C1.
Jika di C1 diisi nomor 3 maka excel diperintah untuk mengambil data
state 3 di file 2 dan akan menampakkan data tersebut pada form secara
otomatis. Jika di C1 diubah angkanya menjadi 15, excel akan mengambil
data di file 2 yang sesuai dengan statenya dan menampakkan di form.
(jadi hanya perlu 1 sheet untuk state1 sampai state 16)

4. Tentunya perlu disediakan satu tombol simpan (kalau saya memilih
tombol simpan di tollbar), jika tombol tersebut di klik maka semua data
yang ada pada form disimpan di file 2 sesuai dengan tempat statenya
(yang sesuai penjelasan nomor 1 atau nomor 2)

5. Jadi File 1 dapat berisi: sheet1 untuk State, sheet 2 untuk Berita
Acara, sheet 3 untuk Rekapan

Regard
Agus